Iklan BNS

Inovasi Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar Banyak Diapresiasi Masyarakat

MandalikaPost.com
Sabtu, November 28 | 22.50 WIB
Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Noviar SIK. (Foto: Courtesy AntaraFOTO)

MATARAM - Kombes Pol Noviar, S.I.K mengemban amanah sebagai Direktur Lalu Lintas Polda NTB sejak Juni 2020. Sejak itu pula berbagai kegiatan dan inovasi telah banyak dilakukan mantan Dirlantas Polda Kalimantan Utara ini. 


Mengemban amanah di masa Pandemi Covid 19, tidak mengurangi kreativitasnya dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.


Kusnadi Unyink melalui akun instragramnya, mengatakan ucapan terima kasih atas berbagai pelayanan kepada masyarakat. 


Menurut Aktifis PMII NTB ini, Dirlantas Polda NTB telah memberikan kesempatan kepada warga masyrakat NTB untuk menuangkan ide dan gagasannya dalam hal membuat video pendek dengan tema mentaati lalu lintas dan menerapkam protokol kesehatan. 


"Banyak pelajaran yang didapatkan dalam video tersebut yatu tentang pentingnya menggunakan helm bukan hanya saja sebagai salah satu cara menerapkatan tata aturan tertib lalu lintas tapi menggunakan helm juga merupakan kewajiban sebagai alat untuk melindung diri dari keselamatan berkendara," ujar Kusnadi.


Masyarakat Peduli Keselamatan Berkendara (MPKB) NTB juga memberikan apresiasinya melalui akun Koordinatornya H Zulkipli, SE, MM. 


Dalam unggahannya, Koordinator MPKB salut atas berbagai kegiatan Ditlantas Polda NTB selama Pandemi Covid 19 ini.


"Masyarakat Peduli Keselamatan Berkendara (MPKB) NTB memberikan apresiasi kepada Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.I.K atas berbagai kegiatan yang dilakukan selama menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas Polda NTB sejak 25 Juni 2020," kata Zulkipli.


Inovasi itu antara lain, di tengah Pandemi Covid 19, kegiatan penggalangan dana di internal anggota dan jajaran Ditlantas Polda NTB melalui gerakan berbagi 1.000 setia selesei apel pagi setiap harinya, dikumpulkan kemudian dibelikan bahan makanan pokok kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam bentuk Bantuan sosial.


Kemudian dalam layanan kepada masyarakat terkait administrasi kendaraan, Ditlantas Polda NTB membuat program Inovasi Go SIM dan SAMSAT Apps. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk mengurus SIM dan STNK kendaraan.


"Dirlantas juga seringkali melibatkan masyarakat dalam berbagai diskusi terbuka untuk sama-sama membangun Keselamatan berlalu lintas di NTB. Dengan mengadakan Diskusi terbuka maupun dengan mengadakan lomba - lomba Keselamatan berlalu lintas di masa Pandemi Covid 19 ini dengan melibatkan para millenial dan masyarakat umum lainnya," ujarnya.


Tik Tok Challenge Zebra Rinjani maupun lomba foto, stand up Komedi, dan lain lain menjadi hal yang menarik bagi masyarakat NTB.


"Terus kreatif pak Dir, bapak sedang merangkai sejarah dalam upaya memastikan Keselamatan berlalu lintas untuk semua masyarakat NTB," tukasnya.


Sementara itu Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.I.K menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas apresiasi yang diberikan. 


"Apa yang disampaikan oleh masyarakat tentu melalui penilaian yang mendalam, terima kasih atas apresiasinya," kata Kombes Pol Noviar, Sabtu (28/11).

 

Menurutnya, apa yang telah dilakukan selama ini adalah sebuah keniscayaan dan kewajiban dari amanah yang diembannya. Selain itu ada satu hal yang menjadi penekanan dalam semua program diatas, bahwa Polantas dalam membangun kesadaran dan tertib disiplin tidak bisa sendirian. 


"Polantas bukan ksatria baja hitam. Tanpa peran stake holder terkait dan Masyarakat pada umumnya sangat jauh impian membangun disiplin dan tertib berlalulintas dengan kesadaran bahwa hal itu demi keselamatan sendiri/orang lain, dan keselamatan menjadi sebuah kebutuhan dan budaya hidup keseharian masyarakat pengguna jalan," katanya.


Kombes Pol Noviar mengungkapkan, semua inovasi program yang dilalukan  adalah menggali kreatifitas dan ide yang tanpa disadari menggugah alam bawah sadar membangun pola sikap dan perilaku disiplin dan tertib diri sendiri selaku pengguna jalan dalam mengelaborasikan  kebiasaan sehari-hari menjadi sebuah budaya berkeselamatan di jalan yang pada akhirnya memuliakan harkat martabat manusia sesuai kodrat yang sudah diberikan Allah SWT yang  saling mengasihi dan menyayangi sesama dalam beraktifitas dijalan sesuai kebutuhan dan kepentingannya masing masing saat menggunakan jalan dalam produktifitas sehari-hari . 


"Ini akan menjadikan pemicu kami dalam terus berinovasi meningkatkan layanan terbaik kami kepada masyarakat," jelas Noviar. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar Banyak Diapresiasi Masyarakat

Trending Now

Iklan