Iklan BNS

Mantap, Layanan Dinas Dukcapil Lombok Barat Segera Dilengkapi dengan Mesin ADM

Abdul Rahim
Selasa, Maret 23 | 17.13 WIB
Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, M Hendrayadi.


LOMBOK BARAT - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat.


Salah satunya dengan penyediaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yang akan memudahkan masyarakat dalam mengurus kebutuhan administrasi kependudukan dan catatan sipil.


Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, M Hendrayadi mengatakan, mesin ADM diberikan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zidan Arif Fakhrulloh saat meresmikan gedung loket pelayanan di Kantor Dinas Dukcapil Lombok Barat pada 21 Maret 2021.


"ADM ini diberikan sebagai apresiasi Ditjen Dukcapil untuk Dinas Dukcapil Lombok Barat, karena sejak Maret ini kita sudah menerapkan pelayanan terintegrasi untuk pelayanan kependudukan dan catatan sipil," jelas Hendrayadi, Selasa (23/3) di Lombok Barat.


Menurutnya, dengan sistem pelayanan terintegrasi maka masyarakat akan lebih cepat mengurus kebutuhan dokumen kependudukan dan catatan sipil. Asal seluruh persyaratan lengkap dan masyarakat datang sendiri maka hanya dibutuhkan waktu maksimal 20 menit hingga dokumen yang dibutuhkan terbit.


"Jadi masyarakat tidak harus bolak balik, atau menunggu dua tiga hari lagi. Pelayanan terintegrasi ini akan semakin memudahkan," ujar dia.


Dikatakan, untuk pelayanan persyaratan pindah, akta kelahiran, jangkauan layanan dan kecepatan layanannya di Dinas Dukcapil Lombok Barat termasuk paling stabil, jika dibanding Dinas di Kabupaten/Kota lainnya.


"Hal ini membuat Ditjen Dukcapil memberi apresiasi dengan ADM, anjungan dukcapil mandiri. Mesin ini mirip ATM, sehingga masyarakat bisa mencetak dokumen kependudukan dengan memasukan KTP dan pin yang diberikan. Harapan kita ini makin mempermudah, misalnya ada yang kehilangan KK atau Akte, bisa dilayani melalui ADM," katanya.


Hendrayadi mengatakan, pihaknya akan mengajukan kepada Bupati Lombok Barat agar mesin ADM ini bisa diperbanyak dan ditempatkan di sejumlah lokasi strategis. Sehingga pelayanan dukcapil di Lombok Barat akan semakin baik dan memudahkan masyarakat.


Dirjen Dukcapil Prof Dr Zidan Arif bersama Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid saat meresmikan Gedung Pelayanan Dinas Dukcapil Lombok Barat.

Sebelumnya pada 21 Maret 2021, Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Dr Zidan Arif Fakrulloh meresmikan Gedung Loket Pelayanan Disdukcapil Lombok Barat.


Dalam kesempatan itu, Zidan Arif mengapresiasi gedung dan kinerja Dinas Dukcapil Lombok Barat merupakan yang terbaik di Indonesia. 


"Mari kita isi gedung yang bagus ini dengan jiwa semangat untuk membahagiakan masyarakat," ujar Zidan Arif.


Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dirjen Dukcapil bersama Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid. Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Lombok Barat, Hj. Sumiyatun, Ketua DPRD Lombok Barat, Hj. Nurhidayah dan sejumlah pejabat Dinas Dukcapil Lombok Provinsi NTB dan Dinas Dukcapil Kabupaten dan Kota sewilayah NTB.


Dirjen Dukcapil Zidan Arif mengatakan, keberadaan fasilitas dan pelayanan yang baik di Disdukcapil Lombok Barat tidak bisa dipisahkan dengan komitmen kepala daerahnya yang selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan untuk masyarakat.


"Lombok Barat ini benar-benar jadi sorotan nasional atas prestasinya. Saya apresiasi pak Bupati Fauzan khalid yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya demi kemajuan daerah," ucapnya.


Sementara itu, Bupati Lombok Barat H Fauzan khalid menuturkan, Pemkab Lombok Barat terus mengedepankan revolusi pelayanan. Untuk itu, keberadaan loket pelayanan Disdukcapil baru akan mengedepankan kenyamanan dan efisiensi waktu kepada masyarakat.


Kemudian, untuk tanda tangan elektronik adalah kemajuan dan pertama kali dilakukan di Lombok Barat untuk mempercepat pelayanan publik kepada masyarakat.


"Ini juga bertujuan agar Kepala Disdukcapil bisa bekerja di mana saja dan kapan saja, sehingga masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan dipermudah dan cepat," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mantap, Layanan Dinas Dukcapil Lombok Barat Segera Dilengkapi dengan Mesin ADM

Trending Now

Iklan