Iklan BNS

WSBK Mandalika Capai Rp1,7 Miliar Transaksi Dari UMKM NTB

Ariyati Astini
Rabu, November 23, 2022 | 16.08 WIB

 

Salah Satu UMKM Yang Berada Di Kawasan Sircuit Mandalika.

MANDALIKAPOST.com - Jumlah transaksi UMKM selama tiga hari perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika, 11 - 13 November 2022 mencapai Rp1,7 miliar. Dalam ajang WSBK Mandalika 2022, sebanyak 400 UMKM lokal NTB yang terlibat.


UMKM ditempatkan terpusat dalam side event Lombok Sumbawa Fair. Lokasinya berada di dalam Sirkuit Mandalika. 



"Secara transaksi sebesar Rp1,7 miliar, data sementara. Belum secara keseluruhan," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Fathurrahman, Rabu (23/11/2022).



Faturahman menyebut, Jumlah UMKM lokal yang terlibat dalam menjajakan dan mempromosikan produknya pada ajang WSBK Mandalika 2022 sebanyak 400 UMKM. 


Dari sisi lokasi, kata Fathurrahman, tempat UMKM sudah cukup strategis karena berada di dalam Sirkuit Mandalika. 


Tetapi, karena Sirkuit Mandalika cukup luas sehingga tempat UMKM dan zona penonton masih cukup jauh. Sehingga, penonton yang mengunjungi stand UMKM tidak maksimal. 


"Tapi prinsipnya UMKM ini berkontribusi, sekalian mereka mempromosikan produknya. Bagaimana terciptanya transaksi setelah event itu, bukan saja pada saat event," ucapnya.



Fathurrahman mengatakan akan dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Lombok Sumbawa Fair yang menjadi side event WSBK Mandalika 2022. Evaluasi itu dilakukan untuk melihat apa saja yang perlu dibenahi atau diperbaiki saat WSBK Mandalika pada Maret 2023. 


Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Komandan Lapangan WSBK Mandalika, PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). 


"Apakah dikembangkan, karena dari evaluasi banyak zona-zona yang masih minim makanan dan minumnya. Ada perbaikan konsep lagi, kita kordinasi dengan ITDC dan MGPA. Pada prinsipnya kami memfasilitasi UMKM. Harapannya tahun-tahun ke depan mereka bisa mandiri, bisa menyewa stand-stand yang representatif," ujar Fathurrahman.


Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB ini mengatakan konsep Lombok Sumbawa Fair adalah memaksimalkan keikutsertaan Pemda kabupaten/kota yang ada di NTB. Paling tidak, Pemdakabupaten/kota memanfaatkan perhelatan WSBK Mandalika untuk memperkenalkan produk unggulannya masing-masing. 


"Sangat sayang jika ini tidak dimaksimalkan oleh Pemda untuk mempromosikan produk mereka," katanya. 


Pada gelaran WSBK Mandalika 2022, ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika menyiapkan lahan 2 hektare untuk lokasi Lombok Sumbawa Fair yang berada di dalam sirkuit. Tetapi letak lokasi UMKM masih jauh dari zona penonton. WSBK Mandalika 2022 dihadiri sebanyak 51.629 penonton.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • WSBK Mandalika Capai Rp1,7 Miliar Transaksi Dari UMKM NTB

Trending Now

Iklan