Dipenuhi Sampah Plastik, Forwan NTB Turun Bersihkan Pantai Senggigi

Ariyati Astini
Minggu, Oktober 01, 2023 | Oktober 01, 2023 WIB Last Updated 2023-10-01T04:18:23Z


Forum Wartawan (Forwan) NTB Gelar Aksi Bersih Sampah Di Pantai Senggigi Lombok Barat ,Sabtu (30/9/2023)






MANDALIKAPOST.com - Forum Wartawan (Forwan) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama mahasiswa menggelar aksi bersih-bersih Pantai Senggigi di Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, Sabtu (30/9/2023). Kegiatan bersih-bersih pantai ini dilakukan sembari memberikan edukasi kepada masyarakat dan pengelola destinasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan di destinasi wisata. 


Ketua Forwan Provinsi NTB Marham mengatakan Senggigi merupakan salah satu destinasi wisata andalan di NTB. Kawasan Senggigi menjadi tujuan wisatawan domestik dan mancanegara. Dia prihatin dengan kondisi Pantai Senggigi yang dulunya bersih, tetapi sekarang kotor dipenuhi sampah plastik. 


"Kita cukup prihatin dengan kesadaran masyarakat yang masih belum peduli pada kebersihan khususnya di tempat pariwisata. Senggigi sebagai salah satu objek wisata andalan di NTB harus diperhatikan kebersihannya," kata Marham. 


Terlebih, dua minggu lagi NTB menjadi tuan rumah perhelatan kejuaraan dunia balap MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Mandalika, pada 13 - 15 Oktober mendatang. Kawasan Senggigi, sebagai etalase wisata di Lombok Barat khususnya dan NTB umumnya harus mendapatkan perhatian. 


Pelaku pariwisata tidak hanya berteriak-teriak meminta pemerintah memperhatikan mereka. Tetapi cenderung tidak memperhatikan kebersihan di objek wisata.


"Para pelaku pariwisata jangan hanya mengambil keuntungan dengan keberadaan objek wisata, tapi cenderung tidak peduli dengan kebersihan lingkungan sekitarnya," kata Wartawan Harian Suara NTB ini.


Kondisi Pantai Senggigi yang kotor dipenuhi sampah plastik dikeluhkan oleh wisatawan asing yang berlibur. Seorang wisatawan asing asal Belanda, Brigita terpaksa mengurungkan niatnya untuk berenang di Pantai Senggigi karena bibir pantai dan air laut tercemar sampah plastik. 


Brigita mengatakan sampah plastik yang mencemari laut karena kurangnya kesadaran masyarakat. Begitu selesai mengonsumsi makanan, sampah plastik langsung dibuang sembarangan. 


Salah seorang warga yang sehari-hari menjadi petugas parkir di Pantai Senggigi, Riswan mengatakan sampah plastik yang memenuhi Pantai Senggigi merupakan sampah kiriman. Ia mengaku setiap hari selalu dibersihkan tetapi sampah muncul lagi ketika air laut pasang. 

Banyaknya sampah plastik di Pantai Senggigi yang berlokasi di Kampung Locco diakuinya menjadi keluhan wisatawan. Meskipun sebagai petugas parkir, Riswan juga berinisiatif membersihkan sampah plastik yang berserakan di bibir pantai setiap hari.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dipenuhi Sampah Plastik, Forwan NTB Turun Bersihkan Pantai Senggigi

Trending Now

Iklan