Iklan BNS

PLN Bantu Rehabilitasi Terumbu Karang di Gili Trawangan

MandalikaPost.com
Selasa, November 15, 2022 | 18.45 WIB
PLN Unit Pelaksana Pengatur dan Penyaluran Beban (UP3B) Mataram melakukann rehabilitasi terumbu karang di perairan Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB.

MANDALIKAPOST.com  – PLN Unit Pelaksana Pengatur dan Penyaluran Beban (UP3B) Mataram berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Wilayah Kerja Gili Tramena bersinergi melakukan rehabilitasi terumbu karang Kawasan konservasi perairan laut Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 12 November 2022.


Hal ini dilakukan untuk mendukung upaya pelestarian biota laut di Kawasan wisata Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.


Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto bersama Manager PLN UP3B Mataram, William Randa Kasoa, dan Koordinator BKKPN Kupang Wilayah Kerja Gili Tramena, Thri Heni Utami Radiman saat membuka kegiatan rehabilitasi terumbu karang di Gili Trawangan.  

Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto mengapresiasi kepedulian PLN dalam mendukung upaya pelestarian kawasan konservasi Gili Trawangan yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional dan penyangga Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.


“Tentunya ini menjadi kegembiraan dan motivasi kita semua untuk sama-sama menjaga kawasan ini secara berkelanjutan. Terlebih Kawasan Tiga Gili ini mempunyai aset sebesar Rp 26,68 T. Terima kasih atas kepedulian PLN terhadap bahari di Lombok Utara, karena laut merupakan andalan wisata di Pulau Lombok,” kata Danny. 


Danny juga berharap ke depannya bantuan ini tidak hanya pada perbaikan ekosistem saja, namun dapat dilanjutkan dengan program peningkatan kapasitas masyarakat.


Koordinator BKKPN Kupang Wilayah Kerja Gili Tramena, Thri Heni Utami Radiman, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak PLN atas kegiatan rehabilitasi ini. 


Pihaknya mengaku puas dengan hasil yang baik dari kegiatan tahap pertama, terlebih kegiatan pelestarian yang dapat berlanjut hingga tahap kedua ini di Gili Trawangan.


"Program berkelanjutan ini kami harapkan juga dapat menjadi media edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli tentang pentingnya menjaga ekosistem terumbu karang. Mari sama-sama menjaga ekosistem kita agar jangan sampai nanti anak cucu kita hanya melihat di foto saja," ungkap Thri.


Sementara itu, Manager PLN UP3B Mataram, William Randa Kasoa menjelaskan bahwa kegiatan rehabilitasi terumbu karang ini merupakan komitmen PLN untuk terus menjaga lingkungan, utamanya ekosistem laut. 


Total bantuan yang diberikan untuk rehabilitasi terumbu Karang di Gili Matra sebesar 170 juta yang nantinya dana tersebut digunakan juga untuk melakukan monitoring terumbu karang selama 10 bulan. 


PLN Unit Pelaksana Pengatur dan Penyaluran Beban (UP3B) Mataram melakukann rehabilitasi terumbu karang di perairan Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB.

Hal ini dilakukan agar terumbu karang dapat tumbuh dengan baik dan transplantasi yang dilakukan tidak sia-sia, serta besi spider dimana tempat terumbu karang dapat tumbuh dan berkembang.


“Terima kasih atas semua pihak terkait yang ikut andil sampai akhirnya kegiatan ini bisa terlaksana dan ini juga menjadi tanggung jawab kami karena adanya kabel laut PLN yang tertanam di sini,” ujar William.


Program rehabilitasi terumbu karang oleh PLN di Gili Trawangan ini merupakan kali kedua. Sebelumnya, PLN juga melakukan kegiatan serupa  di pada tahun 2020.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PLN Bantu Rehabilitasi Terumbu Karang di Gili Trawangan

Trending Now

Iklan