Antisipasi Virus Corona, Dishub NTB Tingkatkan Kewaspadaan di Bandara dan Pelabuhan

MandalikaPost.com
Rabu, Januari 29, 2020 | 12.35 WIB
Kadis Perhubungan NTB, Lalu Bayu Windia.

MATARAM - Dinas Perhubungan NTB meningkatkan kewaspadaan di Bandara dan Pelabuhan sewilayah NTB, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Kami sudah menggelar rapat koordinasi bersama entitas Transportasi dan stakeholders terkait. Untuk antisipasi Corona kita tingkatkan kewaspadaan," kata Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Bayu Windia, Rabu (29/1) di Mataram.

Rakor yang digelar Selasa (28/1) dihadiri pihak Angkasa Pura Bandara Lombok, para Syahbandar Pelabuhan, Pelindo dan ASDP, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), perwakilan maskapai dan perwakilan manajemen Kapal Penyeberangan.

Bayu menjelaskan, peningkatan kewaspadaan dilakukan sebagai upaya preventif mencegah masuknya virus Corona ke wilayah NTB dan memastikan NTB aman dari virus tersebut.

Bandara Internasional Lombok, pelabuhan penyeberangan Lembar-Padangbai, dan Pelabuhan Pemenang, serta Pelabuhan Bima menjadi titik peningkatan kewaspadaan.

Sejumlah Bandara dan Pelabuhan Laut di Lombok dan Sumbawa diminta untuk menjalankan SOP yang ada. Terutama memastikan kelengkapan manifest penumpang.

"Kita juga koordinasi dengan KKP di Bandara dan Pelabuhan untuk pemeriksaan kesehatan penumpang, misalnya dengan alat thermoscan," katanya.

Jika ditemukan penumpang dengan suhu tubuh tinggi dan menunjukan gejala klinis serupa flu akan diobservasi dan diarahkan ke Rumah Sakit untuk dberikan layanan kesehatan untuk mengantispasi virus Corona. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Virus Corona, Dishub NTB Tingkatkan Kewaspadaan di Bandara dan Pelabuhan

Trending Now