Iklan BNS

Keren, Kini NTB Punya Galangan Kapal

MandalikaPost.com
Selasa, September 14 | 15.34 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, H Lalu Moh Faozal saat meninjau galangan kapal PT DAK di pelabuhan Kayangan, Labuhan Lombok, Lombok Timur.

MANDALIKAPOST.com - Fasilitas galangan kapal saat inii sudah tersedia di wilayah NTB. Galangan kapal dibangun PT Dok dan Perkapalan Air Kantung (DAK) anak perusahaan PT Timah di pelabuhan Kayangan, Labuhan Lombok, Lombok Timur.


"Jadi di Labuhan Lombok, sudah ada galangan kapal dari PT DAK, anak perusahaan BUMN PT Timah. Sehingga kapal-kapal yang masuk masa perawatan dan perbaikan bisa dilayani di galangan kapal ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, H Lalu Moh Faozal, saat meninjau galangan kapal PT DAK di Kayangan, Lombok Timur.


Faozal menjelaskan, galangan kapal ini melayani perawatan kapal di kawasan Indonesia Timur, termasuk Bali dan NTT. Selama ini selama ini kapal-kapal yang masuk masa perawatan atau butuh perbaikan dilayani di Surabaya atau Bangka Belitung.


"Dengan adanya galangan kapal PT DAK di Lombok ini, maka maintenance kapal bisa lebih dekat. Khususnya untuk kawasan Timur," ujarnya.


Ia mengatakan, selain memudahkan kebutuhan perawatan kapal, operasional galangan kapal PT DAK mengakomodir tenaga kerja lokal dari Lombok Timur dan NTB umumnya. Hal ini menambah lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.


"Galangan kapal ini menggunakan tenaga kerja lokal 80 persen, alhamdulillah ini menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat," katanya.  


Selain meninjau galangan kapal PT DAK, jajaran Dinas Perhubungan NTB bersama jajaran stakeholders terkait di pelabuhan Kayangan menggelar aksi bersih-bersih di areal pelabuhan. Selain itu, juga digelar pembagian bantuan paket Sembako untuk masyarakat sekitar pelabuhan. 


"Hal ini kita lakukan sebagai rangkaian Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 17 September mendatang," katanya.


Sementara itu, Ketua Gapasdap Kayangan, Iskandar mengatakan, keberadaan galangan kapal di Kayangan mempermudah proses perawatan kapal yang ada.


"Ini sangat baik, sehingga kapal-kapal yang perlu perawatan bisa lebih dekat prosesnya," ujar Iskandar.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keren, Kini NTB Punya Galangan Kapal

Trending Now

Iklan