Iklan BNS

Bandara Sumbawa Mulai Ramai, UMKM Menuai Berkah

MandalikaPost.com
Selasa, Juni 21, 2022 | 12.18 WIB
Bandara Sultan Kaharuddin III Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

MANDALIKAPOST.com - Suasana Bandara Sultan Kaharuddin III Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) nampak ramai, Selasa siang 21 Juni 2022. Penerbangan membawa kru official pebalap MXGP Samota 2022 yang mulai berdatangan, menyedot perhatian.


Di lain sisi, para pelaku UMKM di kawasan Bandara dan sekitarnya, mengaku mulai menuai berkah. Salah satunya Asyifa Kopi, gerai UMKM yang ada di Bandara Sumbawa.


"Sudah tiga hari ini (Bandara) ramai. Alhamdulillah dampaknya penjualan kami juga meningkat, ada berkah dari MXGP ini," kata Sulastri, pemilik Asyifa Kopi, Selasa 21 Juni 2022.


Asyifa Kopi baru 4 bulan beroperasi di Bandara Sumbawa. Sulastri menyewa gerai dari pihak pengelola bandara, Angkasa Pura. Di sini menjajakan makanan dan minuman ringan, serta produk oleh-oleh UMKM seperti Kopi Sumbawa, Madu Sumbawa, dan Permen Susu Kerbau khas Sumbawa.


Menurut Sulastri, suasana ramai di Bandara Sumbawa mulai terasa sepekan terakhir. Biasanya Asyifa Kopi hanya buka hingga pukul 15.00 Wita, kini bisa sampai menjelang malam karena ada saja yang datang.


"Terutama hari Senin kemarin, ramai sekali. Dagangan juga lumayan," ujarnya.


GM Bandara Sultan Kaharudin III Sumbawa, Pono Basuki mengatakan, demand penumpang datang ke Sumbawa meningkat dampak MXGP Samota.


"Alhamdulillah untuk pesawat regular sampai saat ini masih  2 x sehari, demand penumpang datang meningkat ditunjukkan dengan tiket kedatangan penumpang pesawat ke Sumbawa sudah habis sampai dengan tanggal 24 Juni," kata Pono Basuki, Selasa 21 Juni 2022.


Ia mengatakan, untuk mendukung kegiatan MXGP Samota Sumbawa rencana juga akan ada charter flight  dari maskapai Wings Air untuk mengangkut crew dan official pebalap MXGP pada tanggal 23 Juni nanti.


Selain itu, untuk mengantisipasi demand yang tinggi, saat ini sedang diupayakan penerbangan tambahan.


"Pesawat reguler nya Wings Air dan sedang kami minta untuk penambahan extra flight ke maskapai," ujarnya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bandara Sumbawa Mulai Ramai, UMKM Menuai Berkah

Trending Now

Iklan