Iklan

Tingkatkan Literasi Keuangan, FE Unram akan Gelar Seminar di Desa Mekar Sari Lombok Barat

MandalikaPost.com
Rabu, Agustus 07, 2019 | 22:30 WIB Last Updated 2019-08-08T02:37:36Z
DISKUSI. Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah menerima Dosen FE Unram Susi Renta Cahyaning Tyas SE MSi membahas rencana kegiatan literasi keuangan di DEsa Mekar Sari, Lombok Barat. (Istimewa)


MATARAM - Fakultas Ekonomi Universitas Mataram bersama mahasiswa KKN akan menggalar seminar untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat di Desa Mekar Sari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

"Kita akan adakan literasi keuangan di Desa Mekar Sari, tujuannya untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang bagaimana mengelola keuangan, menabung dan juga mencari sumber keuangan yang potensial di Desa sendiri," kata Dosen FE Unram, Susi Renta Cahyaning Tyas SE MSi, Selasa (6/8) saat bertemu dengan Kepala Desa Mekar Sari Sapinah, di Kantor Desa Mekar Sari.

Susi menjelaskan, kegiatan akan digelar di Aula Kantor Desa Mekar Sari, pada Kamis (8/8) dengan melibatkan sekitar 40 peserta dari masyarakat Mekar Sari, para Kepala Dusun, kelompok perempuan, dan juga mahasiswa KKN.

Kegiatan ini menurutnya merupakan bagian pengabdian dan sumbangsih perguruan tinggi dalam hal ini Unram, kepada masyarakat setempat.

Materi literasi keuangan papar dia, saat ini menjadi isu yang sentral di sektor perekonimian. Dimana ini mendapat perhatian besar dari Pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan perbankan.

"Ini bagian upaya pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya uang yang beredar di desa itu tidak kemana-mana. Tapi dari desa untuk desa gitu, sehingga pemahaman terhadap literasi keuangan itu menjadi penting," jelasnya.

Kegiatan literasi akan memberikan pemahaman tentang bagaimana masyarakat menabung, dan menyisihkan penghasilan mereka untuk keperluan pendidikan atau pun kesehatan keluarganya.

Penghasilan dari bertani atau lainnya, tidak sampai dihabiskan seluruhnya tetapi perlu disisihkan.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga akan dikenalkan tentang peluang pasar modal.

Model menabung dengan pola saham ini saat ini tengah menjadi trend, dan bisa juga diterapkan di pedesaan.

"Misalnya BRI kemudian bank pemerintah lainya, juga swasta dan lainnya itu kan sudah banyak yang go public, dan sahamnya bisa dimiliki perorangan," katanya.

Pola pengembangan BUMDes juga akan disampaikan dalam kegiatan tersebut. Misalnya bagaimana membuka peluang produk pertanian masyarakat bisa dijual melalui BUMDes, untuk melindungi kerugian dari ulah oknum tengkulak.

"Ada banyak hal yang akan kita tukar informasikan kepada masyarakat DEsa Mekar Sari terkait literasi keuangan ini," katanya.

Sementara itu Kades Mekar Sari, Sapinah sangat mengapresiasi kegiatan yang akan digelar tersebut.

"Kami sangat terbuka dan sangat apresiasi bahwa Unram mau menggelar kegiatan literasi keuangan di Desa Mekar Sari," katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini tentu akan membuka wawasan dan pemahaman masyarakat tentang bagaimana mengelola keuangan lebih baik lagi ke depan.

"Intinya ini akan bermanfaat dan juga memberikan kesejahteraan pada masyarakat Desa kami," katanya. MP/Abdul Rahim
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Literasi Keuangan, FE Unram akan Gelar Seminar di Desa Mekar Sari Lombok Barat

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online