Iklan BNS

Faozal : Harhubnas 2022, Momentum Transportasi NTB Gemilang

MandalikaPost.com
Selasa, September 06, 2022 | 20.57 WIB

 

Dinas Perhubungan NTB dan ASDP serta stakeholders Perhubungan melakukan kegiatan clean up di kawasan Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

MANDALIKAPOST.com - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB H Lalu Moh Faozal mengatakan, peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022 menjadi momentum menuju Transportasi NTB Gemilang.


"Tema Harhubnas secara nasional tahun 2022 ini adalah Bangkit Maju Bersama. Di NTB Harhubnas akan menjadi momentum untuk kita mewujudkan Transportasi NTB Gemilang," kata Faozal, Selasa 6 September 2022, di sela kegiatan Clean Up di Pelabuhan Lembar Lombok Barat.



Puncak peringatan Harhubnas akan dilakukan pada 17 September 2022 mendatang. Dinas Perhubungan NTB telah menyusun rangkaian kegiatan menuju peringatan Harhubnas.


Kegiatan itu antara lain menyelesaikan masalah Hambatan Samping, Penegakan Hukum, Bhakti Sosial, Simulasi Keselamatan Pelayaran, Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas, dan Utilitas Pembersihan Rambu Jalan. 


"Jadi Harhubnas di NTB kita benar-benar hadir pada masalah-masalah perhubungan. Seperti lalulintas, rambu jalan, dan juga kesadaran masyarakat kita untuk tertib berlalu lintas," katanya.


Mantan Kadispar NTB ini menekankan, sarana lalu lintas dan unit tranportasi di NTB akan terus didorong memehuni standar CHSE, selain aspek keselamatan dan kenyamanan.


Menurut dia, transportasi NTB Gemilang mencerminkan standar keamananan dan kenyamanan baik transportasi udara, darat dan laut di wilayah NTB ini.


Kegiatan clean up atau bersih-bersih di kawasan pelabuhan Lembar, Lombok Barat juga dilakukan untuk mengedukasi masyarakat. Sebab pelabuhan Lembar menjadi salah satu wajah NTB sebagai pintu masuk dari Bali. 


"Selain di Lembar, kita juga akan lakukan clean up ini di pelabuhan Kayangan, Lotim. Jadi sepanjang kegiatan kita lakukan sosialisasi dan juga langsung memberikan contoh yang menginspirasi masyarakat. Apalagi daerah kita ini adalah destinasi pariwisata," katanya.


Sosialisasi tertib berlalulintas dilakukan Dinas Perhubungan NTB di SMA Negeri 1 Narmada, Lombok Barat.

Di hari yang sama, Dishub NTB juga menggelar kegiatan sosialisasi tertib berlalulintas bagi para pelajar di SMA Negeri 1 Narmada, Lombok Barat.


Faozal mengatakan, kegiatan serupa juga akan dilakukan di sejumlah sekolah lainnya.


Seperti diketahui, pada peringatan Harhubnas 2022 kali ini, Kementerian Perhubungan mengusung tema “BANGKIT MAJU BERSAMA”.


Faozal mengungkapkan, makna filosofisnya saat ini dunia tertimpa pandemic Covid-19, begitu pula dengan Indonesia, di mana pandemik ini menimbulkan diseluruh sektor transportasi. 


"Namun Indonesia tidak hanya berdiam saja, kita bangkit dengan adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia," ujar dia.


Ia mengatakan, bangsa Indonesia yang besar memiliki asa atau harapan untuk bangkit kembali. 


"Begitu pula Kementrian Perhubungan memiliki semangat untuk mewujudkan harapan kedepan untuk Indonesia Maju, Pembangunan sektor transportasi terus dilakukan , perubahan perubahan terhadap regulasi terus dilakukan saat adaptasi kebiasaan baru ini, untuk mampu memberikan pelayanan transportasi yang selamat, aman, nyaman serta sehat," katanya.


Tentang Harhubnas


Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) diperingati setiap tanggal 17 September. Peringatan Harhubnas ini didasarkan pada Keputusan Menteri Perubunngan Nomor SK. 274/G/1971 pada tanggal 26 Agustus 1971.


Keputusan Menteri tersebut memuat tentang Hari Perhubungan Nasional, hari jadi atau hari bakti dari setiap organisasi/lembaga sektor perhubungan disatukan menjadi Harhubnas yang kemudian diperingati setiap tanggal 17 September.


Sesuai dengan SK. 274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 peringatan Harhubnas memiliki 3 tujuan utama, yaitu:


  1. Meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa insan perhubungan dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya.
  2. Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik.
  3. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan Lima Citra Manusia Perhubungan.


Peringatan Harhubnas setiap 17 September bukan semata-mata untuk mengenang hari kelahiran atau ulang tahun suatu organisasi/lembaga di bidang Perhubungan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah di bidang perhubungan yang memberikan inspirasi/motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia dengan tujuan efisien dari segi waktu dan biaya.


Harhubnas menjadi bagian dalam daftar hari penting nasional dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dari empat sektor transportasi (Darat, Laut, Udara, dan Perkeretaapian) yang terintegrasi dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui menteri perhubungan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan berkomitmen terus meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Transportasi yang saling bersinergi dalam mewujudkan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat di seluruh Indonesia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Faozal : Harhubnas 2022, Momentum Transportasi NTB Gemilang

Trending Now

Iklan