Iklan BNS

Dekranasda NTB akan Gelar Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022, Pameran hingga Fashion Show

MandalikaPost.com
Rabu, November 23, 2022 | 13.31 WIB

Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah.


MANDALIKAPOST.com - Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar event Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 pada 3 Desember 2022 mendatang, di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram.


Kegiatan tahunan Deskranasda NTB ini akan menampilkan pameran karya-karya tenun khas NTB, fashion show busana kreasi tenun, dan kompetisi desianer busana tenun.


Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah mengatakan, Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 merupakan ajang untuk melestarikan budaya tenun di NTB, dan juga mendorong pertumbuhan fashion berbahan kain tenun daerah ini.


"Dalam Lombok Sumbawa Festival 2022 ini, juga akan ditampilkan berbagai program yang sudah dilakukan Dekranasda sepanjang tahun ini," kata Bunda Niken, sapaan akrab Ketua Dekranasda NTB, Rabu 23 November 2022 di Mataram.



Bunda Niken memaparkan, sejauh ini Dekranasda NTB telah menjalankan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) untuk anak-anak putus sekolah di NTB. Puluhan remaja perempuan ini dibekali skill dan kemampuan kerajinan kain tenun tradisional, manajemen pengelolaan, promosi dan pemasaran. Diharapkan mereka bisa memulai wirausaha untuk kerajinan tenun ini.


Melalui program inkubasi fashion untuk desainer tenun, Dekranasda NTB juga sudah mampu melahirkan setidaknya 15 desainer tenun. Mereka sudah dibekali kemampuan desain fashion, hingga promosi dan pemasaran produk. Dalam Inkubasi fashion desainer pemula ini, Dekranasda mendampingi dan memberi pendidikan selama 5 bulan untuk desainer pemula. Prosesnya ketat, ada tes ujian kelulusan. Saat ini ada 15 desainer dari hasil seleksi puluhan yang mendaftar.


"Saya cukup senang, Dekranasda NTB bisa menghasilkan generasi baru desainer. Selama ini ada senior-senior desainer NTB, tapi itu pun julahnya sedikit dihitung jari. Nah, kehadiran 15 ini diharapkan mereka bisa jadi desainer-desainer baru di NTB," katanya.


Bunda Niken mengatakan, produk para peserta PKW dan Inkubasi Fashion ini akan ditampilkan dan turut meramaikan Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 nanti.


Dihadiri Dekranasda Provinsi Lain


Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 juga mengundang Dekranasda Provinsi lain di Indonesia. Hingga saat ini yang sudah memastikan hadir adalah Dekranasda Provinsi Bali dan Kalimantan Utara (Kaltara).


Bunda Niken bersama Ketua Dekranasda Bali, Putri Koster dan sejumlah Ketua Dekranasda Provinsi lain, dalam Pameran IKM Bali Bangkit ke 9 di Denpasar, Bali.

BACA JUGA : Dekranasda NTB Promosikan Tenun NTB di Fashion Show Pameran IKM Bali Bangkit


Sebelumnya pada 2 November 2022 lalu, Dekranasda NTB turut meramaikan dan mempromosikan tenun khas NTB dalam acara Fashion Show Pemeran IKM Bali Bangkit ke 9 di Denpasar Bali.


"Dari kegiatan di Bali itu, terjalin silaturahmi yang baik Dekranasa Bali dan provinsi lain dengan Dekranasda NTB. Sehingga di event Lombok Sumbawa Tenun Festival ini kami kembali mengundang Dekranasda Bali untuk hadir. Di kesempatan ini kami mengundang Dekranasda Provinsi seluruh Indonesia, tetapi karena momentnya di akhir tahun, sehingga yang berkesempatan datang baru konfirm Bali dan Kaltara," kata Bunda Niken.


Selain diberikan ruang untuk mempromosikan karya tenun di daerah masing-masing, para Ketua Dekranasda juga akan didaulat untuk mengikuti ajang Fashion Show dalam Lombok Subawa Tenun Festival.


Lestarikan Budaya dan Menambah Nilai Ekonomis


Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah mengatakan, Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 dihajadkan Dekranasda NTB untuk lebih mengenalkan kain tenun khas NTB yang terkenal dengan Sasak, Samawa, Mbojo atau Sasambo ke tingkat nasional, dan global.


Ajang ini juga dilakukan sebagai upaya melestarikan budaya tenun di NTB sekaligus mendorong nilai tambah secara ekonomis untuk produk tenun tradisional.


"Bahwa akhirnya masyarakat sadar bahwa kain tenun juga fashionabel dan menarik untuk kreasi busana, ini menjadi nilai tambah bagi produk tenun tradisional kita," katanya.


Menurutnya, seiring dengan branding NTB sebagai destinasi wisata internasional, peluang untuk kerajinan tenun di NTB semakin terbuka. 


Dekranasda juga bekerjasama dengan Museum NTB untuk menggelar pameran corak dan motif tenun NTB. Hal ini dilakukan agar masyarakat NTB sendiri lebih mengenal produk daerahnya sendiri.


Sementara untuk memeriahkan Lombok Sumbawa Tenun Festival, Dekranasda NTB juga mengundang sejumlah OPD lingkup Provinsi untuk ikut meramaikan.


"Untuk Lombok Sumbawa Tenun Festival ini, kami juga undang jajaran OPD untuk ikut hadir, dan ikut juga di ajang Fashion Show busana tenun," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dekranasda NTB akan Gelar Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022, Pameran hingga Fashion Show

Trending Now

Iklan