Iklan BNS

Jonathan Rea, Sang Legend WSBK Enam Kali Sabet Juara Pertama

MandalikaPost.com
Kamis, November 11 | 23.11 WIB
Pembalap Kawasaki Racing Team WSBK, Jonathan Rea.

MANDALIKAPOST.com - Ada 24 pembalap yang bakal turun aspal di Pertamina International Street Circuit Mandalika, Lombok, dalam seri penutup World Superbike (WSBK) tahun ini, 19-21 November 2021. 


Tentu saja, Jonathan Rea tetap menjadi magnetnya. Pembalap motor profesional berkebangsaan Irlandia Utara ini, bisa dibilang bintangnya WSBK.


Pembalap Irlandia Utara ini jadi legenda, karena meraih juara dunia WSBK 6 kali berturut-turut.


Terjun di WSBK pertama kali di seri 2015, pria kelahiran 2 Februari 1987 ini, enam kali berturut-turut berhasil menyabet gelar juara pertama. Hal ini menjadikannya sebagai pembalap WSBK paling sukses dalam sejarah kejuaraan. Ia juga memegang jumlah kemenangan balapan tertinggi di Kejuaraan Superbike.


BACA JUGA : Sejarah Superbike (WSBK) dan Deretan Juaranya 


Sebelumnya ia menjadi runner-up di Kejuaraan Dunia Supersport untuk tim Ten Kate Honda pada tahun 2008, dan runner-up di Kejuaraan Superbike Britania pada tahun 2007 untuk tim HM Plant Honda. 


Jonathan Rea dinobatkan sebagai "Irish Motorcyclist of the Year in 2007" pada tahun 2007, 2008, 2011 dan 2016.


Tahun lalu, pembalap tim Kawasaki Racing Team (KRT) ini meraih juara dunia, usai Race 1 WSBK Estoril 2020 di sirkuit Estoril, Portugal. Ini membuat Jonathan Rea mencatat sejarah baru di dunia balap WSBK.


Jonathan Rea menggeber Kawasaki Ninja ZX-10RR di ajang WSBK.

Jonathan Rea sendiri sampai sekarang masih kagum, akan performa motor Kawasaki Ninja ZX-10RR.


"Saya rasa motor ini tetap punya paket lengkap, membuat saya percaya diri setiap balapan," ungkap Jonathan Rea.


Dipuji Valentino Rossi


September 2021 lalu, Jonathan Rea mendapat pujian dari legenda MotoGP, Valentino Rossi. 


Menanggapi sanjungan dari The Doctor, pembalap di ajang World Super Bike (WSBK) itu mengaku bahwa dia merupakan penggemar berat Rossi.


Apalagi sebelumnnya ia juga pernah turun di kelas utama MotoGP pada saat mengganti Casey Stoner yang tengah mengalami cedera. Jonathan berlaga bersama tim Repsol Honda pada seri MotoGP Aragon dan Misano pada 2021 lalu.


Pada balapan tersebut, Jonathan Rea berhasil finis di masing-masing balapan pada urutan ketujuh dan delapan. 


Dalam kurun beberapa tahun terakhir, ia sempat dirumorkan bakal pindah ke MotoGP,  namun hingga kini kariernya justru tetap lanjut di WSBK sampai-sampai menjadi pembalap paling sukses.


Melihat capaiannya tersebut membuat, Valentino Rossi berharap Jonathan Rea beralih ke MotoGP. Mendengar ucapan The Doctor –julukan Rossi- membuat dirinya tersanjung.


Jonathan Rea mengatakan bahwa dirinya merupakan penggemar berat Valentino Rossi. Ia mengaku juga sering bertukar pesan kepada pembalap berusia 42 tahun tersebut.


“Memiliki kutipan dari Valentino ini sangat bagus karena dia adalah yang terhebat sepanjang masa dalam balap motor dan kami sangat menghormati satu sama lain,” ucap Jonathan Rea, dilansir dari Motorsport.


“Terkadang dia mengirimi saya beberapa pesan setelah balapan atau sebaliknya, dan saya pikir saya adalah penggemar beratnya dan apa yang telah dia lakukan dalam karirnya,” sambungnya.


“Tentu saja memalukan karena saya tidak pernah memiliki kesempatan (untuk membalap di MotoGP penuh waktu),” pungkasnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jonathan Rea, Sang Legend WSBK Enam Kali Sabet Juara Pertama

Trending Now

Iklan