Mitro Nanto Resami Nahkodai DPC PJS Boalemo

Rosyidin
Jumat, September 02, 2022 | 17.18 WIB
Rarapat pembentukan Struktur organisasi DPC PJS Boalemo.

MANDALIKA POS.com — Wartawan Boalemo Mitro Nanto terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) Kabupaten Boalemo.

Penetapan dirinya dilakukan melalui rapat pembentukan Struktur organisasi DPC PJS Boalemo ini dipimpin Zainudin Libunelo selaku Wakil Ketua I Pengurus DPD PJS Provinsi Gorontalo berlangsung di RM Tindarong. Kamis 1 September 2022.

Mitro dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para jurnalis di Boalemo terhadap dirinya dan menegaskan, jika kehadiran PJS bukan merupakan organisasi tandingan atau pesaing dari organisasi lain.

"Terimakasih kepada semua teman-teman yang telah mempercayai saya, sebagai ketua DPC PJS Kabupaten Boalemo. PJS bukan menjadi pesaing terhadap organisasi pers yang sudah ada di Kabupaten Boalemo dan di provinsi Gorontalo", tegas Mitro Natno, saat didampingi Sekretaris Arten Masiaga dan Bendahara Zulkarnain Dwi Cahyo Hunowu.

Tetapi, lanjut Mitro untuk memperkuat eksistensi pers di Gorontalo. Lebih khusus di Kabupaten Boalemo dengan mendorong wartawan di daerah untuk melaksanakan fungsi pers secara profesional, sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Dewan Pers.

Dirinya berharap, agar PJS mampu mewujudkan visi dan misi PJS untuk menjadikan jurnalis yang kompeten dengan mengikuti UKW yang diselenggarakan oleh Lembaga Uji dibawah naungan Dewan Pers. 

"Hadirnya organisasi PJS, semoga bisa menjadi wadah bagi para jurnalis atau wartawan di Boalemo untuk lebih kompeten dan professional sebagaimana yang menjadi visi dan misi dari PJS itu sendiri,” harap Mitro Nanto.

Mitro mengajak kepada rekan-rekan pers yang sudah tergabung di PJS Boalemo, lebih solid dan kompak dalam menjalankan program serta visi dan misi PJS di Kabupaten Boalemo yang merupakan juga daerah Ketua Umum PJS Mahmud Marhaba.

Sementara itu, Ketua DPD PJS Provinsi Gorontalo, Muzamil Hasan menyampaikan apresiasi terbentuknya PJS Boalemo. Boalemo merupakan daerah yang kelima terbentuknya DPC PJS di provinsi ini.

"Selamat bergabung di PJS, mari kita jaga marwah dan besarkan organisasi PJS di bumi serambi madinah ini," ujar Muzamil.

Muzamil berharap, pengurus PJS Boalemo segera merampung administrasi, karena hal ini sangat penting untuk mempercepat keluarnya SK dari DPD PJS.

Di tempat terpisah, Ketua Umum DPP PJS, Mahmud Marhaba, saat diminta tanggapannya soal terbentuknya kepengurusan PJS Boalemo, menjelaskan. Pada dasarnya, Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) merupakan wadah berhimpunnya jurnalis dari berbagai jenis berbasis digital.

Selain itu, sebagai jawaban atas situasi dan kondisi sejumlah wartawan di negeri ini yang dilabeli oleh public dan wartawan lainnya sebagai wartawan “Bodrex’.

“PJS hadir sebagai jawaban atas kondisi itu. Makanya di PJS ini sudah mulai kita ramu dan framing, formulasi mementahkan label tersebut dengan program pendidikan dan pelatihan yang bermuara pada pelaksanaan UKW di setiap daerah yang akan jadi agenda kerja kita secara berkesinambungan,” jelas Mahmud, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya. Jum’at 2 September 2022.

PJS akan menampung para jurnalisi yang selama ini terabaikan, terpinggirkan dan sering dilabeli wartawan bodrex.

"Kita mau jadikan mereka kompeten dan professional, sehingga menjadi setara dengan jurnalis lainnya. Untuk menjaga marwah pers sebagai pilar demokrasi keempat di tanah air,” tegas Mahmud, yang mampu menghantar JMSI sebagai konstituen Dewan Pers.

Mahmud mengucapkan Selamat bekerja kepada, Ketua DPC Boalemo dan jajaran pengurusnya. Dan ia pun minta, sinergitas antara PJS dengan semua pihak akan senantiasa tetap terbangun.

"Bersinergi dengan semua pihak bukan berarti melepaskan kapasitas dan fungsi jurnalis sebagai kontrol sosial. Segera lengkapi adminstrasi yang dibutuhkan dan wajib diikuti oleh DPC lainnya,” pinta Mahmud sang motivator itu.*[]
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mitro Nanto Resami Nahkodai DPC PJS Boalemo

Trending Now