Iklan BNS

Bupati : MXGP Samota Entry Point Pengembangan Pariwisata Sumbawa

MandalikaPost.com
Selasa, Juni 21, 2022 | 10.24 WIB
Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah.

MANDALIKAPOST.com - Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah mengatakan event motocross internasional, MXGP Indonesia Samota 2022 bisa jadi entry point untuk pengembangan sektor pariwisata Sumbawa ke depan.


"Ya MXGP Samota ini saya pikir strategis sebagai entry point pengembangan pariwisata di Sumbawa, terutama pasca pandemi ini. Bukan hanya untuk Kabupaten Sumbawa, tetapi juga Dompu, Bima, dan secara umum NTB," kata Bupati Mahmud Abdullah, Selasa 21 Juni 2022, di Sumbawa.


Pemda Sumbawa saat ini belum bisa memastikan benefit dan perputaran uang dalam event internasional yang akan digelar 24 - 26 Juni 2022 mendatang di kawasan Samota. Namun, Pemda mendorong agar benefit bisa banyak dirasakan masyarakat terutama para pelaku UMKM.


"Kalau soal benefit dan dampak ekonomi secara pasti, baru akan kita dapat setelah event selesai. Tetapi saat ini yang kita dorong agar UMKM kita bisa maksimal merasakan dampak positifnya," katanya.


Ia memaparkan, jika setidaknya 10 ribu penonton datang ke Sumbawa untuk gelaran MXGP Samota, tentu dampak ekonomi akan dirasakan masyarakat.


"Harapan kita paling tidak UMKM kita yang lebih menerima manfaat. Jika sedikitnya 10 ribu penonton saja, dan mereka berada 3 hari di Sumbawa, kan butub makan dan minum. UMKM kita di bidang kuliner dan oleh-oleh bisa mendapat ruang karen mereka yang sediakan kebutuhan itu," ujarnya.


Pemda Sumbawa memfasilitasi stand dan lapak UMKM di sekitar areal Sirkuit Samota.


Bupati Mahmud Abdullah mengatakan, hingga saat ini sejumlah hotel dan penginapan di Sumbawa sudah penuh dan habis dibooking. Kondisi ini diperkirakan bisa sampai akhir bulan Juni.


Untuk event MXGP Samota, data terakhir yang diterima Pemda Sumbawa, selain hotel cukup banyak homestay dan rumah penduduk yang dimanfaatkan sebagai sarana akomodasi.


"Dari Pemprov NTB juga sudah menyiapkan beberapa kapal untuk hotel terapung. Saya pikir ini luar biasa," katanya.


Bupati Mahmud Abdullah menambahkan, gelaran MXGP Samota merupakan kerja kolektif semua pihak. Terutama Pemprov NTB sebagai inisiator yang sudah menetapkan Sumbawa sebagai lokasi MXGP 2022.


"Sinergitas Pemprov NTB dan seluruh pihak ini yang mensukseskan MXGP. Dampaknya bukan hanya untuk Sumbawa saja, tapi kita bicara NTB, dan lebih luas Indonesia. Karena MXGP ini event intenasional," tukasnya.


Ia berharap, masyarakat turut mensukseskan gelaran ini, dan mengajak masyarakat luas di Indonesia untuk menyaksikan keindahan alam dan keramahtamahan Sumbawa bersama event tersebut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati : MXGP Samota Entry Point Pengembangan Pariwisata Sumbawa

Trending Now

Iklan