Iklan Yamaha

Hijaukan Hutan, Pemdes Sembalun Bumbung Gelar Kegiatan Penanaman Pohon

MandalikaPost.com
Minggu, Januari 26, 2020 | 22:05 WIB Last Updated 2020-01-26T14:05:24Z
PENGHIJAUAN. Jajaran Pemdes Sembalun Bumbung dan segenap unsur masyarakat melakukan penghijauan di bukit Cangok, Sembalun, Lombok Timur.

LOMBOK TIMUR - Pemerintah Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur melakukan penanaman pohon Beringin atau Bantek, Jumat (24/1) di kawasan bukit Cangok, Sembalun.

Kegiatan sebagai bentuk kepedulian Pemdes Sembalun Bumbung terhadap hutan dan lingkungan ini mengusung tema "Gunung dan Bukit yang Gundul Kembali Hijau, Suburlah Desaku".

Kegiatan penyelamatan hutan tersebut juga dihadiri Camat Sembalun, anggota Koramil dan Kapolsek Sembalun beserta anggota Tim Siaga Bencana Desa, pengerak wisata, Karang Taruna, mahasisea KKN Unram dan tokoh masyarakat setempat.

"Ini atas inisiatif kita sendiri, dan mengajak semua orang terlibat dalam kegiatan ini. Bukan hanya dari muspika yang ada di Sembalun termasuk mengajak para masyarakat dan lembaga lokal yang ada di Desa kami untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang mulia ini," kata Kades Sembalun Bumbung, Sunardi, di sela kegiatan.

Sunardi menjelaskan, kegiatan penghijauan seperti ini tetap akan dilakukan dengan lokasi yang berbeda. Sasarannya adalah menanami kembali lahan bukit dan hutan yang terancam gundul, agar menjadi hijau kembali.

"Kegiatan ini menjadi agenda tahunan Pemdes setiap musim penghujan. Saat ini aksi kami mengawali penanaman di areal bukit Cangok yang dimana sekitaran bukit Cangok tersebut ada mata air," katanya.

Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di kawasan bukit Nanggi dan bukit Sampana, Sembalun, pada pekan depan.

Sunardi berharap penanaman pohon ini dapat diikuti oleh Desa-desa lain yang ada di Sembalun. Ia juga berharap semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut untuk menjaga dan memelihara apa yang sudah ditanam agar kegiatan seperti ini tidak sia-sia.

"Apa pun yang kita lakuakan hari ini, tanpa dukungan dari kita semua itu sia-sia. Makanya saya berharap, bukan hanya sebagai contoh tetapi juga saya berharap untuk bersama-bersama menjaga pohon yang kita tanam hari ini," harapnya.

Sementara itu, Camat Sembalun M Zaidar mengajak masyarakat agar dapat menjaga kelestarian serta menyelamatkan lingkungan.

“Yang pasti, kita menyelamatkan lingkungan kita. Secara otomatis menyelamatkan masyarakat, dari berbagai bencana yang mungkin bisa terjadi," katanya.

Zaidar mengapresiasi kegiatan Pemdes Sembalun Bumbung dan para pemerhati lingkungan desa setempat yang selama ini sangat semangat dalam membantu program-program pemerintah yang sangat besar manfaatnya.

“Oleh karena itu saya menghimbau dan mengajak kepada masyarakat dan komunitas pencinta lingkungan yang lain untuk melakukan aksi yang sama dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan di Desa kita ,sehingga bisa mewujudkan kelestarian ekologi, ekonomi dan sosial budaya,” imbuhnya.

Ia juga berharap kegitan seperti ini dapat berkelanjutan dalam menjaga kelestarian hutan dan lingkungan demi generasi penerus di masa mendatang.

"Ini kan demi anak cucu kita, maka dari itu kegiatan seperti ini saya harap berkesinambungan. Bukan hanya pda hari ini," tukasnya.

Selain penanaman pohon, Pemerintah Kecamatan Sembalun bersama Pemdes Sembalun Bumbung dan masyarakat melakukan baksos bersih-bersih sampah mulai dari area Taman Pusuk Sembalun hingga di depan Kantor Desa Sembalun Bumbung.

"Kami bersama Pemdes Sembalun Bumbung dan masyarakat setempat, membersihkan sampah dari area Taman Pusuk Sembalun hingga di depan kantor Desa. Ya kan Desa Sembalun Bumbung sebagai pintu masuk ke Sembalun, harus bersih terlebih kunjungan ke Sembalun semakin meningkat," kata Camat Sembalun, M Zaidar. MP/Rosyidin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hijaukan Hutan, Pemdes Sembalun Bumbung Gelar Kegiatan Penanaman Pohon

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online