Aplikasi Mobile JKN Membantu Jamal Akses Layanan di Luar Daerah

Ariyati Astini
Rabu, April 26, 2023 | 10.46 WIB
Jamaludin.

MANDALIKAPOST.com - Aplikasi Mobile JKN saat ini telah memberikan sumbangsih besar terhadap kemudahan akses pelayanan bagi seluruh peserta. Apalagi dengan berbagai macam fitur yang dihadirkan bisa menjadi alternatif bagi peserta untuk mengakses kebutuhan administrasi Program JKN.


Seperti yang dikatakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lombok Barat, Jamaludin. Dirinya mengatakan bahwa semakin hari masyarakat sudah semakin melek teknologi sehingga masyarakat mengakses informasi serta layanan hari ini lebih tepat guna dan efektif dalam beberapa pelayanan publik. 


Salah satu yang dicontohkan dan ia lihat sendiri yaitu beberapa pegawai di ruang lingkup kedinasan menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan terutama layanan Perubahan Faskes dan Antrean Online.


“Beberapa kali saya melihat langsung temen-temen pegawai booking antrean layanan Kesehatan di Rumah Sakit melalui Aplikasi Mobile JKN, kadang saya juga melihat mereka menjelaskan kepada kerabatnya untuk menggunakan antrean online. Paling tidak saya tahu, pemerintah daerah yang selama membayar APBD sudah tepat sasaran dan saya sebagai pegawai juga bangga melihat layanan kesehatan kami selalu di manfaatkan sesuai kebutuhan,” ujar Jamal.


Tak lama dalam perbincangan tersebut, Jamal pun mengeluarkan gawainya dan menunjukkan bahwa Aplikasi Mobile JKN juga sudah diinstalnya.


“Saya menginstal bukan karena trend ya, tapi beneran menggunakan layanan. Saya pernah mengalami kejadian unik saat perjalanan dinas, dimana salah satu staf saya mengalami sakit demam, dimana pada saat itu, saya sedang melakukan perjalanan dinas ke Surabaya.  Mau mencari layanan terdekat yang bisa menggunakan BPJS Kesehatan mengingat waktu itu dadakan dan kebetulan saya ada Aplikasi Mobile JKN, maka saya cek fasilitas Kesehatan terdekat, dan alhamdulillahnya ketemu hanya jarak 50meter dari tempat kami menginap. Ada klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, lalu saya langsung mencari faskes tersebut untuk membawa staf saya. Syukurnya lagi staf kliniknya sangat membantu dengan ramah,” ujar Jamal.


Dari pengalaman yang memang nyata dirasakannya membuat ia bangga menjadi bagian masyarakat yang bisa berkontribusi terhadap Program JKN.


"Saya memberikan rating 10 terhadap aplikasi Mobile JKN, karena aplikasi Mobile JKN sangat membantu," tutup Jamal. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aplikasi Mobile JKN Membantu Jamal Akses Layanan di Luar Daerah

Trending Now