Iklan BNS

Utamakan Tranparansi Proses DAK 2022, Ini yang Dilakukan Dikbud NTB

MandalikaPost.com
Rabu, September 14, 2022 | 18.30 WIB
Validasi dan verifikasi suplier DAK Bidang SMA di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB.

MANDALIKAPOST.com - Pengumuman daftar suplier DAK Fisik 2022 Bidang SMA sudah dipublish Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB pada Senin 12 September 2022. 


Namun, pengumuman belum bersifat final. Masih ada tahap verifikasi dan validasi dokumen, dan juga tahap negosiasi untuk menetapkan suplier yang terpilih.


Untuk menjaga transparansi, Dinas Dikbud NTB menggelar pertemuan, Rabu 14 September 2022, dengan para suplier yang masuk shortlist dalam pengumuman sebelumnya.


PPK DAK Fisik 2022 Bidang SMA, Lalu Sucandra Wibawa ST mengatakan, pertemuan tersebut dilakukan sebegai tindaklanjut pengumuman.


"Sejatinya pertemuan ini untuk menindaklanjuti pengumuman yang sudah tayang (hari) Senin terkait dengan penjadwalan negosiasi. Tetapi sebelum melangkah ke sana, kami saat ini melakukan verifikasi dan validasi dari data dokumen kualifikasi yang sudah disampaikan para suplier ke kami," kata Candra, Rabu 14 September 2022, usai pertemuan dengan para suplier di Dinas Dikbud NTB.


Candra menjelaskan, suplier yang hadir dalam pertemuan merupakan yang masuk shorlist para calon suplier yang ada dalam pengumuman.


Selain melakukan validasi dan verifikasi dokumen kualifikasi, pertemuan juga dilakukan untuk memberikan pengarahan terkait hal teknis menyangkut pemenuhan harga yang akan dilakukan selanjutnya.


"Intinya dari pengumuman Senin itu belum bisa dikatakan final. Karena ada tahap negosiasi. Pengumuman itu hasil shortlist dari hasil kualifikasi yang kami lakukan penilaian," katanya.


Dipaparkan, dalam pengumuman, setiap SMA memiliki shorlist tiga calon suplier. Ketiganya akan dinilai lagi pada tahapan verifikasi, validasi dan negosiasi nantinya.


"Setelah negosiasi maka dari 1, 2, dan 3 ini akan dinilai kemampuannya lagi. Bukan hanya soal kerendahan penawarannya tetapi berdasarkan indeks kemahalan juga. Nah, dari hasil negosiasi itu kemudian akan kita putuskan siapa yang akan kami gunakan dan membuat kontrak selanjutnya," ujar dia.


Candra menekankan, kelengkapan dokumen kualifikasi dan tahap negosiasi menjadi dua hal penting yang akan menentukan sipa menjadi suplier.


"Jadi kelengkapan dokumen dan negosiasi ini dua hal yang penting. Dan dalam tahap ini kami lakukan dengan baik untuk menjaga transparansi," katanya.   


Candra mengaku optimistis, DAK Fisik 2022 Bidang SMA Dinas Dikbud NTB ini akan terlaksana dengan baik dan tepat waktu. Sebab, Dikbud NTB senantiasa melakukan progress percepatan.


"Kami optimis karena kami melakukan progress percepatan. Dan kami juga harus cermat dan teliti, berapa tenaga digunakan dan kecepatan waktunya," tegas dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Utamakan Tranparansi Proses DAK 2022, Ini yang Dilakukan Dikbud NTB

Trending Now

Iklan