Promosikan Pariwisata, ANTARA NTB Bakal Gelar Samalas Fest 2023 di Kaki Rinjani

MandalikaPost.com
Minggu, Juni 11, 2023 | 18.52 WIB Last Updated 2023-06-11T10:52:46Z

Pesona Sembalun, kawasan subur di kaki Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.


MANDALIKAPOST.com - Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) Antara Biro NTB akan menggelar Samalas Fest 2023 pada 26-27 Agustus 2023.


Kegiatan festival dengan memadukan unsur budaya, musik, dan olahraga wisata atau sport tourism ini bajal di helat di kaki Gunung Rinjani, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.


Kepala LKBN ANTARA Biro NTB Riza Fahriza.

Kepala LKBN ANTARA Biro NTB Riza Fahriza mengatakan, Samalas Fest 2023 ingin mengulang sukses Rinjani Color Run 2022, tahun lalu. Sehingga dalam Samalas Fest 2023, lebih dilengkapi lagi dengan musik dan budaya.


"Rangkaian kegiatan Samalas Fest 2023 adalah Rinjani Color Run, Segara Anak Musik Fest, dan Sembahulun Budaya," kata Riza.


Menurut dia, Rinjani Color Run 2023 menjadi rangkaian Samalas Fest 2023, mengulang keberhasilan ajang Rinjani Color Run 2022 di Sembalun, kaki Gunung Rinjani pada Agustus 2022.


Riza mengatakan musik menjadi bagian yang terkoneksi dari suatu kegiatan karena bisa sebagai magnet dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. 


Sehingga Segara Anak Musik Fest dalam ajang ini mengangkat para musisi daerah dan nasional untuk menyuarakan keindahan kaki Rinjani kepada dunia.


Kemudian, lanjutnya, tradisi budaya merupakan urat nadi kehidupan di kawasan Rinjani karena sebagai identitas masyarakat Lombok khususnya, yang harus dijaga dan dilestarikan untuk dipromosikan kepada wisatawan. Salah satunya melalui Sembahulun Budaya dalam Samalas Fest 2023 mendatang.


"Rinjani Color Run aka menjadi puncak ajang Samalas Fest 2023 nantinya," katanya.


Riza menjelaskan Samalas Fest diambil dari sejarah Gunung Samalas yang meletus pada 1257 dan menyimpan banyak cerita serta misteri. Letusan gunung tersebut memberikan dampak luar biasa bagi kesejahteraan masyarakat.


Selain itu, katanya, cerita di balik letusan menyebar luas ke dunia karena meninggalkan jejak Segara Anak sebagai kisah masa lampau dan memberikan kesuburan tanah hingga saat ini.


"Samalas Fest ini menjadi ajang ramah lingkungan dan ramah anak, di mana ajang itu bisa dinikmati semua kalangan dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat" katanya.


Samalas Fest 2023 menargetkan empat ribu peserta, terdiri dari 2.500 peserta Rinjani Color Run dan 1.500 peserta Samalas Fest.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Promosikan Pariwisata, ANTARA NTB Bakal Gelar Samalas Fest 2023 di Kaki Rinjani

Trending Now