Iklan BNS

Bulan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dipusatkan Di Mandalika

Ariyati Astini
Senin, Januari 16, 2023 | 20.41 WIB

 

Foto Jajaran Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Usai Pencanangan K3 





MANDALIKAPOST.com- Setiap tanggal 12 Januari hingga 12 Februari setiap tahun diperingati sebagai Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional. Bulan K3 Nasional Tahun 2023 mengangkat tema: "Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja".


Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, bersama Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Asosiasi Pengusaha, Pimpinan Perusahaan/Badan Usaha dan Stakeholder terkait lainnya melaunching kegiatan bulan K3 Tingkat Provinsi NTB dengan tema: "Pengamalan Budaya K3 adalah Kunci mewujudkan pekerja sehat Sejahtera, Usaha produktif dan NTB Gemilang".


Pencanangan kegiatan Bulan K3 tersebut, dipusatkan di halaman Kantor Disnakertrans Provinsi NTB. Sedangkan Puncak acara akan dipusatkan di Sirkuit MotoGP di KEK Mandalika, 9 Februari Mendatang sekaligus untuk menyambut dan menyukseskan WSBK yang akan digelar awal bulan Maret 2023.


Pada Puncak Acara tersebut dijadwalkan akan dipimpin langsung Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Menteri Ketenagakerjaan RI, Dr. Ida Fauziyah serta pejabat pusat dan daerah lainnya.


Untuk mengisi kegiatan bulan 3 ini, Disnakertrans Prov. NTB setidaknya telah mengagendakan lebih dari 25 kegiatan produktif yang bukan hanya melibatkan pekerja dan perusahaan tapi juga masyarakat umum. 


"Selama 1 bulan ini berbagai kegiatan yang berdimensi pembangunan budaya kerja berbasis K3 akan digelar sehingga nantinya seluruh aspek masyarakat dapat memahami pentingnya K3 dan ikut membudayakan K3 dalam kesehariannya," ujar Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan, Hj. Nina Triana dalam laporannya. 


Ada pun kegiatan tersebut, antara lain; pemberian penghargaan; gerakan terpadu Sosialisasi dan Edukasi Zero Unprosedural Penempatan PMI menyasar Desa dan Dusun: Pameran K3 (Alat Pelindung Diri SNI); seminar K3, lomba cepat tepat K3 antar perusahaan, lomba lingkungan kerja antar perusahaan, aksi sosial K3 (pemeriksaan gratis untuk pekerja rentan se-NTB), lomba senam pekerja sehat (antar perusahaan), lomba aplikasi JMO untuk daftar kerja mandiri (antar perusahaan), demo produk-produk PMI Purna binaan, donor darah, lomba tenis meja (lingkup Disnakertrans dan perusahaan), lomba terompah (lingkup Disnakertrans), senam masal, sepeda santai, jalan santai, penilaian penghargaan K3 (pemeriksaaan Zero Accident dan Covid-19), pemeriksaan atau pengujian objek K3, pemeriksaan tenaga kerja (gratis), pengukuran dan pengujian lingkungan kerja, penanganan kasus-kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, konsultasi Hubungan Industrial, dan layanan pengaduan ketenagakerjaan.


“Bulan K3 tahun 2023 harus diisi berbagai kegiatan yang inspiratif dan memotivasi perusahaan agar lebih sadar pentingnya K3 di lingkungan kerja," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos, M.H saat menjadi Inspektur Upacara Pencanangan dimulainya Kegiatan Memperingati Bulan K3 Tahun 2023 di Halaman Kantor Disnakertrans Prov NTB, Senin (16/01/2023).


Ia menegaskan Bulan K3 bukan seremoni semata, melainkan harus dijadikan momentum untuk edukasi dan membangun kesadaran kolektif akan pentingnya Keselamatan dan kesehatan kerja ( K3) sebagai budaya dan kebutuhan semua pihak. 


“Mari kita manfaatkan momentum Bulan K3 ini dengan kegiatan-kegiatan produktif yang dapat memotivasi tidak hanya pekerja dan perusahaan, tetapi juga masyarakat untuk aktif dan sadar akan pentingnya K3,” ajak Aryadi.


Aryadi juga menambahkan bahwa hadirnya berbagai event internasional di NTB ini tentu akan membawa banyak tamu baik dari dalam maupun luar negeri yang otomatis akan memberikan kontribusi dalam perekonomian masyarakat. Contohnya Bulan Maret 2023 nanti akan berlangsung WSBK di Sirkuit Mandalika. Karena itu, pemerintah dan seluruh stakeholder terkait harus memastikan seluruh proses yang berlangsung baik sebelum, ketika dan sesudah event dapat berlangsung dengan baik dan aman. 


"Sebelum Sirkuit Mandalika di clear-kan untuk pelaksanaan WSBK bulan Maret nanti, Puncak Bulan K3 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2023 di ITDC Mandalika yang akan dihadiri oleh Ibu Menteri Ketenagakerjaan RI. Pada acara Puncak tersebut, akan diserahkan 15 penghargaan zero accident kepada perusahaan yang telah memenuhi persyaratan dan 8 penghargaan untuk perusahaan yang telah mengikuti protokol covid," ujar Gede dihadapan seluruh perwakilan perusahaan yang hadir dalam upacara pencanangan dimulainya Bulan K3.


Upacara pencanangan dimulainya kegiatan Bulan K3 ini juga dirangkaikan dengan penyerahan santunan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan. 


Adapun penerima santunan yaitu tenaga kerja atas nama Indrawati dari Perusahaan : Lombok Cahaya Bangunan Persada dengan manfaat JKK  Rp 138.013.750 dan Beasiswa untuk 2 orang anak senilai Rp 163.500.000, dan manfaat Jaminan Hari Tua Rp 1.692.350, manfaat Jaminan Pensiun Rp 363.300 yang diberikan secara berkala.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bulan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dipusatkan Di Mandalika

Trending Now

Iklan