Iklan Yamaha

Gek Manik : Pijat Lima Titik Refleksi Ini Bisa Hilangkan Sakit Kepala .. !!

MandalikaPost.com
Senin, Februari 10, 2020 | 00:18 WIB Last Updated 2020-02-09T16:22:34Z

Owner Terapi Pijat Tradisional Mataram, Gek Manik.

LOMBOK BARAT - Sakit kepala bisa datang kapan saja. Ketika sakit kepala menyerang, kebanyakan orang mungkin secara refleks melakukan pijat kepala di bagian pelipis atau belakang kepala untuk meredakan nyerinya.

Pijat ini kemungkinan dapat mengurangi rasa sakitnya. Hanya saja, untuk memperoleh manfaat pijat kepala secara optimal, maka perlu menekan titik refleksi atau titik akupresur yang tepat.

Bagian mana saja yang harus dipijat untuk meredakan sakit kepala? Yuk, ikuti tips dari Gek Manik, owner Terapi Pijat Tradisional Mataram.

"Ada lima titik refleksi yang sebenarnya sangat membantu meredakan sakit kepala bahkan vertigo," kata Gek Manik, Minggu (9/2) di Terapi Pijat Tradisional Mataram, BTN Citra Persada Blok J No 3, Teloke, Batulayar, Lombok Barat.


Gek Manik menjelaskan, titik refleksi atau titik akupresur adalah bagian-bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap tekanan. Ketika titik akupresur ini disentuh atau dipijat, rangsangannya akan menimbulkan efek menenangkan dalam tubuh. Mulai dari meringankan rasa sakit, mengembalikan keseimbangan tubuh, hingga meningkatkan kesehatan.

Efek yang sama juga bisa dirasakan di bagian kepala. Menurut sebuah studi kecil yang dimuat dalam American Journal of Public Health tahun 2002, terapi pijat kepala yang dilakukan dua hingga tiga kali seminggu dapat meredakan sakit kepala tegang pada orang dewasa.

Dalam studi tersebut, pijatan di titik-titik refleksi atau akupresur yang tepat dapat mengurangi rasa sakit di kepala secara bertahap. Jika pada awalnya peserta mengalami sakit kepala tujuh kali seminggu, kekambuhan sakit kepalanya cenderung berkurang menjadi hanya dua kali seminggu.

"Tapi dengan teknik ini, jika ingin meredakan sakit kepala dengan pijat kepala maka harus dilakukan dengan benar," kata Gek Manik.

BACA JUGA : Cara Sehat dengan Terapi Pijat Tradisional "Gek Manik"

Ia memaparkan, titik refleksi pertama adalah Union valley. Union Valley adalah titik refleksi atau akupresur yang letaknya berada di antara jempol dan jari telunjuk tangan. Melakukan pijat di titik ini diyakini dapat meredakan sakit kepala tegang dan nyeri leher.

"Caranya jepit titik union valley di tangan kiri dengan jempol dan jari telunjuk kanan. Tahan selama 10 detik. Namun, pastikan saat melakukannya, tidak merasa kesakitan," ujarnya.

Pijat bagian tersebut dengan gerakan memutar ke kiri selama 10 detik. Lalu putar ke arah berlawanan selama 10 detik. Kemudian lakukan gerakan yang sama pada tangan kanan.

Kemudian yang kedua adalah titik Drilling Bamboo.

Gek Manik menjelaskan, bagi yang mengalami sakit kepala karena mata lelah, sakit kepala tegang, atau sinusitis, coba pijat kepala dengan menekan titik drilling bamboo ini.

"Titik akupresur drilling bamboo berada di sudut dalam kedua mata. Letaknya persis di pangkal hidung yang dekat dengan ujung alis. Memijat titik refleksi ini bisa membantu meredakan sakit kepala tegang yang mengganggu aktivitas," katanya.

Caranya, gunakan kedua jari telunjuk, lalu tekan kedua titik akupresur dengan kekuatan yang sama. Lalu, tahan selama 10 detik. Lepaskan selama beberapa detik, lalu ulangi sampai sakit kepala terasa berkurang.

Yang ketiga adalah titik Feng Chi atau yang sering disebut juga sebagai gerbang kesadaran. Melakukan pijat kepala di area Feng Chi dapat berguna untuk meredakan sakit kepala karena ketegangan di leher dan sakit kepala migrain.

