KPU NTB: Peran Media Penting Untuk Mensukseskan Tahapan Pemilu

Ariyati Astini
Selasa, November 01, 2022 | 19.08 WIB

 

Diskusi KPU Dengan Media Bertema "Peran publik dan insan pers dalam tahapan Vetifikasi Faktual dalam kenggotaan partai Politik"Selasa (1/11/2022).


MANDALIKAPOST.com- Peran media dinilai  sangat penting dalam mengsukseskan semua tahapan pemilu 2024, tidak hanya dalam menyebarkan informasi, edukasi dan menangkal hoax


Akademisi  UIN Mataram, DR Ihsan Hamid ,mengatakan bahwa saat ini tahapan pemilu yaitu  verifikasi faktual dan ini merupakan tahapan ketiga dari bagian tahapan pemilu. 


, " Saat ini sedang berlangsung tapi gaungnya belum sebesar yang kita harapkan karena ini memang terbatas hanya dari kalangan parpol saja, "ucapnya dalam acara ngopi senja diskusi publik  dengan tema "Peran publik dan insan pers dalam tahapan verifikasi faktual keanggotaan parpol pemilu'' serentak 2024, yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB, Selasa (1/11/2022). 


Menurutnya, bahwa hal tersebut wajar dan  tidak harus menggaung yang mestinya  tidak harus semua orang tau dan itu tidak masalah. 


,"Namun  tahapan verifikasi ini tentu beda  dengan tahapan kampanye karena terkait profil dari calon maka gaungnya akan lebih besar, "ungkapnya.


Karena itu lanjutnya maka disinilah ppenting peran media karena punya posisi yang kuat. 

Oleh sebab itu selama proses ini diberitakan media dengan proposional  yang berimbang . 


" Media merupakan patner yang penting,"terangnya.


Sementara itu,  Ketua PWI NTB, Nasrudin, mengatakan bahwa wartawan dalam melakukan kerja jurnalistik atau karyanya sudah ada rambu rambu nya. 


"Keyakinan saya yang sudah lulus UKW maka hasil karyanya outputnya sangat luar biasa, "ucap Nasrrudin  yang saat ini menjabat sebagai Kepala  bidang pemberitaan RRI Mataram. 


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM NTB, Agus Hilman, mengatakan  bahwa perlu sinergi semua  pihak dalam mengawal pemilu termasuk media dalam menangkal hoax. 


" Bagi kami pemilu ini tidak akan berhasil tanpa kolaborasi semuanya , tapi kami tidak bisa sendiri dalam mengawal pemilu, "ucapnya.


Menurutnya  bahwa yang penting dalam pemilu itu adalah pemilih, peserta dan penyelenggara, namun kontrolnya  yang paling penting adalah media. 


, " Media itu akan menjadi sangat penting  bagi kami bukan hanya  dalam verifikasi faktual saja tapi semua tahapan pemilu bagi kami sangat penting untuk berkolaborasi dengan teman teman media, "ungkapnya.


Dimana ungkapnya diantaranya peran dari media misalnya bagaimana mengsosialisasikan agar masyarakat mau mengecek apakah namanya terdaftar di Sipol. 


, " Banyak hal yang bisa dilakukan kami dengan media , menangkal, meluruskan informasi dan menyaring informasi serta memberikan edukasi pada publik untuk pemilu 2024 jauh berkualitas untuk kedepannya, "pungkasnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU NTB: Peran Media Penting Untuk Mensukseskan Tahapan Pemilu

Trending Now