Kunjungi PAUD Mutiara Hati, Bunda Maya Disambut Warga dengan Antusias

Panca Nugraha
Selasa, November 28, 2023 | November 28, 2023 WIB Last Updated 2023-11-28T07:42:39Z
Hj. Darbahyanti atau akrab disapa Bunda Maya saat berkunjung di PAUD Mutiara Hati, Karang Sukun, Kelurahan Mataram Timur, Kota Mataram.

MANDALIKAPOST.com -  Sejumlah warga dan orangtua murid di PAUD Mutiara Hati, Karang Sukun, Kelurahan Mataram Timur, Kota Mataram, nampak antusias menyambut kunjungan Hj Darbahyanti, Selasa pagi, 28 November 2023.


Beberapa warga di sekitar PAUD Mutiara Hati pun menampak berbincang akrab dengan wanita ramah yang akrab disapa Bunda Maya ini.


"Ibu Lurah, kami rindu lama tak bertemu," ujar Samiah, warga setempat.


Sebagian besar warga masih mengingat Bunda Maya sebagai pejabat Lurah Mataram Timur di era 2007-2014 silam.


Kepemimpinannya saat itu dinilai banyak membawa inovasi bagi Kelurahan Mataram Timur.


PAUD Mutiara Hati adalah salah satunya. Wadah pendidikan usia dini ini diinisiasi Hj. Darbahyanti saat menjabat Lurah Mataram Timur. Saat ini sudah beroperasi belasan tahun. Menariknya, sasaran PAUD adalah kalangan warga menengah ke bawah, termasuk warga kurang mampu.


Samiah merupakan salah satu warga yang bersyukur dengan kehadiran PAUD Mutiara Hati. Anak-anaknya bisa mengenyam pendidikan usia dini dengan biaya yang sangat murah.


"Selama ini PAUD Mutiara Hati ibaratnya menjadi solusi pendidika untuk masyarakat kecil seperti kami. Kalau di TK atau PAUD lainnya pasti bisa sampai jutaan bayarnya, tapi di sini hanya Rp250 ribu uang pendaftarannya,"katanya.


Bunda Maya bersama para guru di PAUD Mutiara Hati.na 

Salah seorang guru PAUD, Mihram, S.Pd., menjelaskan, PAUD ini didirikan pada 2010.


"Waktu itu bu hajah Maya masih Lurah disini. Saya termasuk guru pertama di sini, dan sekarang sudah 12 tahun berjalan, lulusan kami sudah ada yang bekerja ikatan dinas di pemerintahan," kata Mihram.


Mihram bersama dua guru lainnya, Mia Nanda Puri, dan Hosiah ikut menyambut kedatangan Bunda Maya.


Hosiah mengatakan, mereka akan sangat mendukung ikhtiar Bunda Maya yang kini maju sebagai Calon Legislatif DPRD NTB dari Dapil Kota Mataram.   


"Tentu kami sangat senang dan mendukung jika bu hajah Maya maju sebagai Caleg. Karena saat menjadi Lurah pun beliau sangat merakyat. Harapannya saat duduk di DPRD NTB, bu hajah Maya bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat," katanya.


PAUD Mutiara Hati kini mendidik tak kurang dari 45 orang siswa di bagi dalam 3 kelas belajar.


Dalam kunjungannya, Caleg DPRD NTB dari PDI Perjuangan yang juga penasehat PAUD, Hj Darbahyanti juga nampak sangat keibuan dan perhatian kepada anak-anak. 


Bunda Maya bahkan sempat menyanyi bersama anak-anak didik disana.


Ia mengaku bahagia bercampur haru, bahwa PAUD Mutiara Hati yang didirikannya belasan tahun lalu, masih membawa manfaat bagi masyarakat hingga saat ini.


"Inisiatif mendirikan PAUD ini, dulu waktu saya menjabat Lurah Mataram Timur. Saya pikir kasihan kalau anak-anak tidak bisa mendapatkan akses pendidikan dini, terutama masyarakat menengah dan kurang mampu," katanya.


Selain PAUD, di sebelahnya ada juga Polindes Kelurahan Mataram Timur yang berdiri lebih dulu dari PAUD. Polindes ini juga diinisiasi saat Bunda Maya menjadi Lurah di sana.


Mantan Sekretaris Satuan Pol PP NTB ini menjelaskan, ikhtiarnya sejak dulu memang mendedikasikan diri untuk kepentingan rakyat.


Setelah berkarya di bidang birokrasi baik di Pemkot Mataram maupun di Pemprov NTB, Bunda Maya pun terpanggil melayani rakyat melalui jalur politik sebagai wakil rakyat di legislatif.


Menurutnya, sektor pendidikan dan kesehatan akan menjadi fokusnya kelak, selain ikhtiar yang utama adalah pemberdayaan perempuan.


"Dengan pengalaman saya selama ini di birokrasi,saya mengerti apa yang harus kita lakukan. Inshaa Allah jika saya diberi amanah duduk di kursi DPRD NTB, saya akan berbuat untuk kesejahteraan dan pemberdayaan perempuan," katanya.


Keakraban Bunda Maya dengan warga Karang Sukun, Kota Mataram.

Kehadiran Bunda Maya di PAUD Mutiara Hati yang letaknya di sekitar lapangan Karang Sukun, mengundang warga untuk menghampiri. Sebagian besar mereka masih mengenal Bunda Maya sebagai Lurah.


Selain menyapa warga masyarakat, Bunda Maya juga membagikan kaos Capres-Cawapres Ganjar Mahfud ke masyarakat.


"Beliau ini selalu turun setiap saat ke tengah masyarakat, di saat menjadi Lurah Mataram Timur. Tentu kami mendukung dan berdoa agar ikhtiar bu hajah Maya maju di DPRD NTB bisa terwujud," kata Bambang, salah seorang warga di sana. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungi PAUD Mutiara Hati, Bunda Maya Disambut Warga dengan Antusias

Trending Now