Iklan BNS

Dirlantas Polda NTB Tinjau Pelayanan Transportasi Penonton MotoGP di 3 Pelabuhan

MandalikaPost.com
Selasa, Januari 25, 2022 | 14.06 WIB
Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo bersama Kadishub NTB H Lalu Moh Faozal saat meninjau lokasi. 

MANDALIKAPOST.com - Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender balap seri kedua perhelatan MotoGP 2022 pada 18-20 Maret 2022. Namun sebelum ajang balap kelas dunia itu berlangsung, Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022 akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP. Tes pramusim ini rencananya akan diikuti oleh 24 pembalap dari 12 tim MotoGP.


Untuk memastikan kenyamanan para penonton yang nantinya menginap di Bali dan di Gili Matra, Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo, S.I.K pada hari Selasa, 25 Januari 2022 didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB H Lalu Moh Faozal, Kadishub Kabupaten Lombok Barat, Kapolres Lombok Barat, dan Kepala ASDP Pelabuhan Lembar melakukan peninjauan ke Pelabuhan Lembar, Gili Mas, dan Pelabuhan Bangsal. 


Dirlantas melakukan pengecekan lokasi parkir bagi kendaraan yang akan menjemput para penonton yang menginap atau berasal dari Bali. Dinas Perhubungan akan menyiapkan kendaraan pejemput khusus  bagi para penonton. " Khusus kendaraan pejemput ini, gratis untuk para penonton yang menunjukkan tiketnya. Di tiket tersebut dapat diketahui penonton bersangkutan apakah akan naik kendaraan dengan tujuan parkir timur atau parkir barat Mandalika" jelas Djoni.


Setelah mengunjungi Pelabuhan Lembar, rombongan berpindah ke Gili Mas. Dinas Perhubungan beserta ASDP akan menyiapkan 3 (tiga) kapal, yaitu KM AWU kapasitas 2.000 orang, KM Tilong Kabila dengan kapasitas penumpang 2.000 orang, KM Gemini  Crouse dengan kapasitas 3.000 orang. Dengan 3 kapal tersebut, berarti akan tertampung 7.000 penonton di penginapan terapung. Karena, 3 kapal tersebut langsung menjadi tempat menginap para penumpang.


Pemerintah melalui Dinas Perhubungan menyiapkan 97 Bus sedang dengan kapasitas 30 orang per bus serta shuttle bus di beberapa tempat. 


Rombongan juga mengunjungi pantai yang dikelola swasta, yaitu Pelabuhan Pantai Damai Sejahtera yang bisa juga digunakan. Pelabuhan baru ini terletak di Desa Labuhan Tereng Kecamatan Lembar Lombok Barat.


Selepas dari Pelabuhan Pantai Damai Sejahtera, rombongan Dirlantas Polda NTB menuju Pelabuhan Bangsal di Kabupaten Lombok Utara, kali ini, Kadishub Kabupaten Lombok Utara dana Kabagops Polres Lombok Utara menemani rombongan Dirlantas.


Karena jalan masuk ke Pelabuhan Bangsal tergolong kecil, pemerintah menyiapkan 58 unit Mobil Hiace untuk antar jemput penonton tang menginap di Gili Matra (Meno, Air, dan Trawangan).


Masih menurut Dirlantas, untuk status kendaraan angkutan ini, ada yang berbayar yang dikhususkan untuk penonton, ada juga kendaraan swasta berbayar, " kendaraan berbayar ini harus melewati tes uji kelaikan kendaraan, kemudian driver atau supirnya harus lulus Drive Safety, dan terakhir kendaraan tersebut telah di jamin asuransinya oleh PT Jasa Raharja. 


Berbagai kekurangan yang ditemukan dalam pelaksanaan IATC dan WSBK hendaknya bisa dijadikan sebagai evaluasi untuk perbaikan berikutnya terlebih menghadapi perhelatan dunia MotoGP. Karena kata kunci untuk semua kesuksesan itu ada pada totalitas kebersamaan yang dilakukan yang harus tetap dijaga dengan sebaik-baiknya.

 

Untuk memantapkan persiapan penyelenggaraan MotoGP Maret 2022 mendatang, Presiden Jokowi telah meminta sejumlah Menteri untuk turun kembali ke Sirkuit Mandalika untuk untuk memotret berbagai ketersediaan pendukung sesuai dengan bidang tugas masing-masing kementerian dan lembaga untuk dilakukan pembenahan sebaik mungkin sebelum tibanya pelaksanaan MotoGP 2022 mendatang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dirlantas Polda NTB Tinjau Pelayanan Transportasi Penonton MotoGP di 3 Pelabuhan

Trending Now

Iklan