Pelayanan Jarak Jauh Peserta JKN melalui BPJS Keliling Online dengan Petugas BPJS Kesehatan

Ariyati Astini
Selasa, November 07, 2023 | November 07, 2023 WIB Last Updated 2023-11-07T01:45:59Z

 

BPJS Keliling Online adalah pelayanan tatap muka secara virtual kepada peserta JKN untuk mempermudah dan membantu kebutuhan peserta terutama untuk masyarakat yang Lokasinya Jauh Dari Pelayanan JKN





MANDALIKAPOST.com-Untuk menjawab kebutuhan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memiliki keterbatasan akses dalam pemenuhan kebutuhan administrasi kepesertaan, BPJS Kesehatan menghadirkan layanan BPJS Keliling Online.


BPJS Keliling Online adalah pelayanan tatap muka secara virtual kepada peserta JKN untuk mempermudah dan membantu kebutuhan peserta terutama untuk masyarakat yang tidak bisa mengakses layanan BPJS Kesehatan dikarenakan lokasi yang jauh dari Kantor Layanan BPJS Kesehatan dan keterbatasan sarana prasarana pendukung masyarakat.


Kali ini kegiatan BPJS Keliling Online dilakukan antara BPJS Kesehatan Cabang Mataram dengan peserta JKN yang berada di bawah kaki gunung Rinjani, tepatnya di daerah Senaru, Kabupaten Lombok Utara, yang mana jarak dari kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan Desa Senaru berjarak sekitar 46 km atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih jika ditempuh dengan kendaraan bermotor.


Kepala Puskesmas Senaru, Asaf Fyzee Hidayat menjelaskan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Mataram terkait pelayanan peserta melalui program BPJS Keliling Online. Menurutnya, BPJS Kesehatan Cabang Mataram telah berkoordinasi terkait pelayanan peserta melalui BPJS Keliling Online.


Dalam kesempatan tersebut, pihaknya siap berkolaborasi untuk mendukung dalam rangka percepatan pelayanan mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan, sarana dan prasarana, terutama jaringan komunikasi data yang memadai untuk dapat mengimplementasikan BPJS Keliling online.


"Kami siap membantu baik dari segi sarana dan prasarana, terutama jaringan komunikasi data. Untuk teknis pelaksanaannya, nanti peserta yang memiliki keluhan, atau yang membutuhkan informasi dan administrasi kepesertaan akan kami fasilitasi. Kedepannya, kami akan menghubungi secara online melalui video call petugas frontliner dari BPJS Kesehatan yang telah di tunjuk, untuk dapat memberikan pelayanan ataupun yang membutuhkan penjelasan dan informasi sama seperti halnya jika dilakukan kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan,” ungkap Asaf.


Pada kesempatan terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie mengatakan dalam rangka menghadirkan kemudahan peserta JKN, BPJS Kesehatan terus berinovasi dan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas layanan penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Menurutnya, Tahun 2023 adalah Tahun Transformasi Mutu Layanan dimana BPJS Kesehatan harus memastikan bahwa peserta merasakan Layanan Program JKN yang Mudah, Cepat dan Setara.


Menurutnya, beragam inovasi dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN, sehingga akses layanan terbuka lebar dengan mudah, cepat dan setara. Hal itu juga menjadi fokus utama BPJS Kesehatan di tahun ini.


“Saat ini memang BPJS Kesehatan Cabang Mataram telah berkunjung ke Puskesmas Senaru, sudah berjumpa langsung dengan Kepala Puskesmas Senaru untuk tindak lanjut implementasi BPJS Keliling Online. Kepala Puskesmas Senaru setuju dan mendukung penuh demi terselenggaranya program BPJS Keliling Online ini," sebut Angga.


Tak lupa, Angga juga berterimakasih atas dukungan yang diberikan oleh Puskesmas Senaru sehingga pelaksanaan BPJS Keliling Online ini menjadi lebih mudah, efisien dan efektif baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), sarana prasarana, serta waktu,” ungkap Angga.


Dalam kesempatan tersebut, Angga mengatakan melalui adanya implementasi BPJS Keliling Online, kegiatan ini bisa menjadi langkah yang positif dalam meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kualitas layanan jaminan kesehatan di Indonesia.


"Kami BPJS Kesehatan akan terus berusaha untuk meningkatkan layanan dan efisiensi melalui berbagai inovasi dan upaya agar peserta JKN di seluruh penjuru dapat merasakan pelayanan tak terbatas dari BPJS Kesehatan,” kata Angga(*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelayanan Jarak Jauh Peserta JKN melalui BPJS Keliling Online dengan Petugas BPJS Kesehatan

Trending Now