Iklan BNS

Pengurus TSBD Sembalun Lawang Dilantik

Rosyidin
Minggu, November 21 | 17.21 WIB
Pelantikan dan Raker Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Sembalun Lawang resmi digelar di Yayasan Pondok Pesantren Syukur-Asyari Sembalun Lawang, Sabtu (20/11/2021). 

MANDALIKAPOST.com - Pelantikan dan Raker Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Sembalun Lawang resmi digelar di Yayasan Pondok Pesantren Syukur-Asyari Sembalun Lawang, Sabtu (20/11/2021) kemarin.


Pelantikan berlangsung lancar ditengah guyuran hujan dan dinginnya Sembalun. Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lombok Timur, Kepala Desa Sembalun Lawang, Ketua BPD Sembalun Lawang, dan Perwakilan Konsepsi NTB. 


Pengurus Baru secara resmi dilantik oleh Kepala Desa, H. M. Idris yang sekaligus juga selaku Pembina Tim Siaga Bencana Desa Sembalun Lawang. Serta pembacaan Surat Keputusan Kepala Desa Sembalun Lawang Nomor 24 Tahun 2021 oleh Mahyudin selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lombok Timur.


Kepala Desa Sembalun Lawang, H. M. Idris dalam sambutanya mengatakan pentingnya keberadaan TSBD sebagai ujung tombak dalam mengatasi dan mengurangi risiko bencana di desa. 


“Dengan generasi yang baru ini, kami pemerintah desa optimis TSBD akan lebih baik dan mampu melanjutkan apa yang sudah dilakukan generasi sebelumnya. Sehingga keberadaan TSBD saat ini lebih tangguh dalam mengatasi bencana dan mengurangi risikonya” ucapnya. 


Diakuinya, ditengah berbagai ancaman bencana yang mengintai Masyarakat Sembalun, keberadaan Tim Siaga selama ini mampu meringankan beban masyarakat. Bahkan sering pula membantu korban bencana di luar daerah. 


“Luar biasa apa yang sudah dilakukan TSBD selama ini dalam melakukan aksi kemanusiaan khususnya saat bencana” sambungnya. 


Mahyudin selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lombok Timur juga mengapresiasi apa yang selama ini di lakukan oleh Tim Siaga Bencana Desa Sembalun Lawang. 


“Sebab yang dilakukan oleh TSBD selama ini adalah bagaimana terlibat dalam menyelamatkan jiwa raga, harta bahkan nyawa manusia ditengah bencana” Ucapnya. 


Lebih lanjut, Konsepsi NTB yang juga terlibat dalam pendirian dan mendampingi TSBD Sembalun Lawang selama ini merasa bangga atas ketangguhan yang dimiliki TSBD Sembalun Lawang. 


“Sebagai orang baru (di Konsepsi; red) saya meyakini apa yang selama ini sudah dilakukan (Konsepsi; red) terinternalisasi dengan baik” kata Isnan selaku Fasilitator Desa. 


Namun demikian, ia juga mendorong Pemdes Sembalun Lawang untuk menerbitkan dan mengasahkan Perdes untuk memperkuat posisi Tim Siaga Bencana Desa Sembalun Lawang. 


Pada kesempatan ini juga telah ditandatangani deklarasi TSBD yang menjadi Aspirasi kepada Pemerintah Desa Sembalu Lawang. Termasuk didalamnya adalah untuk mengesahkan Perdes Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat dan diakuinya TSBD sebagai Lembaga Kemasyaraatan Desa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengurus TSBD Sembalun Lawang Dilantik

Trending Now

Iklan