Iklan BNS

Sekda NTB : Kita Di Daerah "Ring Of Fire" Harus Tetap Waspada Bencana

Ariyati Astini
Senin, Oktober 17, 2022 | 17.20 WIB

 

Sekertaris Daerah Provinsi NTB H.L.Gita Ariyadi



MANDALIKAPOST.com-Pemerintah Provinsi NTB melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai melakukan upaya  antisipasi dalam mencegah terjadinya dampak bencana alam di Desa Malaka , Kecamatan Pemenang ,Kabupaten Lombok Utara.


Sekretaris Daerah Provinsi NTB L.Gita Aryadi mengatakan ,BAdan penanggulangan Bencana Provinsi Daerah (BPBD) NTB sudah lamgsung turun melihat lokasi banjir ,untuk mengecek keadaan Warga yang terkena bencana.


"Tadi Malam BPBD sudah disana, Sebagai daerah yang termasuk  dalam " Ring Of Fire" Potensi kebencanaan di Daerah kita ini pasti akan dialami di setiap daerah"Ujar Sekda pada Snin (17/10/2022).


Sebagai bentuk perhatian Pemerintah dengan bencana yamg terjadi, Pemda sudah melakukan Apel siaga dengan TNI, Polri  dan guna untuk mengatasi Masalah Kebencanaan. Serta Melibatkan BMKG untuk menyampaikan Perkembangan Cuaca.



Ditambahkan Sekda, Selain meminta BPBD turun langsung untuk memberikan logistik, Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan PUPR untuk segera melakukan Normalisasi Jalur Senggigi dan KLU.



"Laporan dilapangan tidak ada korban jiwa , Segera kita lakukan penanganan, Kita  Sudah berkoordinasi dengan PUPR, agar menurunkan alat berat untuk melakukan Normalisasi jalur.


Tak Hanya itu,  Distribusi, logistik sudah disalurkan termasuk menghasirkan relawan." Kita salurkan, peralatan apa kebutuhan terhadap kebencaanna itu tentu untuk kebutuhan banjir pasti relawan kita sudah melakukan meaping"ujar Sekda


Pemerintah Provinsi sendiri akan melakukan Penanganan jangka panjang dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan kebencanaan, 


"Kita punya peta kebencanana,  apa sebab bencana ,t Terus Nantinya  kita lakukan Pengkajian ,kalau sudah kita temukan maslahanya kita akan lakukan Treatmen-treatmen apakah penentakan tata ruang itu bagian dari rekomendasi kita akan lakukan Secepatnya.


"Tetap waspada, kita harus tetapmlakukan Kegiatan gotong royong, kita berada di "ring of fire". Tentunnya kita harus Familiar dengan pootensi kebencanaan yang ada si Daerah kita"pungkasnya





 Jayapura,  Hanna Hikoyabi mengatakan, upaya terhadap penanganan bencana di Kabupaten Jayapura itu harus diantisipasi.  Terutama dalam menyikapi cuaca ekstrem yang mana akan berdampak pada terjadinya potensi bencana alam di Kabupaten Jayapura.  “Dampak bencana ini harus diantisipasi dengan baik,” kata Sekda Hanna Hikoyabi, belum lama ini.


Dia mengatakan,  beberapa upaya antisipasi yang dilakukan untuk menyikapi terjadinya indikasi bencana di Kabupaten Jayapura itu misalnya dengan meningkatkan edukasi sadar bencana kepada masyarakat.  Kemudian masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan kegiatan yang merusak kawasan lereng.  Masyarakat juga diminta untuk menghindari aktivitas di lereng jurang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekda NTB : Kita Di Daerah "Ring Of Fire" Harus Tetap Waspada Bencana

Trending Now

Iklan