Prabowo Dinilai Paling Ikhlas, Jiwa Raganya Didedikasikan untuk Indonesia

MandalikaPost.com
Minggu, Juni 11, 2023 | 18.08 WIB Last Updated 2023-06-11T10:08:24Z
Prabowo Subianto bersama Dedi Mulyadi dalam sebuah kesempatan bertemu.

MANDALIKAPOST.com - Mantan Bupati Purwakarta sekaligus politikus Gerindra Dedi Mulyadi menyebut calon Presiden Prabowo Subianto merupakan orang yang paling ikhlas.


Seperti bukti terbaru terkait proposal perdamaian Rusia-Ukraina yang disampaikan Prabowo di Singapura malah berujung manis dan membanggakan bagi negara.


Padahal, sebelumnya gagasan dan pikiran yang disampaikan Menteri Pertahanan RI tersebut sempat diolok-olok dan dipelintir oleh pihak lain.


"Prabowo ini seorang yang ikhlas, seluruh jiwa dan raganya didedikasikan untuk negara. Seperti kemarin di Singapura Prabowo menyampaikan pokok pikiran dan gagasan. Itu hanya orang yang ikhlas dan berani. Awalnya dipelintir ke sana ke mari, ujungnya membanggakan bagi Indonesia," kata Dedi usai acara Gala Dinner di Hotel Grand Metro, Tasikmalaya, Sabtu (10/6/2023).


Dedi menambahkan, masyarakat Indonesia saat ini sangat membutuhkan orang yang mengabdi bagi negara yang ikhlas seperti ini.


Bahkan, Prabowo pun dinilai sangat mampu meneruskan program pemerintahan di era Presiden Joko Widodo saat ini.


"Kalau begitu (Prabowo orang ikhlas), kita ini butuh orang yang mengabdi secara ikhlas untuk bangsa. Dan, bisa meneruskan kepemimpinan hari ini," ujar Dedi.


Faktor yang membuat tren politik Prabowo Subianto terus naik signifikan selama ini, lanjut Dedi, salah satunya adalah faktor keikhlasan tersebut.


Sehingga, orang yang selama ini memiliki pemikiran negatif ke Prabowo, justru sekarang berbalik menjadi pendukung yang militan.


"Jadi banyak orang yang tergerak untuk mendukung suporting dari yang awal dulu negatif dan jadi positif. Di tengah tengah pencapresan dia (Prabowo Subianto). Dia berani dan ikhlas menyampaikan pikiran gagasan. Saya yakin betul keikhlasan itu akan ada puncaknya (keberhasilan jadi Presiden)," pungkas Dedi.


Diberitakan sebelumnya, Menteri Pertahanan RI sekaligus calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto, mengusulkan Ukraina dan Rusia melakukan gencatan senjata. 



Tak hanya itu, Prabowo mendorong Ukraina dan Rusia mundur sejauh 15 kilometer dari titik gencatan senjata.


Prabowo juga meminta Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) membentuk pasukan perdamaian untuk ditempatkan di zona demiliterisasi.


"Kemudian PBB menggelar referendum kepada masyarakat yang tinggal di wilayah demiliterisasi," ucap Prabowo saat menjadi panelis pada pembahasan “Resolving Regional Tensions” dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura, Sabtu (3/6/2023).


Sementara itu, Jubir Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku pihaknya tak diberi tahu terkait pertemuan Prabowo dengan Jokowi di Istana pada Sabtu (10/6/2023). 


Dahnil pun turut menjelaskan maksud Prabowo mendorong proposal damai Rusia Ukraina. 


Menurutnya apa yang dilakukan Prabowo pada forum dialog Shangri-La di Singapura adalah tafsir atas apa yang dilakukan Presiden Jokowi. 


“Pertama harus dipahami itu adalah forum diskusi elite pertahanan yang terbuka artinya ada brainstorming, ada upaya pembicaraan damai disampaikan pak Prabowo di forum itu. Sebagai salah satu Menhan yang rutin bicara di Shangri-La dialogue terbuka dengan berbagai usulan, yang jelas yang disampaikan pak Prabowo berlandaskan konstitusi kita,” jelas Dahnil. 


Lebih lanjut Dahnil sampaikan hal itu juga berkaitan dengan sikap Presiden Jokowi terkait upaya mendorong perdamaian atas perang Rusia Ukraina. 


“Itu juga Sikap resmi presiden berupaya melakukan perdamaian. Yang dilakukan pak Prabowo adalah tafsir terhadap upaya Presiden selama ini. Beliau kan Menhan, beliau melaksanakan tugas-tugas operasional yang digariskan Presiden,” kata Dahnil. 


Pengamat Militer, Connie Rahakundini Bakrie, proposal perdamaian yang disampaikan Prabowo di forum Shangri-La dialogue merupakan usulan strategis yang selama ini tak pernah disuarakan.


"Banyak (negara) ingin menyuarakan yang sama tapi tak bersuara, jadi pak Prabowo yang pertama menyuarakan," katanya.


Menurut dia, proposal perdamaian itu sangat masuk akal, meski sebagian pihak menilai lebih pro ke Russia timbang Ukraina.


 "Resolusi konflik dalam proposal yang ditawarkan pak Prabowo ini sudah tepat. Hanya sedikit kurang pembukaan yang lengkap saja," katanya.


Proposal perdamaian yang disampaikan Prabowo di forum Shangri-La dialogue membuat sosok Menhan ini menjadi perhatian publik interasional.


Di sosial media, para netizen menyatakan bangga dengan ketegasan Prabowo saat berdialog dalam forum internasional itu.


Prabowo dinilai telah mampu menempatkan Indonesia kembali sebagai Macam Asia yang diperhitungkan di kancah internasional.


Banyak juga yang menyandingkan ketegasan Prabowo dengan ketegasan Presiden RI pertama, Sukarno.


"Semoga pak Prabowo diberi kesehatan. Indonesia butuh Presiden yang tergas seperti pak Prabowo," tulis netizen.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prabowo Dinilai Paling Ikhlas, Jiwa Raganya Didedikasikan untuk Indonesia

Trending Now