Iklan BNS

Dukung Pemerintah Dalam Pemulihan Pariwisata Domestik, Traveloka Utamakan Safe Travel Bagi Wisatawan Lombok

Ariyati Astini
Selasa, Maret 15, 2022 | 18.13 WIB
Wisatawan Saat Mengecek Panduan Kesehatan Melalui Save Travel yang diluncurkan Traveloka



JAKARTA - Traveloka, lifestyle superapp di Asia Tenggara, hari ini kembali menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan  pariwisata domestik, salah satunya dengan mendukung kesuksesan pelaksanaan  ajang balap internasional yang akan diadakan di Mandalika, Nusa TenggaraBarat  (NTB).  

Traveloka akan membuka booth di Area Kedatangan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, NTB untuk membagikan 1.500 paket hygiene kit, sekaligus menyediakan telekonsultasi gratis bagi wisatawan yang membutuhkan melalui fitur Chat with Doctors sepanjang periode 11-24 Maret 2022. Hal ini sekaligus bagian dari komitmen Traveloka sebagai mitra strategis pemerintah untuk mendorong penerapan safe travel dan protokol kesehatan yang ketat, sehingga mampu berkontribusi positif terhadap pemulihan ekonomi nasional, khususnya di industripariwisata.


Shirley Lesmana, CMO, Traveloka, mengatakan “Bertepatan dengan ajang balap internasional yang akan diadakan di Mandalika, data internal Traveloka menunjukkan adanya peningkatan jumlah pemesanan tiket pesawat hingga hampir dua kali lipat dalam satu bulan terakhir dengan tujuan Lombok, NTB pada Maret 2022. Selain itu, kebijakan penanganan pandemi terbaru dari pemerintah untuk tidak mewajibkan tes swab COVID-19 bagi masyarakat yang sudah vaksinasi lengkap(vaksinasi dosis kedua atau ketiga(booster)) sebagai syarat perjalanan domestik, juga kondisi pandemi yang mulai terkendali dapat menjadi sinyal positif bagi kebangkitan pariwisata, khususnya tujuan domestik. Namun,hal ini tidak boleh membuat kita lengah dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Di sini, Traveloka senantiasa berperan aktif untuk mendukung upaya pemerintah mengedepankan penerapan safe travel dan protokol kesehatan, sehingga masyarakat bisa tetap merasa nyaman dan aman dalam melakukanperjalanan.”ujarnya pada Senin(14/3/22)


Lebih lanjut, Shirley menambahkan komitmen berkelanjutan Traveloka terhadap penerapan safe travel dan protokol kesehatan juga dapat dilihat dari tersedianya produk transportasi lainnya seperti Sewa Mobil dan Antar Jemput Bandara yang sudah menerapkan Clean Trip sehingga dapat menambah rasa aman dan nyaman untuk para pelakuperjalanan  di  Lombok. Guna memberikan rasa tenang yang lebih selama melakukan perjalanan, Traveloka juga menyediakan asuransi COVID-19 gratis, yang mencakup pertanggungan biaya medis hingga Rp1,5 juta jika terinfeksi COVID-19 dan perlu menjalani rawat inap di RS atau fasilitas medis lainnya, santunan uang tunai hingga Rp1,5 juta jika terinfeksi COVID-19 dan perlu menjalani rawat inap di RS, dan pertanggungan pembatalan perjalanan hingga Rp250.000 jika didiagnosis positif COVID-19 hingga tujuh hari sebelum keberangkatan (informasi selengkapnya dapat dilihatdisini).


HenkyH.P.Manurung,Deputi Bidang Industri dan Investasi,KementerianPariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia, menyampaikan “Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah dari beberapa acara internasional, salah satunya ajang balap motor skala dunia pada Maret ini. Kami melihat momentum yang baik ini sebagai peluang untuk mendongkrak kebangkitan industri pariwisata domestik yang akan berdampak positif pada pemulihan ekonomi nasional. Penerapan protokol kesehatan dan safe travel menjadi semakin penting untuk dapat mempertahankan kondisi pandemi yang mulai pulih. "Kami sangat  mengapresiasi Traveloka dalam mewujudkan komitmennya untuk mendukung pemulihan pariwisata domestik dengan senantiasa mendorong safetravel.”katanya


Di booth Traveloka, wisatawan yang tiba di bandara Lombok akan  diperkenalkan  dan dibantu untuk menggunakan fitur Chat with Doctor yang tersedia di aplikasi Traveloka. Layanan ini memudahkan konsumen mendapat akses telekonsultasi gratis dari dokter profesional dimanapun dan kapan pun, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh atau berada di tengah waktu perjalanan. Untuk mendapatkan layanan telekonsultasi  secara gratis, konsumen hanya perlu memasukkan kode kupon yang tersedia di aplikasi Traveloka. Selama 30 menit, konsumen dapat berkonsultasi dengan para dokter profesional seputar gaya hidup sehat, keluhan atau pertanyaan terkait kesehatan umum lainnya, dan mendapat resep dari dokter ketika diperlukan. Saat ini, fitur Chat with Doctor bermitra dengan puluhan rumah sakit yang menyediakan dokter profesional meliputi dokter umum dan spesialis yang terdiri dari spesialis anak, bedah, gigi, kedokteran jiwa, kulit dan kelamin, obgyn, THT dan lain-lain. Traveloka masih akan terus memperluas kerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan terkait serta para dokter profesional guna mengembangkan fitur ini. Traveloka berharap fitur Chat with Doctor bisa menambah rasa aman dan nyaman konsumen, sekaligus melengkapi pengalaman selama melakukanperjalanan.


Selain membantu konsumen dalam memanfaatkan layanan  Chat with Doctor,  Traveloka juga membagikan total 1.500 paket hygiene kit yang berisi masker, Vitamin C, tisu basah, dan hand sanitizer untuk senantiasa membantu wisatawan dalam menerapkan protokol kesehatan. Traveloka juga menyediakan 2.500 kode kupon potongan harga yang dapat digunakan untuk pembelian seluruh produk di Traveloka. Pengunjung yang beruntung dapat berkesempatan mendapatkan hadiah kode kupon dengan bermain wheel of  fortune  di  booth Traveloka yang tersedia di Bandara Lombok.


“Komitmen penerapan safe travel merupakan salah satu bentukdukungan  Traveloka kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah, agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam berwisata sehinggamampu  mempercepat  pemulihan  industri pariwisata.” tutup Shirley.(*)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung Pemerintah Dalam Pemulihan Pariwisata Domestik, Traveloka Utamakan Safe Travel Bagi Wisatawan Lombok

Trending Now

Iklan