Bunda Niken Kenalkan Kekayaan Tenun NTB ke Finalis Duta Wisata Indonesia

MandalikaPost.com
Jumat, November 05, 2021 | 21.49 WIB
Ketua Dekranasda NTB Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah bersama para finalis Duta Wisata Indonesia 2021 usai mengunjungi gerai NTB Mall.

MANDALIKAPOST.com - Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah memperkenalkan ragam motif tenun NTB kepada para finalis Duta Wisata, Jumat (5/11) saat berkunjung ke gerai NTB Mall, di jalan Langko, Kota Mataram.


Para finalis merupakan perwakilan dari 7 Provinsi yakni Provinsi Aceh, Provinsi Jambi, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Bali, Provinsi NTB dan Provinsi NTT.


"Motif tenun di Provinsi NTB sangat beragam, karena di setiap daerah kabupaten kota se - NTB memiliki corak dan motif yang berbeda sehingga menjadi ciri khas di setiap daerah," kata Bunda Niken.


Dijelaskan, di Lombok terdapat dua jenis kain yang populer ditengah masyarakat, yakni Kain tenun songket dan Kain tenun rang rang. Kain songket memiliki ragam jenis motif, diantaranya Motif anteng, Motif bulan bergantung, Motif bintang remawe, Motif wayang, Motif keker, Motif ragi genep, Motif subhanale, Motif nanas, Motif bulan berkurung, Motif panah, Motif tokek, Motif bintang empat dan Motif serat penginang.


Sementara di pulau Sumbawa berbagai jenis motif yang sangat popular, salah satunya corak kuda, corak rusa, corak kakak tua, corak ayam dan masih banyak lagi. 


"Beberapa desainer nasional sudah sering menggunakan motif tenun di NTB, seperti desainer Denny Wirawan, Popi Susanti Darsono dan masih banyak lagi," ujarnya.


Bunda Niken juga menceritakan sejarah menenun sebagai salah satu tradisi yang mengharuskan anak perempuan agar bisa menikah. 


"Dulu, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang anak perempuan apabila ingin menikah maka ia harus bisa menenun," jelas Bunda Niken.


Ia juga mengingatkan kepada seluruh finalis agar dapat membekali diri dengan berbagai sejarah dan budaya yang ada di Indonesia


"Kalian nantinya akan menjadi Duta Wisata Indonesia, sehingga pengetahuan, pendalaman penjiwaan terhadap kekayaan budaya harus semua kita miliki," jelas Bunda Niken.


Bunda Niken optimis, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat, salah satunya menambah pengetahuan seluruh  finalis.


"Alhamdulillah, kita jadi tuan rumah acara pemilihan duta wisata, ini kesempatan baik provinsi NTB untuk memperkenalkan berbagai potensi pariwisata, kuliner, kerajinan kepada para finalis duta wisata yang hadir dari berbagai Indonesia," tukas Bunda Niken. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bunda Niken Kenalkan Kekayaan Tenun NTB ke Finalis Duta Wisata Indonesia

Trending Now