Iklan BNS

Muktamar NWDI, Khidmat Kepada Ummat Bangun Indonesia Maju

MandalikaPost.com
Rabu, Januari 26, 2022 | 19.35 WIB

Muktamar 1 NWDI.

MANDALIKAPOST.com - Muktamar ke-1 Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI)  akan diselenggarakan akhir Januari mendatang.


"Kegiatan Muktamar dilaksanakan Sabtu-Senin, 29-31 Januari 2022 bertepatan dengan 26-28 Jumadil Akhir 1443 H di YPH Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor, Lombok Timur," kata Ketua OC Muktamar 1 NWDI, H Irzani, dalam keterangan pers, Rabu 26 Januari 2022 di Mataram.


Ketua OC Muktamar 1 NWDI, H Irzani saat memberikan keterangan pers di Mataram.

Didampingi H Najmul Akhyar, Irzani menjelaskan, Muktamar Ke-1 NWDI mengangkat tema "Khidmat kepada ummat, bangun Indonesia maju".


Seperti diketahui Tanggal 15 Jumadil Akhir 1443 H/ 22 Agustus 2022, Madrasah NWDI telah genap berkhidmat 87 tahun sejak didirikan oleh Pahlawan Nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 15 Jumadil Akhir 1356 H/ 1937 M di Pancor.


NWDI telah menjadi sumber dan pangkal tolak perjuangan kebangsaan dan keislaman, berkhidmat untuk ummat dan membangun Indonesia maju sebagai perwujudan hubbul wathan minal iman (cinta pada tanah air) dan menjadi rahmatan lil alamin (penebar kasih sayang untuk semesta) yang terimplementasi dalam Wasathiyah Islam (Moderasi Islam) NWDI.  


Irzani menjelaskan, Muktamar sebagai forum tertinggi dalam organisasi NWDI ini bertujuan untuk membahas dan menetapkan sejumlah hal. Seperti masalah-masalah keagamaan (Al Bayanat Addiniyah), perubahan AD/ART, garis besar program NWDI lima tahun ke depan, menyusun rekomendasi terkait pergerakan dan kontribusi NWDI untuk kemaslahatan bangsa, serta pemilihan Rais ‘Am dan Ketua Umum Pengurus Besar NWDI.


Ia mengatakan, kegiatan ini akan dihadiri 1.244 orang peserta para nahdliyyin dan nahdliyyat, baik secara offline dan virtual. Perwakilan dari 27 Provinsi lain juga akan hadir, serta 4 negara perwakilan khusus yakni Arab Saudi, Mesir, Yaman dan Malaysia.


Peserta Muktamar berasal dari utusan seperti pengurus besar, pengurus wilayah, pengurus daerah, pengurus cabang, pengurus perwakilan dan pimpinan pusat badan otonom. Sedangkan peninjau muktamar berasal dari pimpinan pesantren, cendikiawan dan tokoh Agama dan masyarakat yang diundang khusus.


"Muktamar dilaksanakan dengan model Hybrid; offline di Pancor dengan Prokes ketat Covid-19 dan online melalaui platform zoom meeting," katanya.


Selain itu, untuk menambah syiar dan semarak Muktamar NWDI, Panitia menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pra Muktamar dari tanggal 17-28 Januari 2022.


Beberapa rangkaian kegiatannya antara lain Webinar Nasional, Focus Group Discussion (FGD), Talkshow, Halaqoh Alim Ulama, ground breaking pembangunan Gedung NWDI Center NTB, Peresmian Klinik Kesehatan HAMZANWADI, Kegiatan Bakti Sosial: Vaksinasi Covid-19, Donor Darah, Khitanan Massal dan Pembagian paket sembako.


Kegiatan Pra Muktamar menghadirkan tokoh bangsa, cendikiawan, akademisi, praktisi dari berbagai universitas, ORMAS Islam dan unsur pemerintahan terkait dengan aneka tema; peran ormas islam indonesia, profesionalisme guru & pondok pesantren, koperasi syariah dan lembaga keuangan syariah, sistem dakwah dan pengkaderan NWDI, hingga pengembangan buku ajar ke-NWDI-an.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Muktamar NWDI, Khidmat Kepada Ummat Bangun Indonesia Maju

Trending Now

Iklan