Sebagai Peserta JKN, Indah Tidak Perlu Khawatir Biaya Persalinan

Ariyati Astini
Rabu, April 19, 2023 | 11.40 WIB
Bq.Indah Febriani Peserta JKN Asal Lombok Barat

MANDALIKAPOST.com - Baiq Indah Febriani (36), warga Kabupaten Lombok Barat mengaku program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah memberikan banyak manfaat baginya dalam mengakses layanan di fasilitas kesehatan. 


Dirinya yang kini bekerja sebagai Guru di Desa Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat itu merasa senang karena Program JKN telah menjamin penuh biaya persalinan yang ia jalani di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Permata Hati di Kota Mataram.


“Ini anak kedua saya, alhamdulillah proses persalinannya cepat, tidak lama seperti waktu saya melahirkan anak pertama. Alhamdulillah berkat saya menggunakan kartu JKN, semua diberikan kemudahan untuk proses di rumah sakit, dari konsultasi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar, kontrol kehamilan di rumah sakit, sampai saya melahirkan anak kedua ini, semua prosedurnya sangat dimudahkan. Rumah sakit juga membantu mengurus semua persyaratan, termasuk persyaratan pendaftaran Program JKN untuk anak saya ini,” ungkap wanita yang biasa disapa Indah.


Ia menceritakan juga tentang persalinan anak pertamanya ketika dia belum terdaftar sebagai peserta JKN. Saat itu, ia melahirkan anak pertamanya tanpa menggunakan Program JKN karena belum diangkat menjadi PNS sehingga belum menjadi peserta JKN pada segmen PPU. Ia merasa terdapat sisi perbedaan dari segi pembiayaan.


“Saya terima kartu JKN ini sekitar bulan April Tahun 2022 yang lalu dari tempat saya bekerja,  tapi saya sudah bisa dapat merasakan manfaatnya langsung. Saya sangat berterimakasih, saya langsung gunakan kartu JKN ini untuk kontrol kehamilan anak kedua saya. Tanpa ada biaya yang saya keluarkan sepeserpun, waktu saya pakai untuk kontrol,” ujar Indah yang menceritakan dengan senyum semringah.


Indah pun mengatakan, bahwa ia mendapatkan pelayanan yang sangat baik di Fasilitas Kesehatan pada saat ia kontrol kehamilannya, tidak ada perbedaan antara pasien BPJS Kesehatan dengan pasien umum lainnya. Untuk itu Indah, yang seorang Guru ini sangat beruntung dan bersyukur telah terdaftar dalam program JKN, walaupun hanya menjadi Guru dari pengangkatan P3K di Kabupaten Lombok Barat, NTB pada Tahun 2022 yang lalu.


“Sama saja pelayanan yang diberikan di fasilitas Kesehatan, saya juga sampai tidak tahu, mana yang menggunakan kartu JKN dengan yang tidak menggunakan kartu JKN, karena kami dilayani semua, tanpa ada perbedaan. Cuma bedanya yang pasien umum harus bayar, itupun tahunya di akhir pada saat mau pulang, itu saja. Saya bersyukur sekali punya kartu JKN, dengan adanya kartu ini membuat saya dan suami merasa tenang saat jatuh sakit dan harus berobat ke rumah sakit,” Ujar Indah    


Indah berharap, agar Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini dapat lebih berkembang ke masyarakat luas, apalagi yang kurang mampu, dan untuk pelayanan yang sudah sangat baik agar terus dapat dipertahankan sehingga menjadi ladang amal tersendiri bagi BPJS Kesehatan.


“Tidak perlu memikirkan biaya persalinan dan obat-obatan di Rumah Sakit ini. Saya merasa senang, tenang, dan Alhamdulillah juga sudah menjadi peserta JKN sejak tahun 2022 dan juga pembayaran preminya sudah dibayarkan melalui pemotongan gaji setiap bulannya. Dengan itu semoga BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat sehingga kami tidak perlu merasa ragu apalagi takut untuk menggunakan kartu JKN karena saya sudah membuktikannya pelayanan BPJS Kesehatan mudah, cepat dan setara," kata Indah saat ditemui di rumah sakit. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebagai Peserta JKN, Indah Tidak Perlu Khawatir Biaya Persalinan

Trending Now