Iklan

Cegah Penyebaran Corona, Relawan Satgas Covid-19 Sembalun Gencarkan Razia Masker

MandalikaPost.com
Kamis, Mei 14, 2020 | 21:08 WIB Last Updated 2020-05-14T14:08:15Z
RAZIA MASKER. Relawan Covid-19 di Sembalun merazia pengendara motor yang tikda menggunakan masker di jalan raya Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. 

LOMBOK TIMUR - Relawan Satgas Covid-19 Pemuda Sembalun Lawang yang tergabung dalam Karang Taruna Sembalun Lawang, bekerjasama dengan Pokdarwis, Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Sembalun Lawang dan KPLH-Sembapala serta Pemerintah Desa Sembalun Lawang, terus menggencarkan razia masker di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Mereka juga selalu aktif melakukan sosialisasi dan edukasi pada warga, dalam pencegahan Covid-19, dan memastikan agar masyarakat mengikuti himbauan pemerintah untuk wajib menggunakan masker jika berada di luar rumah dan berperilaku hidup sehat.

Ketua Tim Relawan, Hamdani SH mengatakan, razia masker dilaksanakan setiap sore hari di jalan jalan raya umum Sembalun terutama di kawasan Sembalun Lawang.

"Jika ada warga yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah maka akan diminta balik arah atau menyuruh warga setempat pulang mengambil maskernya. Pokoknya tidak ada kompromi, bagi warga yang tidak menggunakan masker. Ini sebagai bentuk kepedulian kami ikut membantu pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 di Sembalun ini," ujarnya, Kamis (14/5).

Menurutnya, kewajiban menggunakan masker juga sudah diatur dengan instruksi Gubernur NTB. Terutama bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah. Sebab penggunaan masker telah terbukti 70% mampu menurunkan resiko penularan atau tertular dari Covid-19.

"Maskermu melindungiku,  maskerku melindungimu. Sehingga penggunaan masker secara masif dan disiplin oleh seluruh masyarakat diharapkan akan berkontribusi positif untuk menekan bahaya transmisi atau penularan wabah ini secara lebih luas," terangnya.

Bukan hanya itu, lanjutnya, pihaknya juga intens berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sembalun yang diketuui langsung oleh Camat Sembalun, guna untuk mengetahui perkembangan informasi tenteng virus tersebut.

"Kami selalu berkoordinasi dengan semua pihak, terutama yang terlibat dalam penanganan Covid-19. Baik itu para relawan dan satgas Covid-19 Kecamatan agar apa yang akan kita lakukan terkait dengan virus tersebut satu irama," paparnya.

Camat Sembalun HM Zaidar, yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Sembalun menghimbau pada warga setempat agar selalu menjaga jarak, terutama pada saat keluar rumah agar selalu memakai masker, untuk menghindari penularan wabah Covid-19.

“Kami, menghimbau agar warga Sembalun khususnya, untuk menghindari segala bentuk kerumunan dan tetap memakai masker jika keluar rumah. Ini demi menjaga kita keselamatan kita  bersama dan untuk mencegah penularan wabah virus tesebut," jelasnya.

Ia juga  mengajak semua laipisan masyarakat untuk pencegahan sedini mungkin penularan virus corona dan mematuhi himbauan pemerintah agar selalu menggunakan alat pelindung diri.

“Marilah kita bersinergi bersama-sama kita perangi dan putus mata rantai virus tersebut, bahu membahu mencegah penularannya dengan mengindahkan protokol kesehatan dan mematuhi himbauwan pemerintah paling tidak menggunakn masker jika berada di luar rumah," katanya. MP/Rosyidin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Penyebaran Corona, Relawan Satgas Covid-19 Sembalun Gencarkan Razia Masker

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online