Desa Wisata Sesaot dan Sekotong Tengah Terima Bantuan Sarpras dari Kemendes PDTT

MandalikaPost.com
Rabu, Juni 02, 2021 | 22.09 WIB
Kadispar Lombok Barat, H Saepul Ahkham saat meninjau destinasi wisata Taman Mangrove di Desa Sekotong Tengah, Lombok Barat.

MANDALIKAPOST.com - Melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), pemerintah pusat berkomitmen untuk membantu pembangunan sarana prasarana desa wisata.


Sebanyak 79 desa se-Indonesia berhak mengelola anggaran antara 400 sampai dengan 600 juta.


Di Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Desa Sesaot, Kecamatan Narmada dan Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong, terpilih untuk bergabung dalam skema dukungan Kemendes PDTT terhadap dunia pariwisata.


Panorama keindahan wisata air di Desa Sesaot.

Dua desa ini bergabung dengan tujuh desa lainnya se-Provinsi Nusa Tenggara Barat kemudian diundang untuk menghadiri Sosialisasi Kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana Pendukung Pengembangan Objek Wisata yang diselenggarakan di Royal Hotel Bogor, Selasa-Kamis (1-3/6/2021).


"Alhamdulillah dua desa kita ini terpilih karena mereka dinilai berkomitmen dalam pengembangan Desa Wisata. Komitmen itu diperlihatkan dengan penyediaan alokasi APBDes untuk destinasi dan memberikan peran kepada BUMDES dan Pokdarwisnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar, H. Saepul Akhkam yang hadir mendampingi dua Kepala Desa tersebut bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Heri Ramdan.


Kegiatan sosialisasi bantuan sarpras Kemendes PDTT untuk sejumlah Desa Wisata, di Hotel Royal Bogor.

Hal senada disampaikan Heri Ramdan, komitmen tersebut juga dinilai dengan kesiapan dan inisiatif dua desa tersebut dalam mengajukan proposal.


“Mereka punya motivasi dan inisiatif kuat untuk mengikuti arahan kementerian dalam penyusunan proposal. Beberapa kali didampingi oleh tim dari Kemendes sehingga dianggap layak untuk diajukan. Hari ini kita langsung bisa mengikuti penanda tanganan Kerjasama untuk implementasinya nanti,” terang Heri.


Kepala Desa Sesaot, Yuni Hariseni.

Dihubungi usai menandatangani kerja sama, Kepala Desa Sesaot Yuni Hariseni menuturkan bahwa desa mereka mengajukan usulan untuk jalan sepanjang kawasan pariwisata.


"Kita mengusulkan jalan lingkungan yang menuju air terjun Semporonan, hutan kemasyarakatan, dan camping ground. Itu sepanjang hampir 500 meter, tapi sekaligus juga untuk drainase. Juga untuk tracking sepeda," terang Yuni.


Kepala Desa Sekotong Tengah, Lalu Sarapuddin.

Sedangkan untuk Desa Sekotong Tengah, Kepala Desa Lalu Sarapuddin memfokuskan anggaran itu untuk mempercantik  kawasan mangrove Tanjung Batu.


"Di situ kita akan dibantu mengawali bangun homestay 1 unit, toilet, gazebo, dan menambah boardwalk sepanjang 100 meter yang akan melingkari mangrove," terang Lalu Sarapuddin.


Ia berharap dengan adanya penambahan fasilitas dan perluasan area untuk spot mancing, pengunjung akan bertambah.


"Kita nantinya akan mengkaji untuk kenaikan tiket masuk agar BUMDES kita makin kuat," imbuh Lalu Sarapuddin.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Wisata Sesaot dan Sekotong Tengah Terima Bantuan Sarpras dari Kemendes PDTT

Trending Now