PMK di Lombok Timur Sudah Aman, Disnakeswan Tetap Batasi Keluar Masuk Hewan Ternak

Rosyidin
Sabtu, Desember 03, 2022 | 17.18 WIB
Kepala Dinas Disnakeswan Lombok Timu, Mahsyur. (Foto: Istimewanya/MP).

MAMDALIKAPOS.com - Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Lombok Timur saat ini sudah terbilang aman. Dimana untuk capaian vaksinasi sendiri sudah mencapai angka 87 persen.


Namun demikian rupanya peredaran jual beli hewan ternak antar daerah masih dibatasi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lombok Timur.


"Kita posisinya sekarang sedang mengkaji suplai kita, apakah terpenuhi atau tidak kondisi ternaknya. Kalau terpenuhi nggak usah dulu di masukkan, kalau kurang baru kita bisa bilang masuk," ucap Mashur, Kepala Dinas Disnakeswan Lombok Timur Jumat (2/12/2022).


Terlebih lagi saat ini Lombok Timur, jika mengacu pada asumsi data 2022 dimana jumlah ternak yang ada sebanyak 125 ribu, maka total capaian vaksinasi dosis 1 dan 2 sudah diangka 87 persen.


"Untuk sementara ada sebanyak 220 ribu vaksin yang di drop di Lombok Timur, dari angka tersebut yang terserap baru sekitar 198 ribu, baik vaksin satu, dan ke dua," sebutnya, seperti dikutip dari Poroslombok.com pada Sabtu (3/12).


Adapun sisa vaksin yang masih, lanjutnya sebanyak 22 ribu yang saat ini masih berada di Kecamatan.


Disnakeswan hingga sekarang masih fokus mendata total populasi ternak yang reel di lapangan. Karena diakuinya sementara ini Disnakeswan masih menggunakan data asumsi. Hingga tidak mungkin data 2021 sama dengan tahun 2022 imi.


PMK kata Mahsyur, sudah aman di Lombok Timur, Saat ini pasar hewan di sejumpah pasar juga sudah dibuka lebar. Namun memang, Disnakeswan untuk sementara belum mengizinkan secara bebas keluar masuknya hewan ternak dari luar daerah, seperti seminsal Sumbawa.


"Alahamdulillah, PMK di Lotim sudah aman. Meski dengan, kita belum mengizinkan secara bebas keluar masuknya hewan ternak dari luar daerah," pungkasnya.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PMK di Lombok Timur Sudah Aman, Disnakeswan Tetap Batasi Keluar Masuk Hewan Ternak

Trending Now