Iklan BNS

Punya Lima Spot Menarik, Sumbawa Promosikan Wisata Sejarah

MandalikaPost.com
Selasa, Juni 21, 2022 | 19.05 WIB
Eksotisme Istana Dalam Loka, Sumbawa.

MANDALIKAPOST.com - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa mendorong promosi dan pengembangan Wisata Sejarah di Kota Sumbawa.


"Kita punya 5 spot wisata sejarah atau heritage di Kota Sumbawa. Ini yang akan kita dorong karena berpotensi menjadi destinasi wisata," kata Kepala Dinas Dispopar Kabupaten Sumbawa, Irawan Subekti, Selasa 21 Juni 2022 di Sumbawa.


BACA JUGA : 10 Destinasi Menarik di Sumbawa dan Sumbawa Barat yang Sayang Jika Dilewatkan


Dijelaskan, lima spot tersebut antara lain bangunan Istana Dalam Loka yang merupakan istana Kesultanan Sumbawa, Istana Bala Kuning yang merupakan kompleks kediaman Sultan Sumbawa, Istana Bala Pekak yang merupakan tempat kediaman Patih Kesultanan, serta Gendung Kontrol zaman kolonial Belanda.


"Lima spot ini masih terjaga bentuk bangunan dan juga sebagian peninggalannya. Jadi bisa untuk wisata pendidikan, penelitian dan juga spot fotografi," kata dia.


Menurutnya, spot wisata sejarah di Sumbawa ini juga akan dikunjungi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa dalam kunjungannya Rabu 22 Juni 2022 ke Sumbawa.


Irawan mengatakan, wisata sejarah akan menjadi salah satu alternatif wisata minat khusus di Sumbawa. Selain wisata konvensional yang mengandalkan keindahan panorama alam dan pantai, menurutnya, potensi wisata minat khusus di Sumbawa juga cukup besar.


"Bu Deputi akan kita ajak ke beberapa destinasi wisata minat khusus juga, seperti ke Desa Wisata Batu Dulang di ketinggian  969 mdpl dan menjadi sentra ekowisata Sumbawa," katanya.


Ia mengatakan, event MXGP Samota 2022 harus dijadikan trigger pembangunan sektor kepariwisataan Sumbawa secara umum. Sebab sektor ini merupakan sektor yang memiliki dampak domino positif yang cukup besar jika dikelola dengan baik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Punya Lima Spot Menarik, Sumbawa Promosikan Wisata Sejarah

Trending Now

Iklan