BPJS Kesehatan Cabang Mataram Pastikan Mutu Layanan di RSI Siti Hajar Berjalan Dengan Baik

Ariyati Astini
Selasa, Desember 05, 2023 | 08.55 WIB

 

Kunjungan BPJS Kesehatan Mataram di Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Mataram






MANDALIKAPOST.com- BPJS Kesehatan terus mendorong berbagai fasilitas kesehatan untuk meningkatkan mutu layanannya. Dengan upaya transformasi mutu layanan yang tengah digaungkan BPJS Kesehatan, diharapkan seluruh mitra fasilitas kesehatan mampu turut serta mengimplementasikan transformasi mutu layanan tersebut demi peningkatan kepuasan terhadap peserta JKN.


Dalam kunjungannya ke Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Mataram, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie menjelaskan untuk menghadirkan pelayanan yang semakin mudah, BPJS Kesehatan telah mendorong komitmen seluruh fasilitas kesehatan, khususnya rumah sakit melalui Janji Layanan JKN. Dalam janji layanan tersebut, terdapat beberapa poin yang menjadi fokus utama dalam pemberian pelayanan kepada peserta, diantaranya, penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat mengakses layanan kesehatan tanpa perlu fotokopi berkas, alur layanan rujukan yang efisien, dan digitalisasi pelayanan dan pengklaiman.


"Kita datang di Rumah Sakit Islam Siti Hajar ini untuk memastikan apakah sudah terlaksanakannya program dari BPJS Kesehatan terutama bagi peserta JKN. Selama ini yang kita amati, RSI Siti Hajar Mataram telah menjalankan amanahnya sebagai rumah sakit yang telah mewujudkan janji layanan yang telah dibuat,” ujarnya.


Angga menyebut, Janji Layanan JKN bertujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta dan memberikan keyakinan bahwa mereka akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik sesuai dengan hak-hak mereka sebagai peserta JKN.


“Kami harapkan RSI Siti Hajar Mataram kedepannya dapat terus meningkatkan kepuasan peserta dengan memberikan keyakinan bahwa mereka akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik sesuai dengan hak-hak mereka,” tambah Angga.


Angga mengungkapkan, saat ini BPJS Kesehatan senantiasa berupaya memperluas kerja sama dengan fasilitas kesehatan yang ada, baik itu di Kota Mataram maupun daerah lainnya di Nusa Tenggara Barat. Hal ini dilakukan sebagai langkah dalam memerluas jangkauan akses agi peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.


Selain itu, BPJS Kesehatan juga mendorong seluruh fasilitas kesehatan, baik swasta maupun milik pemerintah, untuk aktif memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mengembangkan ketersediaan sarana prasarana dan meningkatkan mutu pelayanannya.


"Tak hanya Rumah sakit swasta, BPJS Kesehatan Cabang Mataram juga mendorong kepada seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah untuk aktif meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta JKN," ungkap Angga.


Angga menambahkan, percepatan penyelesaian pengaduan peserta melalui BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu menjadi langkah proaktif dalam menjawab kebutuhan semua peserta JKN. Langkah tersebut diambil untuk memberikan layanan dan koordinasi yang lebih baik bagi peserta JKN yang sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit. Selain itu Petugas BPJS SATU! juga membantu dalam memberikan panduan kepada peserta untuk memahami hak dan kewajiban mereka.


Direktur RSI Siti Hajar Mataram, Lalu Sudirman Siadi menyampaikan bahwa rumah sakit yang ia kelola saat ini telah mengimplementasikan Janji Layanan JKN. Sudirman menyampaikan beberapa hal terkait Janji Layanan JKN yang telah diterapkan di rumah sakit tersebut.


“Kami memang sudah seharusnya memberikan kemudahan kepada peserta dalam mendapatkan layanan Kesehatan. Janji Layanan JKN merupakan komitmen dalam memberikan layanan kesehatan yang dinyatakan secara tertulis oleh fasilitas kesehatan kepada peserta JKN. Beberapa diantaranya kami tidak lagi meminta fotokopi dokumen, tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien, tidak ada pilih kasih dan diskriminasi, semua pasien kami berikan pelayanan yang sama,” ungkap Sudirman.


Dirinya pun berterimakasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Mataram yang telah memberikan dukungan terhadap penerapan mutu layanan bagi RSI Siti Hajar Mataram. Sejauh ini kolaborasi dan sinergitas RSI Siti Hajar Mataram dengan BPJS Kesehatan berjalan baik. Hal ini sangat mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat.


“Apresiasi juga kami ucapkan kepada BPJS Kesehatan Cabang Mataram, karena berkat sinergitas dan kolaborasi pihak kami dengan BPJS Kesehatan yang selalu memberikan dukungan, selalu melakukan monitoring dan evaluasi dalam hal peningkatan mutu layanan bagi RSI Siti Hajar Mataram ini sehingga rumah sakit kami dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN khususnya,” tandas Sudirman.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPJS Kesehatan Cabang Mataram Pastikan Mutu Layanan di RSI Siti Hajar Berjalan Dengan Baik

Trending Now