Ini Nyamannya Ruang Tunggu Penumpang di Pelabuhan Kayangan

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 24, 2022 | 18.04 WIB
Ruang tunggu tambahan disiapkan ASDP di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur.

MANDALIKAPOST.com - ASDP memastikan kenyamanan dan kelancaran penyeberangan Kayangan, Lombok Timur - Poto Tano, Sumbawa Barat, NTB, selama gelaran MXGP Samota Sumbawa 24 - 26 Juni 2022.


GM ASDP Kayangan, Ahmad Faizal mengatakan, untuk kenyamanan penumpang pihaknya mendirikan terminal penumpang atau ruang tunggu tambahan dengan fasilitas yang nyaman.


"Kita siapkan terminal penumpang tambahan atau ruang tunggu dari tenda. Ada fasilitas AC, televisi dan juga minuman Teh dam Kopi free untuk penumpang," kata Faizal, Jumat 24 Juni 2022.


Dijelaskan, arus transportasi di penyebarangan Kayangan, Lombok Timur - Poto Tano, Sumbawa Barat tercatat mulai meningkat tiga hari terakhir. Event MXGP Samota Sumbawa yang digelar 24 - 26 Juni 2022 menjadi pemicu peningkatan trafic.


Faizal mengatakan, puncak peningkatan trafic penyeberangan diperkirakan akan terjadi mulai Jumat malam 24 Juni hingga Sabtu 25 Juni 2022.


Peningkatan terjadi untuk kendaraan bus penumpang, mobil station, dan juga sepeda motor.


Untuk mengantisipasi lonjakan traffic penyeberangan, pihaknya menyiapkan kapal ekstra.


"Tiga hari ini peningkatannya sekitar 4 persen, akan tetapi kita perkirakan akan naik lagi Jumat malam hingga Sabtu, karena puncak MXGP Samota kan pada hari Minggu 26 Juni," kata Faizal.


Ia memaparkan, saat ini jumlah armada Kapal tersedia di penyeberangan Kayangan - Poto Tano sebanyak 24 kapal. Berdasarkan jadwal normal, setiap hari 10 kapal yang beroperasi.


"Tapi untuk antisipasi lonjakan, kita sudah siapkan kapal ekstra," ujarnya.


Event MXGP Samota Sumbawa menurut dia sangat strategis untuk promosi wisata pulau Sumbawa. Karena itu pihak ASDP akan mendukung dengan optimal.


Keamanan dan kenyamanan selama penyeberangan Kayangan - Poto Tano menjadi fokus dan prioritas ASDP.


Selain menyiapkan kapal ekstra, ASDP Kayangan juga membangun terminal penumpang tambahan, perluasan areal parkir, dan penambahan loket.


ASDP juga memastikan kapal-kapal yang melayani penyeberangan menerapkan standar kebersihan dan CHSE.


Selain itu, untuk memecah antrian kendaraan di saat puncak balik pasca MXGP Samota, ASDP juga menambah lahan parkir di pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat.


"Yang jelas ASDP berbuat maksimal demi kenyamanan dan kelancaran penyeberangan, terutama saat MXGP Samota berlangsung dan pasca event," ujar dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Nyamannya Ruang Tunggu Penumpang di Pelabuhan Kayangan

Trending Now