Dinas ESDM NTB, Adakan Bimtek Konversi Sepeda Motor Elektrik

MandalikaPost.com
Selasa, Oktober 03, 2023 | Oktober 03, 2023 WIB Last Updated 2023-10-05T08:55:56Z
Dinas ESDM NTB, Adakan Bimtek Konversi Sepeda Motor Elektrik.

MANDALIKAPOST.com - Pemerintah Provinsi NTB mendukung konversi elektrik dari sepeda motor BBM ke sepeda motor listrik yang dicanangkan pemerintah pusat. Selain menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, serta menerapkan Permen ESDM nomor 13 tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang ditetapkan pada 4 Agustus 2020 silam.


Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB, H Sahdan menjelaskan program konversi sepeda motor BBM ke sepeda motor listrik merupakan langkah awal pemerintah dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca, termasuk tentunya emisi suara kendaraan dari transportasi kendaraan motor BBM.


"Tentu kita di NTB mendukung program elektrik ini. Tentu dengan melalui tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan dan sosialisasi yang masif kepada seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik di Mataram (3/10/2023).


Dalam pada itu, Koordinator Pengembangan Usaha Konservasi Energi Direktorat Konservasi Energi, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Devi Laksmi mengatakan program konversi tersebut ditargetkan tercapai dalam waktu dua tahun (2023-2025). Konversi dilakukan dengan menyubsidi seluruh kendaraan motor melalui regis: ebtke.esdm.go.id/konversi terlebih dahulu, serta mengikuti uji kelayakan kendaraan.


"Kami berharap  program konversi, dapat memacu penggunaan elektrik energi baru dan terbarukan. Sedangkan kegiatan Bimtek dapat memberikan informasi dan pemahaman kepada stakeholders, terkait kebijakan konversi elektrik," jelasnya 


Untuk mendukung konversi motor BBM ke listrik, dirinya berharap Provinsi NTB nantinya akan memiliki lebih banyak lagi bengkel-bengkel terlisensi resmi elektrik serta stasiun pengisian bahan bakar elektrik serta produk-produk kendaraan yang rendah emisi sebagai suatu ekosistem konversi elektrik.


Bimtek terbagi tiga sesi yaitu pembukaan, talk show, dan uraian Bimtek dari sisi regulasi serta teknik konversi motor listrik. Hadir pada acara tersebut, Koordinator Pengembangan Usaha Konversi Energi Direktorat Konversi Energi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Kadis ESDM Provinsi NTB, Perwakilan Polda NTB, Perwakilan Dinas Perhubungan NTB, Perwakilan dari dinas lainnya beserta stakeholders Konversi Elektrik. Acara ditutup dengan menyosialisasikan slogan no emisi yes konversi serta foto bersama. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas ESDM NTB, Adakan Bimtek Konversi Sepeda Motor Elektrik

Trending Now