Iklan BNS

Terkuak, Ini Lima Sisi Baik Alkohol Bagi Tubuh

MandalikaPost.com
Sabtu, April 17 | 15.09 WIB
Terkuak, Ini Lima Sisi Baik Alkohol Bagi Tubuh
Ilustrasi.

SAAT suntuk akan padatnya tuntutan pekerjaan, minuman beralkohol bisa membantu untuk sekadar menenangkan pikiran.


Minuman beralkohol mungkin identik dengan dampak buruk, pola hidup yang berantakan, atau pergaulan yang tidak sehat. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, alkohol memiliki sisi baik lain lho bagi kesehatan tubuh. 


Berikut adalah beberapa manfaat alkohol untuk mendukung kesehatan tubuhmu.


1. Dapat mengurangi risiko diabetes


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Medical Center di Belanda, mengonsumsi alkohol dapat mengurangi risiko terjangkitnya diabetes tipe 2 bila dikonsumsi sebagai gaya hidup sehat dan tidak berlebihan. Anjuran yang disarankan adalah satu atau dua gelas per hari. 


2. Mencegah terjadinya batu empedu


Mengonsumsi alkohol secara wajar dapat mengurangi risiko terkena bantu empedu. Seoul National University College of Medicine melakukan penelitian ini dan mendapatkan kesimpulan yang benar tentang pernyataan di atas dengan catatan bila seseorang mengonsumsi kurang dari 28g/hari.



3. Meningkatkan kinerja otak


Memori adalah bagian yang menerima manfaat baik dari konsumsi alkohol secara normal. Itu dapat meningkatkan memori dan fungsi kognitif otak sehingga ingatanmu akan semakin baik. Jenis alkohol yang dapat berfungsi seperti ini contohnya adalah anggur merah. 



4. Bisa mengontrol nafsu makan


Alkohol sejenis white wine mengandung kadar fenol lebih tinggi dari yang lainnya sehingga ini membuat minuman beralkohol tersebut dapat berfungsi sebagai pengontrol berat badan dan memudahkan terjadinya penurunan obesitas. 



5. Melindungi kesehatan jantung


Alkohol yang diminum dengan batas wajar akan berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Serta alkohol juga bisa mengurangi masalah yang terkait dengan peredaran darah seperti penyumbatan pembuluh darah. 


Alkohol tidak selalu jadi musuh bagi kesehatan tubuh. Buktinya beberapa manfaat tadi bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya dengan benar. 


Batas wajar alkohol bisa tergantung sesuai dengan ketahanan tubuh masing-masing individu.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terkuak, Ini Lima Sisi Baik Alkohol Bagi Tubuh

Trending Now

Iklan