Penonton MXGP Samota Diperkirakan Lebih 50 Ribu, Diliput Puluhan Media Internasional

MandalikaPost.com
Selasa, Juni 21, 2022 | 13.05 WIB
Komandan Lapangan MXGP Samota 2022, Ir H Ridwan Syah.

MANDALIKAPOST.com - Jumlah penonton event Motocross Internasional, MXGP Indonesia Samota 2022 diperkirakan bisa lebih dari 50 ribu orang. Event sendiri dinilai strategis untuk mempromosikan potensi pariwisata NTB, karena akan diliput oleh sekitar 50 media massa internasional dari 20 negara peserta MXGP Indonesia Samota 2022.


"Dari data terakhir sampai Selasa ini tiket terjual sudah lebih dari 30 ribu. Namun melihat animo yang tinggi InsyaAllah jumlah penonton bisa lebih dari 50 ribu orang untuk tiga hari event," kata Komandan Lapangan MXGP Samota 2022, Ir H Ridwan Syah, Selasa siang 21 Juni 2022, di kawasan Sirkuit Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.


Terkait penginapan, kata Ridwan, untuk para pebalap, official, dan tamu luar negeri, sudah disiapkan enam hotel di Kota Sumbawa Besar.


"Untuk pembalap dan seluruh rombongan tamu luar negeri, jumlahnya sekitar 300 orang, kita siapkan di 6 hotel, dan mulai hari ini sudah mulai masuk hotel secara bertahap," katanya.


Menurut Ridwan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan akomodasi untuk penonton domestik dari luar daerah NTB.


"Kita sedang siapkan akomodasi tamu, berdasarkan inventarisir itu sekitar 5 ribu sampai 10 ribu orang dari luar daerah," ujarnya.


Akomodasi yang tersedia dan sudah disiapkan saat ini antara lain 800 kamar hotel melati dan penginapan di Sumbawa dan sekitarnya, 7000 unit tenda di kawasan camping ground sepanjang teluk Saleh, dan 900 homestay yang disiapkan di rumah penduduk.


"Selain itu kita juga siapkan hotel terapung,   KRI Banjarmasin dengan 400 kamar. Besok Rabu tiba di pelabuhan Badas. Ini semua bisa jadi solusi untuk kekurangan kamar," katanya.


Ridwan menambahkan, selain animo penonton yang tinggi, MXGP Samota juga akan diliput langsung oleh sekitar 250 media massa, terdiri dari 50 media internasional dari 20 negara peserta, 100 media massa nasional, dan 100 media massa lokal.


Untuk kenyamanan liputan media massa, pihaknya telah menyiapkan dua unit Media Center yang representatif di kawasan Sirkuit Samota, Sumbawa.


Event juga akan disiarkan langsung oleh Euro Sport dan sejumlah televisi luar pemegang licency hak siar.


"Sehingga ada dua aspek yang kita dapat. Selain sukses selenggarakan MXGP Indonesia Samota 2022, kita juga promosikan maksimal potensi pariwisata NTB terutama di Samota. Kita promosikan potensi Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penonton MXGP Samota Diperkirakan Lebih 50 Ribu, Diliput Puluhan Media Internasional

Trending Now