"Titik Feng Chi terletak di kepala bagian bawah, tepatnya persis di bawah telinga. Untuk menemukan titik ini, gunakan kedua jempol dan raba dasar tulang tengkorak yang selurusan dengan pangkal leher. Nah, disitulah letak titik akupresur Feng Chi berada," jelasnya.

Cara memijatnya, letakkan jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan pada titik-titik akupresur ini. Tekan dengan kuat selama 10 detik. Arahkan jari menghadap ke atas, lalu lepaskan. Ulangi cara ini sampai sakit kepala terasa lebih ringan.

Yang keempat adalah titik Third Eye alias mata ketiga yang terletak di antara kedua alis, yaitu tempat bertemunya pangkal hidung dengan dahi.

"Melakukan teknik pijat di titik akupresur ini sangat cocok untuk yang sering mengalami sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer atau handphone.
Terapi akupresur pada titik ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di area kepala secara keseluruhan," katanya.

Cara memijatnya cukup sederhana, yakni dengan menekan titik akupresur ini menggunakan jari telunjuk kanan selama 1 menit. Lepaskan perlahan. Lakukan secara berulang sampai area mata terasa lebih nyaman dan sakit kepala berkurang.

Sedangkan yang kelima, adalah titik Shoulder Well atau titik refleksi di bahu.

"Untuk meredakan sakit kepala, ini bukan berarti hanya fokus pijat kepala di titik-titik di area kepala saja. Menekan dan memijat area bahu juga bisa membantu meringankan sakit kepala," kata Gek Manik.

Titik shoulder well terletak di antara ujung bahu dengan pangkal leher. Bukan cuma membantu meredakan sakit kepala, memijat area ini juga bisa mengurangi kekakuan pada leher dan bahu.

Cara memijatnya, gunakan jempol pada kedua tangan, lalu pijat dengan gerakan memutar pada titik ini selama 1 menit. Putar ke arah berlawanan selama 1 menit dan rasakan sendiri perubahannya.

Menurut Gek Manik, pijat refleksi di area kepala memang terkesan mudah. Tetapi, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal demi meradakan sakit kepala, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama melakukan teknik pijat.

Misalnya, teknik pijat akupresur ini dilakukan dalam posisi duduk atau berdiri yang nyaman dan rileks, selalu menekan titik refleksi dengan tekanan yang sama kuatnya, menarik nafas dalam-dalam agar membantu tubuh lebih santai dan rileks.

"Juga disarankan untuk berhenti melakukan teknik pijat sendiri jika sakit kepala yang dirasakan semakin parah atau justru menimbulkan rasa sakit lainnya," katanya.


Terapi Pijat Tradisonal Mataram.

Gek Manik mendirikan Terapi Pijat Tradisional Mataram sejak tahun 2013. 

Teknik terapi pijat yang ditawarkan antara lain terapi pijat relaksasi untuk saraf otot, dan Thai Massage relaksasi atau pijat saraf otot dan tulang.

"Terapi pijat yang kami lakukan bisa menyembuhkan banyak penyakit. Dan selama ini memang kami utamakan kualitas terapi," kata Gek Manik.

Menurutnya, selama ini banyak pasien dengan keluhan sakit bagian pundak, leher, kepala, sesak bagian dada atau nyeri dada, sakit kepala, vertigo, tengkuk kencang, sakit pinggang, susah tidur, darah tinggi dan emosi tidak stabil, sakit saluran kencing atau infeksi saluran kencing, turun perut, rematik dan asam urat, maag, stroke ringan dan lainnya.

Umumnya pasien yang diterapi merasa puas dan mengaku merasa ringan dan sembuh penyakitnya.

"Bagi yang punya keluhan bisa datang ke tempat kami, konsultasi masalahnya, dan kita lakukan terapi untuk penyembuhan," katanya.

Terapi Pijat Tradisional Mataram yang sudah bersertifikasi Pediatric Massage Theraphy juga membuka kelas untuk kursus privat pijat terapi. (*)


Terapi Pijat Tradisional Mataram
"Gek Manik", BTN Citra Persada Blok J No 3, Teloke, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

# Phone/WA : 0878-6412-2282
# Lokasi Maps : Klik Disini



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gek Manik : Pijat Lima Titik Refleksi Ini Bisa Hilangkan Sakit Kepala .. !!

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online