Hasil Riset Potensi Gempa Selatan Bukan untuk Menakuti, Tapi Bagian Edukasi dan Mitigasi Bencana

MandalikaPost.com
Senin, Juli 08, 2019 | 23.54 WIB
MITIGASI BENCANA. Rektor Unram Prof  Dr Lalu Husni bersama Ketua PKPRB Unram) Eko Pradjoko PhD, saat menjelaskan tentang pentingnya edukasi dan mitigasi bencana di Rektorat Unram. (Istimewa)

MATARAM - Ketua Pusat Kajian Pengelolaan Risiko Bencana (PKPRB) Universitas Mataram (Unram), Eko Pradjoko PhD menjelaskan,  penyampaian hasil penelitian Professor Ronald Albert Harris (Ron Harris) beserta timnya dalam sebuah seminar kebencanaan yang sempat menjadi perhatian banyak pihak tidak bermaksud untuk menakut-nakuti masyarakat.

"Kami mengajak semua pihak untuk memperkuat mitigasi bencana, informasi terkait potensi gempa harus disikapi dengan meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Edukasi dan mitigasi bencana harus terus dilakukan, dari generasi ke generasi," kata Eko, Senin (8/7) di Mataram.

BACA JUGA : Tanggapi Berita Potensi Gempa Selatan Lombok, Gubernur NTB Minta Masyarakat Tidak Panik !!

Eko menjelaskan, tim Professor Ron Harris meneliti catatan-catatan sejak tahun 1800-an pada zaman pemerintah kolonial Belanda di Indonesia. Hasil penelitian tersebut didukung pula dengan metode survei di lapangan yaitu di sepanjang sisi selatan Pulau Jawa, Bali hingga Lombok.

Survei dilakukan dengan melakukan penggalian tanah di daerah pantai untuk menemukan lapisan sedimen yang menunjukkan jejak-jejak akibat tsunami. Pengukuran umur sedimen yang diduga jejak tsunami juga dilakukan untuk mengetahui kapan waktu kejadian tsunami tersebut.

Dari hasil pengukuran umur sedimen tersebut menghasilkan dugaan adanya kejadian tsunami di selatan Jawa ratusan tahun yang lalu.
Pemahaman tentang proses gempa bumi melalui laju gerakan lempeng tektonik di selatan Indonesia juga menyimpulkan adanya potensi gempa hingga sebesar magnitudo 9.0 dari sisi selatan Indonesia.

“Dari pemahaman proses tersebut kita menyadari bahwa kejadian gempa bumi bisa berulang kembali. Oleh karena itu penelitian tentang gempa bumi juga berusaha dilakukan melalui pendekatan metode statistik berdasarkan kejadian-kejadian gempa di masa lalu. Metode itulah yang diterapkan oleh peneliti dari Brigham Young University (BYU) Professor Ron Harris yang merupakan salah satu dari sekian banyak penelitian tentang gempa bumi dan tsunami yang dilakukan bersama timnya di Indonesia," kata Eko.

Ia mengungkapkan, dalam dua dekade terakhir sebelum tahun 2000 sebenarnya sudah banyak sekali penelitian tentang potensi bencana.

Namun hasil-hasil penelitian tersebut hanya diketahui oleh kalangan peneliti, hasil-hasil tersebut tidak sampai ke pemerintah dan masyarakat untuk disikapi mengenai apa yang harus dilakukan dengan adanya potensi bencana tersebut.

“Pasca gempa Lombok 2018 hendaknya masyarakat NTB menjadi tetap Ingat, tetap waspada dan lebih siap menghadapi bencana selanjutnya yang mungkin terjadi," ujarnya.

Apalagi, tambah Eko, slogan 'Kita Ingat, Kita Waspada, Kita Siap' telah dipakai oleh PKPRB Unram bekerja sama dengan Forum Tangguh Bencana Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah dan BMKG Stasiun Geofisika Mataram pada tanggal 19 Agustus 2017 dalam peringatan 40 Tahun Gempa Tsunami Sumba 1977.

“Unram sebagai perguruan tinggi terkemuka di NTB siap membantu masyarakat dan pemerintah NTB dalam kegiatan edukasi tentang kebencanaan," katanya.

BACA JUGA : Hasil Riset Menyebut Potensi Gempa Selatan Lombok Bisa Sampai 9 Magnitudo, Disertai Tsunami !!

Sementara itu, Rektor Unram Prof Dr Lalu Husni menjelaskan, menurut penelitian, gempa bumi itu akan selalu terjadi. Hanya saja mengenai waktu terjadinya tidak ada yang bisa mengetahuinya.

“Hikmah yang bisa kita ambil adalah jangan sampai ketika terjadi bencana kita dalam keadaan tidak siap. Oleh karena itu pemerintah termasuk perguruan tinggi dapat mengambil peran," katanya.

Husni menyampaikan, Unram bersama Universitas Syiah Kuala Aceh dan Universitas Tadulako Palu telah melaksanakan konsorsium terkait mitigasi kebencanaan untuk melakukan riset dan kajian-kajian dari perspektif ilmu pengetahuan.

"Hasil penelitian itu bisa membantu pemerintah dalam melakukan mitigasi bencana. Sehingga ketika terjadi bencana kita tahu apa yang harus kita lakukan,” ujar Husni. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hasil Riset Potensi Gempa Selatan Bukan untuk Menakuti, Tapi Bagian Edukasi dan Mitigasi Bencana

Trending Now