Bertemu Surya Paloh, SBY dan Salim Segaf. Anis Baswedan Sudah Putuskan Cawapresnya?

Ahmad Farid
Senin, Agustus 28, 2023 | 14.33 WIB Last Updated 2023-08-28T06:33:25Z




Anis Baswedan menemui tiga pimpinan partai politik pendukungnya untuk Pilpres 2024. 




MANDALIKAPOST.com - Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menemui tiga pimpinan partai politik pendukungnya untuk Pilpres 2024 pada pekan lalu. Sudahkah Anies menentukan nama cawapresnya?


Anies pertama bertemu dengan Ketum Partai NasDem Surya Paloh di salah satu restoran di kawasan Jakarta Pusat, Kamis 24 Agustus 2023. Esok harinya, Anies menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dai Cikeas, Bogor, Jumat 25 Agustus 2023.


Pertemuan selanjutnya pada Sabtu 26 Agustus 2023, Anies bertemu dengan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri di Pejaten Residence, Jakarta Selatan. Anies mengungkap isi pertemuannya dengan beberapa petinggi koalisinya.


Anies menegaskan koalisinya solid. Suasana pertemuan dengan ketiga petinggi parpol tersebut disebutkan guyub.


"Yang pertama, kita solid dan sudah bicaranya tentang strategi langkah untuk ke depan. Jadi kalau pembicaraan- pembicaraan itu, suasananya adalah suasana yang guyub," kata Anies di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu 27 Agustus 2023.


Anies mengatakan akan ada saatnya progres dari pembahasan internal partai akan diumumkan kepada publik. Dalam pertemuan dengan ketiga tokoh politik itu, pihaknya membicarakan soal langkah dan strategi ke depan.


"Suasana kita melihat langkah ke depan, siap kita jalan strategi dan lain-lain. itu yang kita bahas yang sama-sama kita diskusikan. Adapun langkah-langkah yang nanti akan diumumkan kepada publik pada waktunya diumumkan," ucapnya.


Gelombang Besar dan Cawapres Anies

Koalisi Perubahan untuk Persatuan diketahui memang belum mengumumkan figur bakal cawapres usai mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres. Namun, selepas pertemuan Anies dengan 3 petinggi tersebut, Demokrat menyatakan koalisi pendukung Anies memasuki fase kepastian.


"Koalisi Perubahan sedang memasuki fase kepastian atau kejelasan untuk segera berlayar menghadapi gelombang besar. Sudah tidak ada lagi yang ditunggu," kata Deputi Balitbang Partai Demokrat Syahrial Nasution kepada wartawan, Senin 28  Agustus 2023.


"Demokrat, PKS dan NasDem solid untuk mengantarkan capres dan cawapres memenangkan Pilpres 2024," ujarnya.


Meski demikian, Syahrial mengatakan porosnya masih terbuka bagi partai yang hendak bergabung. "Jika ada kapal lain atau sekoci ingin bergabung menjadi bagian kekuatan armada, akan semakin dahsyat. Semoga Allah SWT meridhoi. Amin," kata dia.


Berdasarkan informasi yang beredar, bakal cawapres yang mendampingi Anies akan diumumkan pada pertengahan September. Sejauh ini, ada beberapa nama yang masuk bursa cawapres Anies yakni Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono hingga Gubernur Jawa Timur Khohifah Indar Parawansa dan terakhir ada nama Yenny Wahid.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bertemu Surya Paloh, SBY dan Salim Segaf. Anis Baswedan Sudah Putuskan Cawapresnya?

Trending Now