Iklan BNS

Dies Natalis Ke-3, Undikma Mataram jadi Kampusnya Para Juara

MandalikaPost.com
Senin, Oktober 10, 2022 | 15.20 WIB
Perayaan Dies Natalis ke-3 Undikma Mataram.

MANDALIKAPOST.com - Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) yang sebelumnya bernama IKIP Mataram dan Universitas NTB merayakan ulang tahun ke-3, Senin 10 Oktober 2022. 


UNDIKMA berdiri pada tanggal 10 Oktober 2019 dengan SK Menristekdikti Nomor 953/KPT/I/2019.


Puncak perayaan Dies Natalis ke-3 dilaksanakan pada Senin 10 Oktober 2022 bertempat di Aula Handayani, dihadiri oleh Asisten II Setda Provinsi NTB, Wakil Rektor I Universitas Mataram, Pimpinan OPD Provinsi NTB dan Kota Mataram, Pejabat Polres Mataram, Bank Indonesia, BNI Mataram, Pengurus Yayasan, Pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa UNDIKMA.  


Acara puncak Dies Natalis diisi dengan berbagai rangkaian acara seperti penandatanganan kerjasama dengan Universitas Mataram dan penyerahan bantuan bibit dari Bank Indonesia, serta pembagian hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka memperingati Dies Natalis UNDIKMA ke-3.


Ketua Panitia Ni Ketut Alit Suarti mengatakan di usia yang ke tiga tahun, UNDIKMA menjelma menjadi perguruan tinggi swasta yang prestisius dengan berbagai prestasi, fasilitas dan atmosfir akademik yang nyaman dan berkualitas.


Alit mengatakan bahwa efek dari semua itu adalah munculnya kepercayaan dari masyarakat. Terlihat dari animo masyarakat yang sangat tinggi untuk melanjutkan studi di kampus yang dikenal dengan Kampusnya Para Juara.


"Tahun 2017 sampai 2022, animo untuk kuliah di UNDIKMA terus  meningkat. Seperti pada tahun 2020 jumlah mahasiswa baru 1.200 orang, di tahun  2021 jumlah mahasiswa baru 1.480 orang, dan di tahun 2022 mengalami peningkatan drastis menjadi 2.052 orang yang tersebar pada 20 program studi," kata Alit. 


Sementara itu, Rektor UNDIKMA Prof. Kusno, DEA.,Ph.D dalam pidato laporannya, mendaku,  saat ini fasilitas kampus terus ditingkatkan baik dari aspek kualitas dan kuantitas seperti fasilitas belajar berupa ruang kelas yang nyaman dan laboratorium sesuai standar kebutuhan praktikum. 


Begitu juga dengan fasilitas penunjang seperti ketersediaan wifi yang dapat di akses di semua area kampus.


"Dari aspek sumber daya dosen, saat ini dosen UNDIKMA berjumlah 299 orang dengan kualifikasi akademik S2 berjumlah 260 dan S3 berjumlah 39 orang. Dari jumlah tersebut yang telah memiliki sertifikat dosen sebanyak 234 dan yang belum 65 orang yang  saat ini sedang menunggu status eligible," katanya.


Guru besar bidang matematika ini manyampaikan bahwa dalam bidang penelitian, saat ini UNDIKMA menempati kluster UTAMA dan kluster SANGAT BAGUS untuk bidang pengabdian. 


Pada tahun 2022, Undikma menempati urutan pertama PT yang paling banyak menerima hibah penelitian di lingkungan LLDIKTI Wilayah VIII, terdiri dari skim desentralisasi dan kompetitif nasional. 


"Saat ini, LPPM Undikma terus melakukan inovasi dalam meningkatkan produktivitas dosen dalam melaksanakan Tri Dharma PT khususnya bidang penelitian dan pengabdian," ujarnya. 


UNDIKMA melalui LPPM telah memiliki penerbit buku bereputasi dan telah menjadi anggota IKAPI dengan nomor sertifikat anggota: 011/Anggota Luar Biasa/NTB/2021. Selain itu, Undikma memiliki Unit Hak Kekayaan Intelektual untuk mendukung dan melindungi hak kekayaan intelektual dosen dalam mengembangkan teknologi, karya seni dan lainnya. 


