Iklan BNS

Kades Sembalun Timba Gading Pimpin Pelantikan dan Sumpah Jabatan Kawil Dusun Dasan Bantek II

Rosyidin
Rabu, September 14, 2022 | 17.38 WIB
PELANTIKAN: Kades Sembalun Timba Gading Saat Memberikan Sambutan Dalam Pelantikan Kepala Wilayah Dusun Dasan Bantek II di Aula Kantor Desa Setempat. (Fhoto Rosyidin/MP).


MANDAIKAPOST.com - Kepala Desa (Kades) Sembalun Timba Gading, Ridwan Hardi memimpin prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Safwan, sebagai Kepala Wilayah (Kawil) Dusun Dasan Bantek II (Dua) yang digelar di Aula Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun Lombok Timur, Rabu (14/9).

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Sembalun yang diwakili Sekcam, Kapolsek Sembalun, Koramil 1615 Sembalun, BPD dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Ridwan Hardi menyampaikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini. Merupakan salah satu rangkaian pengisian jabatan yang telah ditentukan berdasarkan sesuai dengan peraturan Bupati (Perbup) Lombok Timur nomer 6 tahun 2018 tenteng. Tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dan staf perangkat desa.

"Berdasarkan peraturan itulah kita mengangkat satu Kawil (Kadus), dilingkup wilayah kerja Pemdes Sembalun Timba Gading", terangnya.

Mengingat lanjutnya, untuk mempermudah pelayanan di masyarakat dengan pertimbangan jumelah KK dan wilayah di Dusun Dasan Bantek desa setempat sangat layak untuk mekar.

Tentunya semua itu melalui pengkajian dan proses panjang, tidak serta merta kehendak Pemdes setempat. Artinya dari berbagai aspek terutama dari anggaran dana desa (ADD) dana anggaran pendapatan desa (APBdes).

"Tujuan kita kan, untuk memaksimalkan pelayanan di masyarakat. Selain itu dari segi anggaran kita mampu, kenapa tidak satu dusun kita jadikan dua Kawilnya", ujar Ridwan.

Ridwan mengatakan lebih lanjut, khususnya untuk Safwan yang baru dilantik. Tunjukkan integritas, karena integritas pegawai merupakan yang terbaik di semua lini pembangunan dalam mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan sejahtera.

"Seorang pemimpin dibutuhkan human capital yang cerdas, cekatan, profesional, royalitas, berkemampuan dan bermental baik. untuk dapat melaksanakan pemerintahan yang baik di lingkungan wilayah kerja maupun desanya", katanya.

Orang nomer satu di desa setempat, berharap kepada pejabat yang baru dilantik, untuk bersama-sama dapat membantu memajukan desanya. Yakni, Menggunakan keahlian, kompetensi yang dimiliki.

"Harapan kita kepada saudara Safwan, untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan pelayanan publik dengan kerja cepat. serta melahirkan inovasi berdaya guna bagi masyarakat", harap Ridwan.

Namun semua itu, sambung Ridwan tidak ada gunanya jika tidak ada dukungan dari masyarakat setempat. Menurutnya kalau hal itu terjadi pada seorang pemimpin, mustahil akan terwujud suatu pemerintahan yang sehat.

"Tidak ada gunanya seorang pemimpin itu pintar, cerdas dan memiliki kompetensi yang mumpuni jika tiada ada dukungan dari masyarakat", pungkasnya.

"Apapun permasalahan dalam kepemimpinannya nanti, datang langsung ke rumahnya. Itulah yang saya maksud salah satu bentuk dukungan masyarakat, jangan sampai bicara dibelakang karena itu tidak baik", sambung Ridwan.

Sekcam Sembalun Abdul Halid SH mengatakan dalam sambutannya, khusus kepada Kawil yang baru dilantik. Jangan gengsi untuk belajar dan bertanya ke seniornya apa saja yang belum diketahui.

"Silahkan tanyakan apa saja yang belum diketahui, jangan gengsi. Karena ini demi kemajuan pelungguh", ucapnya.

Diharapkan dengan adanya Kawil baru ini, dapat memberikan penyegaran dan meningkatkan kinerja di wilayah Pemdes setempat. Sehingga apa hajatan bersama untuk memudahkan pelayanan ditengah masyarakat bisa terwujud.

"Semua pihak, mulai dari pimpinan sampai bawahan harus punya komitmen yang kuat. Serta punya pola pikir dan budaya kerja sama sehingga apa yang diharapkan itu benar-benar berhasil", pesan Halid sebelum mengakhiri sambutannya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kades Sembalun Timba Gading Pimpin Pelantikan dan Sumpah Jabatan Kawil Dusun Dasan Bantek II

Trending Now

Iklan