Rinjani Color Run 2022 Masuk Kalender Event Tahunan Lombok Timur

Rosyidin
Jumat, Agustus 05, 2022 | 22.10 WIB
RAPAT: Rapat Panitia Penyelenggara Peringatan HUT RI ke-77 Ringkat Kabupaten Lombok Timur Tahun 2022. (Foto/Rosyidin/MP)

MAMDALIKAPOST. com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur menjadikan event Rinjani Color Run (RCR) 2022, jadi ikon sport turisme di daerah setempat yang digagas oleh Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Nusa Tenggara Barat yang akan digelar pada 20 Agustus 2022 mendatang.


Hal itu dikatakan oleh Sekertaris Daerah Lombok Timur, HM Juaeni Taofik dalam acara rapat panitia penyelenggara peringatan HUT RI ke 77 tingkat kabupaten Lombok Timur tahun 2022. Berlangsung di Rupatama 1 kantor Bupati, Kamis (4/7) kemarin.

"Kami akan jadikan event RCR ini, jadi event tahunan daerah kita sebagai salah satu sport turisme", katanya.

Taofik menyebutkan, Pemda Lotim mendukung sepenuhnya event ini dan menjadi bagian rangkaian acara untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Lombok Timur pada 31 Agustus.

"Event ini bagian dari rangkaian acara peringatan HUT Lotim, seperti halnya event-event yang akan kita selenggarakan pada waktunya nanti", ucapnya.

"RCR bukan sekedar lomba lari, peserta maupun masyarakat umum diajak seruput kopi Sembalun bersama Kemenparkarf
pak Sandiaga Salahudin Uno,  di ketinggian 1056 Mdpl", sambungnya.

Diharpkan hadirnya event tersebut, bisa memberikan dampak positif kepada dunia pariwisata dan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di wilayah kaki Gunung Rinjani dan Lombok Timur.

"Semoga dengan adanya event RCR ini, bisa meningkatkan incam masyarakat yang berda di wilayah lingkar Rinjani. Khususnya warga Sembalun di pasca Pandemi Covid-19", harap Taofik.

Kadispar Lotim, Drs Iswan Rahmadi, MM menambahkan. Pemkab Lombok Timur siap mengakomodir kebutuhan teman-teman panitia RCR untuk mendukung kesukseskan acara tersebut.

"Kita siap mengakomodir apa pun kebutuhan panitia RCR di lapangan, toh juga event ini kan tujuannya menggairahkan dunia pariwisata yang selama ini pakum disebabkan Pandemi Covid-19", kuatnya, saat dikonfirmasi via Whatsapp. Jumat (5/8).

Bukan hanya itu bentuk dukungan Pemda, lanjut matan Camat Sembalun ini. Termasuk memasukan RCR di kalender event tahunan daerah setempat, seperti Sembalun KOM, Rinjani 100, festival tenun, festival dulang dan masih banyak lagi.

"Makanya kita tantang kesiapan teman-teman panitia, RCR ini kita akan masukkan jadi event tahunan daerah kita. Siap gak event ini digelar lagi tahun depan, kita tunggu dulu kepastian dari kepala LKBN Antara Biro NTB pak Riza Fahriza yang menggas RCR", ujar Iswandi.

Menurutnya, semakin banyak event digelar di wilayah daerah setempat itu menandakan masyarakat daerah itu maju dan berpotensi untuk dikembangkan.

"Bagus itu, semakin banyak event digelar ditempat kita itu nilai plus buat daerah. Artinya mengangkat perekonomian  masyarakat dari sektor pariwisata", ucap Iswandi.

Terlebih event ini digelar dalam rangkaian dari kegiatan menyambut peringatan HUT RI ke-77 dan HUT Lombok Timur. " Saya mengajak seluruh masyarakat Lombok Timur, tak terkecuali warga Sembalun untuk mensukseskan dan mendukung event RCR ", imbuhnya.

Sementara itu, Kabiro LKBN Antara NTB, Riza Fahriza, mengatakan tujuan diselenggarakannya event ini tidak lain untuk menggairahkan dunia pariwisata dan sektor UMKM di NTB. Terlebih lagi di ajang ini, sebanyak 5.000 peserta akan bersama-sama menikmati Kopi Sembalun secara bersama-sama.

"Ingat ya ngopi sebnayak 5.000 Peserta itu buhkan hanya berlaku untuk peserta lomba saja, juga berlaku untuk masyarakat umum. Artinya siap saja ayok bergabung iku minum kopi khas Sembalun", ujar Riza.

Kita semua sudah tahu keindahan alam di NTB ini luar biasa tidak ada yang menandingi. Bak surga yang diturunkan ke bumi. Terlebih lagi dengan Gunung Rinjani,“ katanya.

Setidaknya, lanjut Riza melalui event ini akan menjadi ikon sport turisme bagi Lombok Timur. "Bahwa di Gunung Rinjani ada juga Color Run setiap tahunnya hingga wisatawan lokal, nasional sampai internasional akan memiliki agenda tahunan ke Pulau Lombok,“ jelasnya

Dalam ajang itu juga, akan dihadirkan pameran UMKM baik sektor makanan maupun kerajinan tangan.

Peserta juga akan menikmati kopi dan hiburan musik dari modern sampai tradisional.

Acara ini digelar pada hari Sabtu 20 Agustus 2022 tinggal dua minggu lagi, meski demikian sambung Riza. Hingga saat ini tercatat peserta yang sudah mendaftarkan diri mengikuti RCR 2022 sekitar 700 orang lebih.

“Yang mendaftar bukan hanya dari Pulau Lombok saja, namun  dari berbagai derqh di Indonesia. Yakni dari Bandung, Jakarta, Depok, Malang, Bali, Yogya, serta Surabaya,“ terangnya.

Peserta dijamin akan terpana melihat bentangan alam nan indah yang siap memanjakan mata para peserta lomba.

"Karena itulah kita pusatkan kegitannya di Sembalun, Rinjani kan ikonnya NTB, dan jualan kita di event Rinjani. Kalau orang menyebutnya Rinjani pasti orang tau Lombok, “ pungkasnya.

Untuk diketahui, yang ikut dalam lomba ini pun dari sejumlah wisatawan asing yang ikut mendaftarkan diri mengikuti Rinjani Color Run yang bisa menikmati berlari santai di ketinggian 1.056 Mdpl.

"Bule juga ikut tuh berpartisipasi, masak kita gangguan rumah tidak ikut. Terlepas dari itu, saya minta dukungan semua masyarakat Lombok Timur  dan wrga Sembalun khususnya untuk sama-sama kita suksesnya RCR ini", tutupnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rinjani Color Run 2022 Masuk Kalender Event Tahunan Lombok Timur

Trending Now