Iklan Yamaha

Tingkat Ketahanan Pangan, Kodim Sumbawa Barat Dukung Program Desa Mandiri di Kecamatan Brang Ene

MandalikaPost.com
Sabtu, Januari 30, 2021 | 14:32 WIB Last Updated 2021-01-30T12:49:58Z
Pembangunan kandang ayam potong di Desa Murah, Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat.

SUMBAWA BARAT - Kodim 1628/Sumbawa Barat bersama Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat, Kelompok Darwis Gelumpang Farm dan masyarakat di Desa Murah, Kecamatan Brang Ene melaksanakan pembajakan lahan, dan pembangunan kandang ayam potong, di lokasi kelompok Darwis Gelumpang Farm, Sabtu (30/1). Hal ini dilakukan untuk peningkatan ketahanan pangan di masa pandemi saat ini.


Seperti diketahui kondisi Pandemi Covid -19 yang masih melanda di hampir seluruh belahan dunia termasuk wilayah indonesia salah satunya Kabupaten Sumbawa Barat NTB, yang tidak ada yang mengetahui sampai kapan pandemi ini akan berlalu, semenjak Covid merebah telah membawa pengaruh dalam semua lini kehidupan bermasyarakat.


Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi ST, M,IP mengatakan, sebagai satuan kewilayahan yang salah satu tugas pokok selain perang  sesuai UU No 34 tahun 2004 adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat (geografi, demografi, kondisi sosial), membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan daerah guna mewujudkan kesejahteraan Masyarakat.


"Dalam kondisi seperti sekarang segala upaya dilakukan pemerintah guna mengantisipasi perubahan situasi salah satunya kesiapan cadangan pangan terlebih di tengah pandemi Covid -19 seperti yang sedang terjadi menuntut kepedulian semua pihak bersinergi untuk mendukung program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan," jelas Dandim Sumbawa Barat, Letkol Czi Sunardi ST MIP,  dalam keterangan tertulisnya di Sumbawa Barat, Sabtu (30/01/2021).


Untuk itu lanjut Dandim,  Kodim 1628/SB sesuai petunjuk dari Komando atas bersama pemerintah daerah dalam hal ini dinas pertanian, memberikan suport, bermitra mendampingi mendorong  masyarakat serta kelompok masyarakat baik di bidang pertanian peternakan, perikanan, perkebunan dan lainnya, untuk terus dapat meningkatkan, mengembangkan hasil produksi baik memanfaatkan lahan yang sudah ada.


"Selain itu, juga mengakfitkan lahan lahan  yang selama ini kurang produktif secara terpadu," ujar Dandim.


Pembajakan lahan pertanian di Desa Murah, Kecamatan Brang Ene, Sumbawa Barat.

Seperti yang dilaksanakan Kodim 1628/SB, Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat dengan Kelompok Darwis Gelumpang Farm bersama masyarakat  di Desa Murah kecamatan Brang ene sabtu (30/01/2021) mulai melaksanakan pembajakan lahan, Pembangunan kandang ayam potong, di lokasi kelompok Darwis Gelumpang Farm untuk Ketahanan pangan. Selain itu juga Program Desa Mandiri di area seluas 1 Ha yang didampingi oleh Pasiter Kapten Cba Agus,  Danramil 1628 -01/Taliwang  Kapten Inf I Nyoman Suardika dan  Babinsa Desa Mura Sertu Kasim bersama Ketua Pok Jonathan SP dan Anggota Kelompok Gelumpang Farm, Serta Masyarakat sekitar.


Dalam waktu dekat lahan tersebut akan ditanami Padi, serta jenis tanaman  Holtikultura/Sayur mayur antara lain, Kacang panjang, Pare, Bayam, terung panjang ungu, terung bulat, Ketimun, Cabe rawit, Cabe keriting, melon dan terintegrasi dengan peternakan ayam Potong, Bebek, Kambing,  Sapi dan perikanan serta arena bermain anak anak yg kreatif dan edukatif/Outbound.


"Hal ini sebagai wujud memperkenalkan dunia agraris kepada generasi muda dengan harapan sambil bermain mereka juga dapat melihat secara langsung aktifitas pertanian, peternakan, perikanan secara terpadu dilingkungan mereka, dan untuk  jangka panjang jika program ini sudah  berhasil akan kita kembangkan ke Desa -  desa lainnya di kabupaten Sumbawa Barat," harap Dandim.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkat Ketahanan Pangan, Kodim Sumbawa Barat Dukung Program Desa Mandiri di Kecamatan Brang Ene

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online