LPPM juga telah memfasilitasi dosen dalam melakukan desiminasi hasil penelitian dan pengabdian melalui jurnal penelitian dan pengabdian. Saat ini, Undikma telah memiliki 13 jurnal terakreditasi yang terdiri dari Sinta 2, Sinta 3, Sinta 4 dan 5. Produktivitas dosen Undikma pada tahun 2022 paling tinggi dibandingkan universitas swasta lainnya di Provinsi NTB. Hal ini diukur dari perolehan sinta score 3 year dibagi jumlah author dengan nilai sebesar 126.67.


Prof. Kusno juga memaparkan  implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNDIKMA melalui Lembaga Pendidikan Pembelajaran dan Pelatihan Microteaching (LP3M) telah melakukan terobosan melalui berbagai  program yang bersinergi dengan  pemerintah seperti program SMK Pusat Keunggulan (SMKPK) yaitu program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan.


UNDIKMA menjadi perguruan tinggi mitra/pendamping pelaksana SMKPK pada beberapa SMK di Indonesia. Tahun 2021 melakukan pendampingan pada SMKN 3 Mataram, SMKN 2 Mataram, SMKN Priggabaya dan SMKN Beringin Jaya Kabupaten Dompu. 


Selanjutnya di tahun 2022 UNDIKMA Kembali mendapat kepercayaan sebagai mitra/pendamping SMKPK pada tiga sekolah negeri dan satu sekolah swasta yaitu SMKN 2 Mataram, SMKN 3 Mataram, SMKN 2 Kupang (NTT) dan SMK Hermon Timika (Papua).


Dalam bidang prestasi mahasiswa, pada tahun 2021/2022, mahasiswa UNDIKMA telah mencatatkan prestasi pada berbagai bidang antara lain bidang olahraga, L.M. Zohri Juara Dunia atletik yunior, Deri Agus Susnato Juara 1 Kejurnas MMA, Aldias Aqsa Ismaya Juara 1 Kejurnas  Oneprix Indonesia Championship dan Ahmag Zigi Zaresta Yuda (Juara dunia karate) dan M. Wahyu Hidayat (Juara 3 Futsal PON Papua 2021).


Bidang seni budaya, Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan atas nama Sasmita Mayutistira berhasil menjadi Top 2 Kategori Remaja dan menjadi Runner Up 1 Puteri Pendidikan Remaja Nusantara yang digelar oleh Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia (IPPI).


Bidang bahasa, Mahasiswa Prodi Bahasa Pendidikan Bahasa Inggris atas nama Firmansyah meraih Silver Medal dan menjadi satu-satunya peserta dari wilayah LDDIKTI 8 yang masuk Top 10 Best Speaker Novice Kategory yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud.


Bidang Sains dan Teknologi:


- Tiga mahasiswa FSTT berhasil memenangkan PKM 2021


- Satu mahasiswa FSTT untuk kedua kalinya memenangkan hibah PKM Artikel Ilmiah 


- Lilis Cahyani memenangkan olimpiade nasional MIPA bidang Kimia yang diselenggarakan oleh Puspenas Kemendikbud tahun 2021


- Agus Mulia Bakti dan Muhammad Nur N. Juara 1 Lomba menulis Esai nasional tahun 2020


- Rahmi Hidayati prestasi dalam lomba menulis cerpen dengan predikat “penulis terpilih”


Mahasiswa UNDIKMA setiap tahun menerima beberapa jenis beasiswa dari berbagai sumber:


- Bidikmisi/KIP Kuliah TA 2022/2023


- Bidikmisi on going sebanyak 192 mahasiswa


- KIP Kuliah on going sebanyak 337 mahasiswa


- KIP Kuliah Angkatan 2022 sebanyak 97 mahasiswa


- Beasiswa Bank Indonesia untuk 100 orang mahasiswa (selama 2 tahun/2021 dan 2022)


- Beasiswa Tahfiz dan Beasiswa Prestasi dari Yayasan Pembina IKIP Mataram.


Setiap tahun Yayasan memberikan beasiswa kepada setiap mahasiswa yang memiliki prestasi pada berbagai bidang/kategori. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dies Natalis Ke-3, Undikma Mataram jadi Kampusnya Para Juara

Trending Now

Iklan