Meski Diguyur Hujan Lebat, Pelantikan Kaur Desa Sajang Terus Berjalan

Rosyidin
Kamis, Februari 23, 2023 | 21.04 WIB
Kades Sajang, H Lalu Kanahan memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah Kaur Umum dan Tata Usaha Desa Sajang. (Foto: Rosyidin/MP). 

MANDALIKAPOST.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan perangkat desa baru, berlangsung di aula kantor Desa setempat.


Acara tersebut dihadiri, Serkapudin S.Sos Camat Sembalun beserta jajarannya, Polsek Sembalun, Koramil 1615  Sembalun, KKN IAIH Pancor, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggotanya, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Setempat. 


Kades Sajang, H Lalu Kanahan memberikan semangat dan mengucapkan selamat sekaligus melantik sambil mengucapkan sumpah kepada perangkat desa Sajang yang baru dilantik.


"Selamat datang dan bergabung di jajaran Pemdes Sajang, semoga kehadirannya bisa membantu kami meningkatkan pelayanan di masyarakat," ucap Kanahan dalam sambutannya, Kamis (23/2).


Kanahan memaparkan proses penjaringan calon Kaur Umum dan Tata Usaha  selama empat bulan, mulai dari penjaringan, mengikuti ujian tertulis dan yang lainnya. 


"Dan saudara Doni Bratasera terpilih mendapat nilai terbaik dari empat peserta calon yang mendaftarkan diri, yang jelas dia layak menduduki jabatan itu," ujarnya. 


Yang tidak kalah pentingnya disampaikan pada saat itu, mengingatkan semua perangkat desa yang lama maupun yang baru dilantik. Untuk selalu membantu, mendukung kades menjalankan program desa, terutama dalam hal pelayanan ke masyarakat setempat.


"Saya ingatkan kembali, kepada kita semua terutama kepada Kaur yang baru dilantik untuk membantu kades mtujudkan visi misi dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melayani masyarakat sepenuh hati. Seyogyanya kita adalah pelayan masyarakat, jadi sekecil apapun permasalahan di tengah masyarakat kita cepat respon dan tanggap," tegas Kanahan. 


Kanahan mengatakan lebih lanjut, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu bukan hanya sekedar pengambilan sumpah secara serimonial. Tetapi makna yang terkandung dalam sumpah tersebut adalah pengabdian untuk melayani masyarakat, bukan hanya sekedar diucapkan. 


"Ingat kata-kata sumpah yang diucapkan, bukan hanya sekedar diucapkan. Karena pengambilan sumpah itu dicatat dan disaksikan oleh Allah SWT, jadi mari kita bekerja dengan ikhlas demi masyarakat dan kemajuan desa yang kita cintai ini," katanya. 


Ia pun berharap, kepada perangkat desa yang baru dilantik maupun yang lama untuk selalu berkoordinasi dan bekerja sama membangun desa. Supaya visi misi pemdes untuk mensejahterakan masyarakat tercapai, tentunya dengan kerja nyata bukan kerja setengah hati. 


"Saya berharap terutama kepada Kaur baru yang dilantik, jangan malu bertanya kepada seniornya jika ada hal yang belum kita bisa dan pahami. Dan selalu berkoordinasi untuk kemajuan desa kita ini. Agar lebih baik lagi dari segala bidang,” harapnya.


Sementra itu ketua panitia, Hidmatul Arif menambahkan, pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut. Berdasarkan surat keputusan Kepala Desa Sajang nomor 144/07/Desa/2023 

tentang, pengangkatan dalam jabatan perangkat desa di lingkungan pemerintah Desa Sajnag,  Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. 


Sementara perangkat desa yang dilantik saat ini sebanyak satu orang yakni, Doni Bratasera sebagai Kaur umum dan tata usaha. "Alhamdulillah, acara kita ini lancar baik dari sejak perekrutan calon hingga pelantikan hari ini. Itu semua berkat kerja kerja keras kita, tentunya tidak lepas dari dukungan masyarakat. Dan saya ucapkan terimakasih serta selamat bekerja kepada saudara Doni Bratasera," ucap Arif. 


Pada kesempatan itu Camat Sembalun, Serkapudin S.Sos sangat mengapresiasi pelantikan tersebut. Pasalnya pelantikan ini mempunyai beberapa keistimewaan.


Menurutnya, salah satu keistimewaan giat hari ini adalah diantara desa yang ada di wilayah Kecamatan setempat, hanya pemdes Sajang mempunyai kantor desa yang plexibel dan dihadiri oleh mantan Kaur umum dan tata usaha beserta suaminya.


"Itu beberapa keistimewaan giat kita hari ini, dan masih banyak lagi keistimewaan yang dimiliki pemdes Sajang. Termasuk kemarin ketua TP-PKK Kabupaten Lombok Timur, Hj Hartatik Sukiman Azmy berkunjung ke TP-PKK desa Sajang untuk monev programnya," ujarnya. 


Pada kesempatan itu juga, Serkapudin mengingatkan perangkat desa yang lama maupun yang baru dilantik. Untuk harus bekerja sama dengan kepala desa dalam membangun desa lebih baik lagi. 


"Tanamkan pada diri kita, bahwa kita mempunyai kemauan dan kemampuan melayani masyarakat. Kepinteran intelektual itu kalah dengan kemauan, artinya kita mau diatur sesuai tupoksi kita dan mau bertanya apa yang belum kita bisa pahami," kata Serkapudin. 


Serkapudin berpesan kepada semua perangkat desa untuk terus meningkatkan pelayanan ke masyarakat dan peka terhadap permasalahan di tengah-tengah masyarakat. Kerena sumpah yang diucapkan itu bukan sekedar sumpah serimonial belaka, tetapi mempunyai makna yang luas dalam hal pengabdian kepada masyarakat. 


Artinya, setelah saudara dilantik dan diambil sumpahnya sebagai perangkat desa. Bahwa saat ini yang baru dilantik mempunyai tugas dan tanggung jawab membantu kepala desa menjalankan roda pemerintahan di desa tersebut.


"Tidak ada ruang atau alasan kita bekerja setengah-setengah, ketika kita sudah mengambil sumpah jabatan. Berarti secara langsung  kita berjanji kepada Allah SWT, untuk menjalankan amanah sesuai dengan tupoksi kita," tutup Serkapudin.




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meski Diguyur Hujan Lebat, Pelantikan Kaur Desa Sajang Terus Berjalan

Trending Now