Iklan Yamaha

Screenshoot Instagram "Polisi China", Humas Lombok Utara Pastikan Itu HOAX !!

MandalikaPost.com
Senin, Mei 27, 2019 | 19:33 WIB Last Updated 2019-05-27T12:37:33Z
HOAX. Gambar screenshoot HOAX yang beredar mencatut instragram Humas dan Protokol Pemda Lombok Utara. (Istimewa)

LOMBOK UTARA - Bagian Humas dan Protokol Pemda Kabupaten Lombok Utara memberikan pernyataan resmi tentang beredarnya foto atau gambar screnshoot yang dilengkapi teks tentang masuknya anggota Polisi China mendukung salah satu pasangan Capres-Cawapres RI.

Gambar screenshoot itu seolah-olah berasal dari timeline akun Instagram Humas dan Protokol Lombok Utara @humasproklu, sempat beredar di media sosial dan sejumlah grup WhatsApp.

"Setelah melakukan pengecekan akun termasuk meminta keterangan admin akun resmi Humaspro KLU, kami pastikan informasi yang beredar terkait foto atau gambar screenshoot tersebut HOAX," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemda Lombok Utara, Mujaddid Muhas MA, melalui rilis tertulis,  Senin (27/5).

Mujaddid menjelaskan, status berupa foto caption atau screenshoot atau sejenisnya yang beredar dan diduga seolah-olah merupakan timeline status akun resmi, dari instagram @humasproklu yang dikelola Humaspro Setda KLU, disampaikan bahwa status pada instagram tersebut bukan dari status instagram @humasproklu.

"Untuk memastikan hal tersebut, kami telah mengkonfirmasi admin instagram @humasproklu dan menyatakan tidak pernah memposting status tak lazim/janggal, sebagaimana gambar yang beredar tersebut. Selain bukan tupoksi, konten substansinya tidak berkaitan dengan konten program atau kegiatan Humaspro Setda KLU yang lokus dan tempusnya berbeda," tukasnya.

Dari sisi lainnya, lanjut Mujaddid, terdapat kejanggalan pada caption/screenshoot/gambar tersebut. Terutama pada hal sebagai berikut:

  1. Penanda skala waktu upload yang terdapat di kiri atas, akun instagram lazimnya berada di kiri bawah.
  2. Latar yang berada di atas dan di bawah foto yang berwarna hitam, lazimnya instagram berwarna putih.
  3. Interval jarak antara foto atas dan bawah yang lebih lebar dari lazimnya status instagram.
  4. Untuk meyakini argumentasi tersebut, silakan bisa ditracking status instagram @humasproklu. 

Bagian Humas Pemda Lombok Utara juga sudah menerbitkan posting klarifikasi dalam akun Instagram @humasproklu, dan memastikan foto dan gambar beredar adalah HOAX.

"Tidak terdapat status dan gambar sebagaimana yang beredar diduga dan seolah-olah dari status instagram @humasproklu. Kecuali pada status klarifikasi hal tersebut," kata Mujaddid.

Ia menekankan, pada prinsipnya Humaspro Setda KLU, menyampaikan informasi hanya berkutat sebagaimana tupoksi serta berkaitan dengan informasi yang relevan: akurat, tepat dan bermanfaat.

"Sinergi dengan stakeholders senantiasa kami ikhtiarkan sebagai medium untuk menyampaikan informasi pembangunan sebagaimana regulasi. Kami hormat dan apresiasi instansi/institusi mitra yang terus bersinergi untuk meminimalisir hoax," tegasnya.

Mujaddid Muhas mengungkapkan, selain Hoax yang muncul itu, akun facebook "Humaspro Klu" juga sudah dihack atau diretas sejak tanggal 27 April 2019.

Sejak saat itu pula, tidak pernah ada status resmi dari "Humaspro Klu" dan belum ada kendali langsung dari admin Humaspro Setda KLU per tanggal tersebut.

"Sehingga bila ada status dari facebook "Humaspro Klu"  bukan berasal dari status resmi Humaspro Setda KLU," jelasnya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Screenshoot Instagram "Polisi China", Humas Lombok Utara Pastikan Itu HOAX !!

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online