Pastikan Mudik Nyaman, Dinas PUPR NTB Bentuk 9 Posko DRU di Titik Rawan

MandalikaPost.com
Rabu, April 19, 2023 | April 19, 2023 WIB Last Updated 2023-04-19T12:48:40Z
Kepala Dinas PUPR NTB, Ir H Ridwan Syah.

MANDALIKAPOST.com - Kementerian PUPR melalui Dinas PUPR NTB membentuk 9 posko Disaster Release Unit (DRU) di sepanjang jalur mudik dan balik di NTB.


Kepala Dinas PUPR NTB, Ir H Ridwan Syah menjelaskan, dalam rangka mudik Lebaran tahin ini, Kementerian PUPR dan jajaran PU di daerah memastikan dua hal. Yang pertama adalah seluruh ruas jalan nasional, provinsi dan kabupaten dalam kondisi siap melayani seluruh pergerakan transportasi darat. Dan yang kedua, memastikan keamanan dan kenyamanan mudik Lebaran.


"Kami mendirikan 9 posko DRU di lokasi atau titik yanh diinventarisir rawan macet dan juga rawan terjadi longsoran," kata Ridwan Syah, Rabu 19 April 2023.


Ia menjelaskan, total panjang jalan di NTB mencalai 8.054 Km. Itu terdiri dari 934 Km jalan Nasional, 1.400 Km jalan Provinsi, dan sekitar 5 ribu Km jalan Kabupaten.


"Kondisi jalan nasional kita tercatat 97 persen mantap, jalan Provinsi 85.04 persen mantap. Dari hasil koordinasi kami seluruh jalan ini siap dan aman melayani pergerakan mudik dan balik," katanya.


Hanya saka, sebagai antisipasi dan mitigasi, posko mudik tetap dibentuk di lokasi yang dinilai rawan. Posko sudah mulai aktif dan akan berlangsung hingga H + 7 lebaran mendatang.


"Kita siagakan personil dan juga alat berat di tiap posko titik rawan. Harapan kita tidak sampai terjadi sesuatu, akan tetapi ini sebagai bentuk antisipasi agar mudik tahun ini bisa aman, lancar, dan nyaman," katanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pastikan Mudik Nyaman, Dinas PUPR NTB Bentuk 9 Posko DRU di Titik Rawan

Trending Now

Iklan