ICHI NTB Berikan Penghargaan Kepada Pahlawan Lombok

MandalikaPost.com
Sabtu, Desember 03, 2022 | Desember 03, 2022 WIB Last Updated 2022-12-03T09:59:02Z
Ketua ICHI NTB, Dr. Ir. I Gusti Lanang Media, M.Si., kepada ahli waris Penglingsir Puri Cakranegara, Anak Agung Made Djelantik SH.

MANDALIKAPOST.com - Dewan Pimpinan Regional Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI) NTB memberikan Piagam Penghargaan Tanda Kehormatan kepada  Raja Lombok, Anak Agung Gede Ngurah Karangasem. 


‘’Penghargaan kami berikan sebagai rasa hormat kami  atas jasa dan perjuangan beliau memimpin  rakyat Lombok  melawan  belanda pada perang Lombok  tahun 1894,’’ kata Ketua ICHI NTB, Dr. Ir. I Gusti Lanang Media, M.Si.,  seusai membuka acara Seminar Akhir Tahun 2022 yang diselenggarakan  ICHI NTB, Jumat 2 Desember 2022, di aula Kampus IAHN Gde Pudja Mataram.


Dikatakan Media,  penghargaan  diberikan berkaitan dengan hari Pahlawan 10 Nopember 2022.  Berdasarkan fakta sejarah dan berbagai sumber literasi menunjukkan, bahwa  Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem telah berjuang melawan kolonial Belanda di bumi Lombok  pada sekitar tahun 1894 silam.  


‘’Kita harus mengakui itu dan  sebagai generasi penerus bangsa, kita tidak boleh melupakan sejarah,’’  jelas dosen senior Fakultas Peternakan Unram itu.


Media menambahkan, ICHI NTB memandang Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem sangat layak untuk diberikan  penghargaan.


Piagam Tanda Kehormatan diserahkan  Media kepada ahli waris sang pahlawan Lombok itu,  Anak Agung Made  Djelantik  ABW, SH.,  setelah  pembacaan SK Tanda  Kehormatan selesai.  


Media menjelaskan, keputusan untuk memberikanpenghargaan ini murni dan  obyektif berdasarkan fakta sejarah. 


‘’Tidak ada kepentingan lain, apalagi  kalau dikait-kaitkan dengan politik, tidak ada hubungan sama sekali,’’ tegas Media.  


Sementara itu, pihak ahli waris, Penglingsir Puri Agung Cakranegara, mengaku tidak pernah  menduga akan adanya penghargaan ICHI  untuk leluhurnya. 


‘’Saya datang kemari untuk memenuhi undangan seminar ICHI, tidak terpikirkan akan menerima penghargaan tanda kehormatan untuk leluhur  kami,’’  ungkap  Anak Agung Made Djelantik ABW, SH,  seusai menerima  Piagam Tanda Kehormatan. 


Anak Agung Made Djelantik  menyampaikan apresiasi  atas gagasan dan ketulusan ICHI NTB untuk memberikan  tanda kehormatan kepahlawanan  kepada  pendahulunya. 


‘’ICHI memiliki gagasan yang luar biasa,  telah berfikir obyektif dan berani mewujudkan gagasan briliannya,’’ ungkap sang pewaris Puri Agung Cakranegara ini.


Ia menambahkan, ‘’Mari  kita bersama-sama berjuang  untuk mengusulkan Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem sebagai  pahlawan nasional.’’


Dalam acara seminar tersebut, ICHI NTB mengusung tema : "Hindu For Better Life Forever" (Hindu untuk kehidupan lebih baik selama-lamanya).  Dengan sub tema:   Good Quality Human Resources ( sumber daya yang baik dan berkualitas) dan  Proud to be Hindu  (bangga menjadi Hindu).   


Seminar menghadirkan sedikitnya 100 siswa/siswi  SMA/SMK dan guru se Kota Mataram, serta  para pimpinan Ormas, anggota dewan dan tokoh masyarakat. 


‘’Untuk  bisa mencapai kehidupan yang lebih baik,  maka kuncinya adalah   sumber daya yang berkwalitas dan memiliki rasa bangga menjadi Hindu,’’  jelas Media dalam  sambutannya.  


Seminar yang dipandu oleh  wakil Ketua Bidang  Disseminasi  ICHI  NTB,  Imang Sugiartha, menghadirkan dua nara sumber,  masing-masing  Dr. Ir. I Gst. Lanang Media, M.Si., dengan topik Proud To Be Hindu,  dan anak muda aktivis sosial media, I  Gde  Yogi Mahatma. S.Kom., dengan topik:  ‘’Potensi  Pemanfaatan Sosial Media dan  Peluang Menjadi Konten Kreator.’’   


Acara seminar  dengan sistem  diskusi panel,  yang dimulai pada pukul  09.00 wita,  berlangsung  semarak.  Para peserta yang mayoritas  siswa SMA/SMK,  tampak begitu antusias serta aktif  mengikuti diskusi sampai seminar berakhir pada  sekitar pukul 13.30 Wita. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • ICHI NTB Berikan Penghargaan Kepada Pahlawan Lombok

Trending Now